Dijamin Anti Gagal, Simak 10 Tips Jitu Agar Nafsu Puasa Tetap Terjaga
Hippopx
SerbaSerbi

Bulan Suci Ramadhan telah datang dan jutaan umat muslim tengah menunaikan ibadah puasa. Yuk, simak 10 tips berikut guna menjaga niat puasa agar tak mudah batal.

WowKeren - 1 Ramadhan 1444 H resmi ditetapkan kemarin, Kamis (23/3). Seluruh umat muslim kini tengah menunaikan ibadah puasa. Puasa dilakukan sejak sebelum terbit fajar sampai azan magrib dikumandangkan.

Jutaan umat muslim berlomba-lomba menjaga ibadah puasa sampai sebulan penuh. Namun, untuk kaum hawa puasa sebulan penuh sedikit sulit karena alasan haid. Oleh sebab itu, kaum hawa biasanya berusaha sebisa mungkin tetap puasa ketika tak sedang haid agar utang yang dibayar tak menumpuk.


Meski begitu, ada saja ujian yang datang ketika puasa. Tak jarang, beberapa orang memutuskan untuk membatalkan puasa lantaran tak kuat menahan makan, minum bahkan emosi mereka.

Menurut ahli gizi klinis, Putri Sakti, lemas saat berpuasa adalah hal wajar. Namun, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar tubuh tetap fit dan puasa terus terjaga. "Memang wajar lemas atau merasa tidak fit, tapi ada kuncinya agar tubuh tetap fit walau sedang puasa," kata Putri.

Nah, WowKeren hadir untuk berbagi tips jitu agar puasa sobat sekalian tetap terjaga. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Pastikan Makan Saat Buka Dan Sahur


Pastikan Makan Saat Buka Dan Sahur
Maxpixel.net

Jika ingin puasa lancar, jangan pernah melewatkan waktu berbuka dan sahur. Sebaliknya, gunakan waktu berbuka dan sahur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dengan begitu, Anda tak mudah lapar atau lemas ketika sedang puasa.

Ahli gizi klinis, Putri Sakti membenarkan hal demikian. "Kadang-kadang, kan, suka malas sahur. Jangan! Jangan sampai di-skip sahur ini, karena penting agar tubuh tidak lemas sepanjang hari," Putri.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Agar Tak Dehidrasi


Penuhi Kebutuhan Cairan Agar Tak Dehidrasi
Hippopx

Rata-rata orang dewasa memerlukan asupan cairan 8 gelas atau setara 2 liter air putih. Meski tengah berpuasa, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik. Minum air putih yang cukup ketika berbuka dan saat sahur.

Anda juga bisa menerapkan pola 2-4-2. Artinya, Anda dianjurkan minimal minum 2 gelar air putih saat sahur, 4 gelas kala berbuka dan 2 lagi menjelang tidur. Dengan begitu, kebutuhan 8 gelas air per hari tetap terpenuhi.

3. Perhatikan Jenis Makanan Yang Disantap Saat Sahur


Perhatikan Jenis Makanan Yang Disantap Saat Sahur
Maxpixel.net

Selain kebutuhan cairan, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang disantap kala sahur. Hindari makanan serta minuman yang cepat membuat lapar dan haus misalnya hidangan berminyak atau berkafein. Kurangi juga konsumsi gula secara berlebihan agar tak memicu meningkatnya produksi insulin.

Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi ya. "Sebaiknya makan yang bergizi, nutrisinya ada, karbohidratnya ada, lemak juga, serat ada, karena ini semua penting. Tapi, jangan sampai berlebihan," kata Putri Sakti.

4. Tidur Yang Cukup


Tidur Yang Cukup
Pixabay

Tidur yang cukup dan teratur masih sering disepelekan banyak orang. Kebanyakan orang seringkali begadang sampai larut malam. Padahal, kebutuhan tidur yang cukup dapat membantu menjaga nafsu puasa.

Jika ingin puasa lancar dan tubuh tetap segar, hindari tidur malam di atas pukul 22.00 WIB agar tak mengantuk ketika sahur. Selain itu, jika memungkinkan Anda bisa mengambil waktu 30-60 menit untuk tidur siang.

5. Kurangi Aktivitas Berat


Kurangi Aktivitas Berat
Pexels

Ketika puasa cobalah untuk meminimalisir aktivitas berat. Pasalnya, aktivitas berlebihan hanya akan memicu rasa haus dan lapar lebih cepat. Jika memungkinkan, lakukan aktivitas berat tersebut selepas berbuka puasa.

Meski begitu, bukan berarti bermalas-malasan ketika puasa ya. Anda tetap bisa melakukan aktivitas produktif yang dirasa tak memberatkan. Jangan sungkan juga untuk meminta bantuan ketika aktivitas tersebut sulit dikerjakan oleh satu orang.

6. Jaga Mata Dari Konten Makanan Atau Minuman


Jaga Mata Dari Konten Makanan Atau Minuman
Pxhere

Konten serta tontonan berbau kuliner tanpa disadari seringkali memicu gairah kita untuk makan dan minum. Karena itu, ada baiknya hindari konten atau hal-hal yang berbau makanan dan minuman ketika puasa.

Hindari pula tempat atau area yang dipenuhi dengan makanan dan minuman, terutama jika waktu berbuka puasa masih lama. Pasalnya, Anda berpotensi tergoda untuk membatalkan puasa ketika melihat atau mencium aroma hidangan lezat.

7. Cari Kesibukan


Cari Kesibukan
Pexels

Ketika puasa jangan hanya bermalas-malasan atau berbaring lesu di atas tempat tidur. Hal itu hanya akan membuat Anda merasa haus dan lapar. Sebaliknya, cari kesibukan atau aktivitas menyenangkan.

Anda bisa mencari aktivitas yang sesuai dengan hobi seperti membaca buku, menonton film atau kegiatan positif lainnya. Cara-cara seperti ini terbukti efektif membantu Anda melupakan rasa haus atau lapar ketika puasa.

8. Rutin Olahraga


Rutin Olahraga
Pexels

Tips yang sedikit sulit tetapi ampuh menjaga tubuh tetap fit kala puasa adalah rutin berolahraga. Sebagian orang tentu merasa olahraga adalah aktivitas yang sulit ketika sedang berpuasa. Namun, Anda bisa mencoba dengan olahraga yang ringan.

Misalnya, jalan santai sekitar 30-35 menit. Olahraga semacam ini bisa dilakukan menjelang berbuka puasa. Hal itu lagi-lagi dibenarkan oleh Putri Sakti. "Olahraga bisa dilakukan di waktu sebelum berbuka puasa," katanya.

9. Jaga Amarah


Jaga Amarah
Pexels

Penting sekali untuk menjaga emosi tetap stabil ketika puasa. Hindari marah atau emosi secara berlebih ya. Hal itu hanya akan menghabiskan tenaga dan ujung-ujungnya Anda merasa lapar serta haus.

Terlebih lagi, ketika puasa umat muslim diajarkan untuk selalu sabar dan menahan amarah. Jika sedang kesal, cobalah untuk menenangkan diri dan lakukan hal-hal yang membuat Anda nyaman.

10. Kurangi Banyak Bicara Atau Berteriak


Kurangi Banyak Bicara Atau Berteriak
Pexels

Banyak bicara ketika puasa hanya akan membuat Anda mudah haus dan lelah. Oleh sebab itu, bicaralah seperlunya. Jangan pula berteriak dan bicaralah dengan tenang agar tenaga tak terbuang percuma.

Jangan pula bergosip yang tak penting karena hal tersebut hanya akan membatalkan puasa. Jaga sikap dan lisan jika tak ingin puasa Anda batal ya. Bicara seperlunya dengan nada sopan dan baik.

Nah, itu dia 10 tips jitu agar puasa tetap terjaga dari WowKeren. Semoga ibadah puasa sobat WowKeren semua diberikan kelancaran dan keberkahan. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru