Penipuan Tiket Konser Banyak Makan Korban, Simak 10 Tips Transaksi Aman
Pexels
SerbaSerbi

Masyarakat tengah resah terkait maraknya kasus penipuan tiket konser. Tak mau jadi korban penipuan tiket konser? Yuk, simak 10 tipsnya di ulasan berikut ini.

WowKeren - Belakangan ini marak kasus penipuan tiket konser berkedok calo, jastip (jasa titip) maupun WTS (want to sell). Seperti yang baru saja terjadi di konser BLACKPINK yang digelar 11 & 12 Maret 203 kemarin. Selain euforia bertemu idola, konser BLACKPINK banyak menyisakan kisah pahit, termasuk kasus penipuan tiket.

Beberapa korban mengeluh batal menyaksikan konser usai jadi korban penipuan. Bahkan ada juga yang nekat mengeluarkan biaya dua kali imbas terkena tipu namun tetap ingin menyaksikan konser tersebut. Lantas, bagaimana cara menghindar dari penipuan tiket konser?


Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI), Dino Hamid mengatakan peredaran tiket konser bodong memang sulit ditangani. Namun, masyarakat bisa meminimalisir risiko menjadi korban penipuan asal pintar dan teliti dalam bertransaksi.

"Kalau dari sisi tiket palsu memang dari dulu susah terkontrol. Karena definisi calo kan secondary ticket, itu secara industri sah-sah aja. Karena bill-nya sah. Kita kan nggak bisa menghindari orang yang niat berdagang ticket secondary. Jadi memang harus benar-benar di-crosscheck saat kita mau beli," kata Dino.

Karena itu, WowKeren akan berbagi tips bertransaksi aman guna menghindari kasus penipuan tiket konser. Yuk, cari tahu di ulasan berikut ini, semoga membantu ya!

(wk/Sisi)

1. Beli Hanya Di Tempat/Website Resmi


Beli Hanya Di Tempat/Website Resmi
Hippopx

Pastikan Anda membeli tiket konser hanya dari tempat atau website resmi. Biasanya, penyelenggara konser telah menunjuk sebuah vendor atau promotor untuk menjual serta mengurus keperluan tiket.

Jangan lupa untuk mencari tahu lebih dulu nama website atau penyedia tiket resmi ya. Anda bisa menelusuri info seputar pembelian tiket lewat internet dan website resmi artis atau idol grup yang hendak kalian tonton.

2. Pastikan Identitas Penjual Tiket Valid


Pastikan Identitas Penjual Tiket Valid
Pxhere

Meski begitu, ada kalanya beberapa orang kehabisan tiket dari penyedia resmi. Maka, jalan satu-satunya yang bisa ditempuh adalah membelinya dari orang ketiga. Jika terpaksa membeli dari perorangan, Anda harus mengonfirmasi pemilik dan penjual tiket adalah orang yang sama.

Pastikan Anda mengantongi KTP atau identitas pribadi penjual. Pastikan juga KTP dan nama pemilik tiket sama ya. Anda patut curiga bila penjual tak mau mengirim foto KTP atau identitas yang tertera di tiket konser berbeda.

3. Minta Bukti Foto Tiket & Pembayaran Sah Dari Penjual


Minta Bukti Foto Tiket & Pembayaran Sah Dari Penjual
Maxpixel.net

Jika sudah yakin nama KTP dan penjual tiket sama, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meminta foto tiket dan bukti pembayaran yang sah. Pastikan, Anda membeli tiket dari mereka yang mengantongi tiket resmi. Anda juga bisa mengecek keaslian tiket konser lewat beberapa website resmi yang tersedia.

"Kalau tiket kan sebenarnya udah valid tuh, ada series number-nya, booking code-nya, itu bisa dicek ke official ticket box-nya. Misalnya BLACKPINK kemarin Tiket.com, atau Loket.com, pokoknya bisa di-crosscheck dari yang official," saran Ketua APMI, Dino Hamid.

4. Cari Tahu Informasi Valid Seputar Harga, Venue & Tanggal Konser


Cari Tahu Informasi Valid Seputar Harga, Venue & Tanggal Konser
Pexels

Selain itu, Ketua APMI, Dino Hamid juga mengimbau agar masyarakat lebih dulu menelisik harga, tanggal dan lokasi venue konser digelar. Informasi dasar semacam ini bisa menghindarkan Anda dari kasus penipuan tiket. Pasalnya, tak jarang para calo bodong menjual tiket konser lebih murah bahkan lebih mahal dari harga resminya.

"Masyarakat harus cermat. Tidak hanya lihat siapa yang perform, tapi profiling siapa yang buat acaranya. Jadi harus mulai belajar identifikasi. Karena kalau nggak kaya gitu, bisa mudah terjebak dan tertipu. Google paling sederhana. Cek artisnya, apakah benar mereka konser di situ dan di tanggal tersebut. Adminnya akan menjawab," imbau Dino.

5. COD di Venue


COD di Venue
Maxpixel.net

Jika memungkinkan, Anda bisa memakai alternatif paling aman yakni melakukan transaksi COD alias meminta penjual bertemu langsung. Dengan begitu, Anda bisa mencocokkan identitas penjual dan memeriksa keaslian tiket secara langsung. Anda juga tak cemas kehilangan uang lantaran tiket akan diterima seketika itu juga.

"Kalau COD tuh untuk bisa melihat secara langsung kecocokan data (muka di KTP sama asli). Terus bukti secara fisik. Kalau udah jadi wristband, minta diantar sampai masuk venue," saran dari Alia salah satu Blink Indonesia.

6. Jeli Terhadap Rekening Bank Penjual


Jeli Terhadap Rekening Bank Penjual
Pxhere

Satu hal lagi yang kerap diabaikan oleh pembeli yakni memeriksa validitas rekening bank penjual. Pastikan nama rekening bank dengan identitas penjual tiket konser sama ya. Anda patut curiga atau menolak bila penjual memberi rekening bank dengan nama yang berbeda.

Biasanya, oknum semacam ini mencomot bukti tiket milik orang lain dan menjualnya lewat media sosial. Tentu nama tiket dan rekening bank berbeda lantaran mereka tak benar-benar memiliki tiket tersebut.

7. Pastikan Keaslian Tiket


Pastikan Keaslian Tiket
Rawpixel

Usai menerima tiket dari pihak ketiga, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memastikan keaslian tiket. Pasalnya, Anda terancam tak bisa memasuki venue konser bila tiket yang dipegang memiliki kode atau barcode palsu. Saran ini disampaikan salah satu Blink, Alia.

"Mungkin secara sekilas itu terlihat sama, tapi kalau di-zoom itu font-nya beda. Hurufnya juga beda, harusnya besar jadi kecil, kecil malah besar. Sama juga kayak nomor telepon, harusnya +62 tapi ditulisnya 08," kata Alia.

8. Hindari Tawaran Tak Masuk Akal


Hindari Tawaran Tak Masuk Akal
Pexels

Hindari juga tawaran yang tak masuk akal dari para penjual online. Pasalnya, banyak bermunculan calo bodong yang menjual tiket dengan harga murah menjelang konser berlangsung. Jika sudah begini, jangan mudah tergiur dan cari tahu alasan mereka menjual tiket.

Jangan pula tergiur dengan fasilitas-fasilitas konser yang bisa didapat dengan mudah dan harga murah. Misalnya, Anda mendapat tiket penawaran menyaksikan souncheck idola, padahal tiket jenis ini sulit dipindahalihkan ke nama orang lain.

9. Sebisa Mungkin Jangan Membeli Tiket Dadakan


Sebisa Mungkin Jangan Membeli Tiket Dadakan
Rawpixel

Saran lain yang mungkin bisa menghindarkan Anda dari kasus penipuan yakni jangan membeli tiket konser secara dadakan. Tepatnya, jangan membeli tiket konser sehari, dua hari bahkan saat hari H konser berlangsung.

Pasalnya, ketika terburu-buru membeli tiket, akal dan logika seringkali tak bekerja dengan baik. Hal ini bisa membuat Anda mengabaikan tanda-tanda atau modus si penipu. Terlebih lagi, para calo bodong biasanya beraksi menjelang detik-detik konser dimulai.

10. Dampingi Transaksi Anak Di Bawah Umur


Dampingi Transaksi Anak Di Bawah Umur
Pxhere

Sementara itu, banyak pula penonton konser yang masih di bawah umur. Tak jarang, penipuan tiket konser kerap dialami oleh adik-adik yang sudah sangat antusias dengan konser idola mereka. Demi menghindari penipuan semacam ini, orangtua disarankan untuk mendampingi anak dalam bertransaksi tiket konser.

Pastikan anak Anda membeli tiket konser dari penyedia atau website resmi. Bila terpaksa membeli pada calo atau orang ketiga, Anda bisa menyimak tips-tips yang sudah diberikan WowKeren di beberapa poin di atas ya.

Nah, itu dia 10 saran yang bisa diberikan WowKeren guna terhindar jadi korban penipuan tiket konser. Terus waspada dan mawas diri ya. Semoga artikel di atas bermanfaat. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait