Birthday Spotlight: Happy Choi Woo Shik Day
Managemet Soop
Selebriti

Choi Woo Sih telah menginjak usia baru sejak 26 Maret lalu. Simak ulasan lengkap sepak terjang aktor yang membintangi film terbaik Oscar , 'Parasite', ini.

WowKeren - Choi Woo Shik baru saja merayakan ulang tahun yang ke-33 (perhitungan umur internsional) pada Minggu (26/3). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan karier aktor peraih penghargaan ini.

Berkat aktingnya di "Our Beloved Summer", Woo Shik identik dengan julukan green flag sehingga banyak yang menganggapnya layak dijadikan pacar. Karakter Choi Ung yang dibawakan tampak begitu realistis dan mempesona. Bahkan Woo Shik sendiri sempat mengungkapkan ingin punya cinta yang sama dengan karakternya itu.


Selain itu, Woo Shik juga dikenal dengan lingkar persahabatannya. Woo Shik tergabung dalam Wooga Squad yang terdiri dari Park Seo Joon, Park Hyung Sik, PeakBoy dan V BTS. Begitu tenar, geng ini tak cuma memperlihatkan kedekatan di depan kamera melainkan sering kali menghabiskan waktu bersama.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak perjalanan karier Woo Shik sejak sebelum debut hingga menjadi aktor dengan kemampuan akting luar biasa ini.

(wk/inta)

1. Pra-debut


Pra-debut

Choi Woo Shik lahir di Seoul pada 26 Maret 1990. Ia merukana anak bungsu dari dua bersaudara. Keluarganya pindah ke Vancouver, Kanada, ketika Woo Shik berusia 10 tahun.

Selama berada di Vancouver, Woo Shik dikenal dengan nama Inggris Edward Choi yang akrab dipanggil Eddie. 10 tahun tumbuh di sana, Eddie remaja bersekolah di Sekolah Menengah Pinetree.

Ketika berusia 21 tahun, Woo Shik berkuliah di Universitas Simon Fraser pada 2011. Setelah diberi izin kedua orangtuanya untuk audisi akting di Korea, Woo Shik kembali ke tanah airnya. Selain meniti karier sebagai aktor, ia juga berkuliah di Universitas Chung Ang jurusan studi budaya.

2. Debut


Debut

Pada 2011, Woo Shik memulai debutnya dalam drama "The Duo". Masih jadi pemeran pembantu, ia muncul dalam drama "Special Affairs Team TEN" sebagai detektif Park Min Ho dan kembali tampil di musim keduanya dua tahun kemudian.

Pada tahun yang sama, Woo Shik debut layar lebar sebagai pemeran pendukung dalam film "Flu" dan "Secretly, Greatly". Sebelum merambah layar perak, ia juga membintangi beberapa film pendek seperti "Etude Solo" dan "Circle of Crime".

Tiga tahun setelah debut, Woo Shik mendapatkan peran utama dalam film indie "Set Me Free" yang diterima baik oleh para kritikus. Bukan sekadar dipuji atas kebolehannya menggambarkan konflik batin karakternya, Woo Shik juga memenangkan penghargaan termasuk Best Actor dalam Festival Film Interasional Busan pada 2014.

Sedangkan di layar kaca, Woo Shik baru mendapatkan peran utama dalam drama komedi romantis "Hogu's Love" pada 2015. Di tahun yang sama, ia juga bermain film dengan rating R berjudul "In The Room" yang diproduksi Hong Kong-Singapura.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Meski sudah memenangkan penghargaan atas aktingnya, Woo Shik pertama kali mendapat pengakuan internasional dalam film "Train to Busan". Kala itu perannya sebagai pemain bisbol SMA bernama Yong Guk. Film yang juga dibintangi Gong Yoo ini meraih kesuksesan secara kritis maupun komersial.

Selanjutnya, Woo Shik terus membintangi film demi film hingga mendapatkan peran sekali seumur hidup sebagai Nobleman di "The Witch: Part 1. Subversion". Karakter ini disebutkan sebagai pergeseran dari apa yang biasa ditunjukkan Woo Shik.

Pada 2019, Woo Shik kembali bertemu dengan sutradara Bong Joon Ho dalam film "Parasite" yang mencetak sejarah besar perfilman Korea. Setelah bekerja sama di "Okja" pada 3 tahun sebelumnya, Sutradara Bong mendekati Woo Shik untuk peran utama di film thriller komedi hitam tersebut.

"Parasite" tayang perdana di Festival Film Cannes 2019 dan menjadi film Korea pertama yang memenangkan Palme d'Or. Bahkan film yang pertama kali memenangkan suara bulat sejak "Blue is the Warmest Color". Film ini kemudian memenangkan penghargaan-penghargaan lain hingga puncaknya mendapatkan trofi Best Picture di Academy Awards ke-92.

Selain perannya membuat "Parasite" mendapat Piala Oscar, Woo Shik juga masuk nominasi untuk lagu kredit "Soju One Glass". Lagu itu dinominasikan Oscar kategori Best Original Song.

Pada Desember 2021, Woo Shik reuni dengan lawan mainnya di "The Witch: Part 1. The Subversion]" yakni Kim Da Mi. Dengan muatan cerita lebih santai di "Our Beloved Summer", Woo Shik dan Da Mi menjadi pasangan yang dicintai penggemar drakor.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara

Woo Shik belum pernah mengkonfirmasi hubungan asmaranya. Akan tetapi, ia pernah digosipkan berpacaran dengan sang sahabat, Park Seo Joon. Rumor tentang dirinya penyuka sesama jenis berhembus sekitar tahun 2015.

Menanggapi rumor itu, Woo Shik menyatakan bahwa dirinya bukanlah gay. Saat bermain drama dengan Seulong 2AM, karakter mereka adalah kekasih.

"Dalam drama, aku adalah kekasih Seulong. Mungkin karena itu, banyak orang mengira aku gay," katanya.

Terkait hubungannya dengan Seo Joon, Woo Shik mengatakan, "Aku dekat dnegan Park Seo Joon dan setelah sering bergaul dengannya, orang-orang mulai menyebarkan gosip tentang kami. Mereka bertanya apakah aku pacaran dengan Seo Joon tapi tidak sama sekali."

Meski kini statusnya single, Woo Shik pernah mengungkapkan tipe idealnya yakni punya pinggul lebar, bibir, senyuman dan tawa yang cantik. Terlepas dari fisik, Woo Shik hanya akan pacaran dengan wanita yang benar-benar nyambung dengannya dan bisa mengobrol dalam-dalam. Jika punya kesempatan berkencan ia ingin pergi hiking dengan pacarnya.

"Kami akan hiking dan begitu kembali, kami akan minum makgeolli bersama," ujarnya.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada April 2015 lalu, Woo Shik sempat dituding menjadi bagian dari komunitas online Ilbe karena gestur tangannya yang tidak biasa. Namun dengan cepat sang aktor menghapus foto terkait dan menjelaskan posisinya.

Adapun kontroversi itu dimulai karena Woo Shik mengunggah foto meniru Drake. Ternyata banyak orang yang beranggapan bahwa gesturnya itu menyinggung beberapa pihak dan membuatnya diduga bagian dari Ilbe.

"Maaf karena sudah mengunggah foto yang menyebabkan kesalahpahaman. Itu adalah foto di mana aku meniru gestur artis hip-hop yang aku sukai, Drake. Aku tidak bermaksud menambahkan arti terselubung di dalamnya, tapi aku sangat menyesal sudah membuat bingung," kata Woo Shik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Selain "Our Beloved Summer", Woo Shik juga melakukan comeback layar lebar dengan film "The Policeman Lineage" pada 2022. Setelah kedua proyek itu, Woo Shik muncul dalam beberapa variety show.

Bersama dengan para sahabatnya, Wooga Squad, Woo Shik muncul dalam reality show healing "In The SOOP: Friendcation". Bersama dengan Park Seo Joon, PeakBoy, Hyungsik dan Taehyung, Woo Shik menunjukkan persahabatan hangat dalam perjalanan selama empat hari tiga malam di luar Seoul.

Saat ini, Woo Shik muncul dalam "Jinny's Kitchen" bersama dengan Seo Joon dan Taehyung serta Lee Seo Jin dan Jung Yu Mi. Acara PD Na Young Seok ini ini merupakan spin-off dari "Youn's Kitchen" yang dipimpin Youn Yuh Jung. Woo Shik, Seo Joon, Seo jin dan Yu Mi sebelumnya juga muncul dalam acara itu.

Proyek masa depan Woo Shik adalah film fiksi ilmiah "Wonderland" yang disutradari Kim Tae Yong. Film ini menceritakan tentang Wonderland, dunia virtual di mana manusia bisa bertemu dengan orang yang mungkin tidak akan bisa ditemui lagi melalui teknologi artificial intelligence.

Alur cerita "Wonderland" tentang perempuan berusia 20-an (Bae Suzy) ingin bertemu lagi dengan kekasihnya yang sedang dalam keadaan vegetatif (Park Bo Gum). Ada pula pria berusia 40-an (Gong Yoo) berharap bertemu almarhum istrinya (Tang Wei).

Dalam film ini, Woo Shik berperan sebagai koordinator Wonderland bersama Jung Yu Mi. Belum ada detail lebih lanjut, namun film ini semula direncanakan tayang pada akhir 2022.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru