Tak Banyak Diketahui, Hal-Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Membatalkan Puasa
Unsplash/Rauf Alvi
SerbaSerbi

Sepele tetapi bisa membatalkan puasa, yuk cari tahu hal-hal apa saja yang berpotensi membatalkan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan selain makan dan minum.

WowKeren - Bulan suci Ramadhan 1444 H disambut antusias oleh jutaan umat muslim di dunia. Di bulan suci ini, mereka yang beragama Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama 30 hari penuh.

Setiap muslim pun berlomba-lomba agar puasa mereka penuh selama 30 hari. WowKeren di artikel sebelumnya juga sempat berbagi tips agar nafsu puasa tetap terjaga. Selain tips untuk menjaga nafsu puasa, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang bisa membatalkan amalan satu ini.


Pasalnya, puasa bisa batal tak hanya karena makan dan minum dengan sengaja. Beberapa orang bahkan masih awam tentang hal-hal sepele yang ternyata bisa membatalkan puasa, loh.

Nah, WowKeren di artikel kali ini akan berbagi informasi perihal hal-hal sepele yang ternyata bisa membatalkan puasa. Buat kamu yang ingin menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh, artikel berikut ini sangat cocok.

(wk/Sisi)

1. Muntah Disengaja


Muntah Disengaja
Pexels/Ellie Burgin

Muntah disengaja hukumnya dapat membatalkan puasa. Namun, ketika perut kosong saat puasa, ada kemungkinan Anda merasa mual kemudian muntah. Saat muntah terjadi secara alami, Anda tak diwajibkan membayar puasa dan diperbolehkan melanjutkan puasa jika dirasa sanggup.

Namun, jika muntah keluar karena disengaja, puasa Anda otomatis batal dan wajib untuk membayarnya. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi yang artinya. "Barangsiapa muntah dengan tidak sengaja, jika ia sedang berpuasa maka tidak wajib qadha atasnya. Dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib qadha."

2. Emosi Meledak-Ledak


Emosi Meledak-Ledak
Unsplash/Alexandra Mirgheș

Ketika puasa, Anda diwajibkan untuk menahan makan, minum dan nafsu. Nafsu yang dimaksud termasuk menahan emosi dan amarah. Jika Anda tak sengaja meluapkan emosi secara berlebih maka puasa otomatis akan batal.

Namun, sebagian orang masih menyepelekan hal ini dan memilih untuk melanjutkan puasa meski emosi meledak-ledak. Meski memaksa melanjutkan, beberapa ulama menyebut puasa mereka tak akan mendapat pahala.

3. Sikat Gigi Pasca Zuhur


Sikat Gigi Pasca Zuhur
Pexels/Andrea Piacquadio

Pendapat tentang sikat gigi dapat membatalkan puasa sejauh ini masih menjadi pro kontra. Beberapa orang meyakini sikat gigi tak membuat puasa batal asal air dan pasta tidak sampai tertelan ke tenggorokan. Namun, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis menjelaskan jika sikat gigi tak membatalkan puasa asal dilakukan di pagi hari.

Sedang, makruh hukumnya bila dilakukan setelah zuhur. "Kalau dilakukan sebelum zuhur, hukumnya boleh, bahkan dianjurkan bagi yang ingin membersihkan mulutnya. Kalau setelah zuhur hukumnya makruh. Artinya tidak disukai oleh Allah, tapi tidak diancam dengan siksa," kata Cholil.

4. Berbohong Atau Memfitnah


Berbohong Atau Memfitnah
Pexels/cottonbro studio

Meski sepele, berbohong dan memfitnah orang lain adalah dua hal yang tak boleh dilakukan ketika sedang berpuasa. Jika dilanggar, puasa Anda otomatis dihitung batal dan wajib untuk membayarnya. Hal ini sesuai dengan hadis dari Abu Hurairah r.a.

"Rasulullah saw telah bersabda: Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan suka mengerjakannya, maka Allah tidak memandang perlu orang itu meninggalkan makan dan minumnya."

5. Keluar Air Mani


Keluar Air Mani
Pexels/Bedbible .com

Penyebab kedua yang bisa membatalkan puasa adalah keluarnya air mani atau sperma. Puasa disebut batal ketika air mani keluar pasca Anda melakukan onani atau bersentuhan dengan lawan jenis tanpa berhubungan badan.

Namun, berbeda ketika air mani keluar karena mimpi basah maka puasa dinyatakan tetap sah. Karena itu, sobat harus berhati-hati dan tak dianjurkan bermesraan dengan lawan jenis ketika puasa.

6. Berenang


Berenang
Pexels/mali maeder

Berenang sebetulnya tak dilarang ketika puasa. Hanya saja, ketika berenang potensi air yang masuk ke dalam mulut dan hidung sangat besar. Bila sudah begitu, puasa otomatis akan batal. Terlebih lagi, berenang saat puasa mudah membuat tubuh lelah dan lapar.

Oleh sebab itu, berenang saat puasa sangat tidak disarankan. Kalau pun ingin berenang di bulan Ramadhan, baiknya Anda menunggu sampai waktu berbuka puasa tiba. Anda juga bisa makan dan minum sepuasnya jika dirasa kelelahan usai berenang.

7. Suntik Atau Bekam


Suntik Atau Bekam
Unsplash/Katherine Hanlon

Sama halnya dengan sikat gigi, hukum suntik dan bekam saat puasa sejauh ini masih menjadi perdebatan. Sedang, alasan bekam dan suntik bisa membatalkan puasa lantaran dua pengobatan tersebut menyebabkan lemahnya tubuh dan mengurangi kesempurnaan ibadah puasa.

Hal ini didasarkan pada hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: "Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam ketika beliau berpuasa dan beliau membatalkan puasanya". (HR. Ahmad no. 2419 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 3660).

8. Berhubungan Seksual


Berhubungan Seksual
Unsplash/Womanizer Toys

Terakhir, berhubungan seksual ketika puasa sangat dilarang. Pasalnya, Anda harus berpuasa menahan nafsu termasuk dengan keinginan berhubungan seksual. Selain membatalkan puasa, orang yang melakukannya disebut akan dikenai denda atau kafarat.

Denda atau kafarat bagi mereka yang berhubungan seksual ketika puasa adalah berpuasa di luar Ramadhan selama dua bulan berturut-turut. Jika tak bisa, maka orang tersebut harus menggantinya dengan memberi makan satu mud (0,6 kg beras atau 1/4 liter beras) kepada 60 fakir miskin.

Nah, itu dia 8 hal sepele yang ternyata bisa membatalkan ibadah puasa. Catat baik-baik dan hindari larangan-larangan di atas agar puasa tetap lancar ya. Semoga informasi di atas membantu dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru