Madonna Profile
Madonna Profile Photo

Madonna

Profesi
Penyanyi pop, aktris
Nama Asli
Madonna Louise Veronica Ciccone
Tgl Lahir
Aug 16, 1958
Lahir di
Bay City, Michigan, AS
Profesi
Penyanyi pop, aktris
Populer
Merilis single "Holiday" dari album "Madonna" (1983)
Tempat Lahir
Bay City, Michigan, AS
Tinggi Badan
164
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Silvio Ciccone
Pekerjaan Ayah
Insinyur di Chrysler
Ibu
Madonna Louise Fortin
Pendidikan
  • Lulus dari Rochester Adams High School tahun 1976
  • Bersekolah di St. Andrews Patrick Catholic School
  • Bersekolah di North Carolina School of the Arts
  • Pernah kuliah di University of Michigan
Saudara
Christopher Ciccone, Martin, Anthony, Paula Mae, Melanie, Jennifer (saudara seayah), Mario (saudara seayah)
Suami/Istri
Sean Penn (aktor, 16-Agt-85 - 1989), Guy Ritchie (sutradara film, 22-Des-00 - Jan 2009)
Kekasih
Dan Gilroy (musisi), Stephen Bray (drummer), Jean-Michel Basquiat (1982), Mark Kamins (DJ dan produser rekaman), Jellybean Benitez (musisi), Warren Beatty (aktor), Tony Ward (bintang model porno), Vanilla Ice (rapper), Dennis Rodman (pemain NBA), Carlos Leon (pelatih fitness, 1994 - 1997), Andy Bird, Brahim Zaibat (penari, 2010 - 2013), Timor Steffens (penari, sejak 2014)
Anak-anak
Lourdes Maria Ciccone Leon (lahir 14-Okt-96), Rocco John Richie (lahir 11-Agt-00), David Banda (adopsi, lahir 24-Sep-05), Mercy James (adopsi), Esther (adopsi, perempuan, kembar), Stella (adopsi, perempuan, kembar)
Populer Sejak
Merilis single "Holiday" dari album "Madonna" (1983)

Madonna Louise Ciccone atau yang akrab disapa Madonna, lahir di Bay City, Michigan, pada 16 Agustus 1958. Ibunya, Madonna Louise Fortin, adalah warga keturunan Perancis-Kanada sementara ayahnya, Silvio Anthony Ciccone, adalah warga keturunan Italia-Amerika yang bekerja sebagai insiyur di perusahaan otomotif Chrysler Group LLC. Madonna memiliki lima saudara kandung yakni Martin, Anthony, Paula, Christopher dan Melanie. Sayangnya, ketika berusia lima tahun, ibu kandung Madonna yang masih berusia 30 tahun meninggal karena mengidap penyakit kanker payudara pada 1 Desember 1963. Tak lama setelah kepergian Louise, Silvio menikah dengan pembantu rumah tangganya, Joan Gustafson, dan dikaruniai dua anak yakni Jennifer dan Mario Ciccone.

Semasa muda, Madonna dikenal sebagai sosok gadis yang genit dan senang menjadi pusat perhatian. Dia sering melakukan salto dan berjalan dengan tangan dibawah menuju kelas. Selain itu, Madonna juga kerap menarik roknya ke atas sehingga para remaja pria bisa melihat pakaian dalamnya. Dibalik kelakuannya yang cenderung nyentrik, Madonna juga menampilkan sosoknya sebagai siswa teladan dan anggota pemandu sorak. Bahkan setelah lulus SMU di Rochester Adams High School, Madonna berhasil mendapatkan beasiswa sebagai penari di Universitas Michigan.

Atas bujukan guru baletnya, Christopher Flynn, Madonna berambisi untuk mengawali karir sebagai penari. Demi meraih cita-citanya, Madonna sampai berhenti kuliah dan pindah ke New York. Sayangnya, impian Madonna tak langsung terwujud begitu saja. Karena tak memiliki uang, Madonna terpaksa mengawali karirnya sebagai pelayan di Dunkin Donuts dan bergabung di rombongan penari. Saat mengenang masa mudanya itu, Madonna mengungkapkan bahwa kepindahannya ke New York merupakan pengalaman paling berani yang pernah dia lakukan. Kala itu, Madonna yang belum pernah pergi dengan pesawat terbang akhirnya nekat ke New York hanya berbekal uang senilai 35 dollar. Selain bekerja sebagai pelayan, Madonna juga bekerja sebagai model

Rupanya kerja keras Madonna mulai membuahkan hasil, dia berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai penari di konser penyanyi Perancis yang terkenal di era 70an, Patrick Hernandez (pelantun single hits. Tak lama kemudian, Madonna mengenal musisi Dan Gilroy dan membentuk band pertamanya, The Breakfast Club. Tak hanya menyanyi, Dan yang akhirnya menjadi kekasih Madonna memberikan kesempatan baginya untuk berlatih menyanyi, bermain gitar dan drum. Setelah sempat setahun bergabung, Madonna dan mantan kekasihnya, Stephen Bray, membentuk sebuah band rock bernama Emmy. Rupanya penampilan Madonna dan Emmy menarik perhatian DJ sekaligus produser rekaman, Mark Kamins. Mark lantas mengatur pertemuan antara Madonna dan pendiri label rekaman Sire Records, Seymour Stein.

Setelah pertemuan dengan Seymour, Madonna berhasil memulai debutnya sebagai penyanyi solo dengan merilis single yang menjadi hits tahun 80an, "Everybody". Kesuksesan single beraliran musik dance itu membuat Madonna terinspirasi untuk merilis debut album pada tahun 1983, "Madonna". Berkat album tersebut namanya sebagai penyanyi pop semakin dikenal. Namanya semakin melejit ketika dia merilis album keduanya "Like a Virgin" (1984). Album tersebut sukses terjual lebih dari 21 juta copy di seluruh dunia. Dalam perjalanannya, Madonna merilis beberapa album seperti "Like a Prayer" (1989), "Ray of Light" (1998), "Music" (2000), "American Life" (2003), "Confessions on a Dance Floor" (2005) dan "Hard Candy" (2008). Beberapa single yang dibawakannya juga menjadi hits seperti, "American Pie", "Music", "Like a Prayer" dan "Ray of Light". Dia juga berhasil meraih penghargaan Grammy Awards 1999 yakni masing-masing untuk kategori Best Pop Vocal Album, Best Recording Package, Best Dance Recording dan Best Short Form Music Video.

Tak hanya sukses sebagai penyanyi senior, Madonna juga berhasil menjadi idola bagi para penyanyi muda. Gayanya saat tampil menyanyi dan berpakaian menjadi inspirasi beberapa penyanyi seperti Britney Spears, Lady GaGa, Gwen Stefani dan Christina Aguilera. Madonna memang dikenal selalu tampil kontroversial terutama dari sisi kostum. Salah satu penampilannya yang cukup menarik perhatian baik pro dan kontra adalah ketika Madonna tampil membawakan single "Like a Virgin" di ajang pertama MTV Video Music Awards. Saat membawakan single yang dianggap terlalu vulgar, Madonna tampak memukau para penonton ketika dia muncul di atas sebuah kue pernikahan raksasa, mengenakan kerudung dan gaun pengantin serta mengenakan sabuk bergesper dengan tulisan Boy Toy yang selalu dikenakannya. Aksi Madonna tersebut disambut meriah oleh para penggemarnya dan dianggap sebagai pertunjukan paling bersejarah yang pernah digelar MTV. Penampilannya yang paling kontroversial adalah ketika Madonna muncul di iklan Pepsi membawakan single "Like a Prayer". Saat itu, video iklan tersebut menampilkan sosok Madonna dan memperlihatkan beberapa simbol Katolik dan adegan membakar salib. Akibatnya, Vatikan dan beberapa kelompok religius memboikot produk Pepsi dan melarang iklan tersebut beredar. Adapun Pepsi segera menarik iklan tersebut dan membatalkan kontrak sebagai sponsor Madonna. Meski menuai kontroversi, single yang termasuk dalam track dari album berjudul sama itu berhasil menarik perhatian dan membuat album Madonna terjual laris hingga 13 juta copy di seluruh dunia.

Seiring dengan kesuksesannya sebagai penyanyi, Madonna juga mulai merambah dunia film. Beberapa film yang dibintanginya juga cukup terkenal dan membuatnya meraih penghargaan yakni kategori Best Actress in Motion Picture Musical or Comedy di ajang Golden Globe Award atas keberhasilannya menghidupkan karakter istri Presiden Argentinta, Eva Peron, di film "Evita" (1996). Tak hanya jajal kemampuan akting, Madonna juga membuktikan kalau dirinya juga piawai menyutradarai seperti film "Filth and Wisdom" dan film biopic tentang skandal hubungan Raja Edward VIII dan Wallis Simpson yang tengah digarapnya, "W.E.".

Selain terkenal sebagai penyanyi, Madonna juga rupanya menjadi idola para pria. Dia terkenal memiliki banyak pacar dan suami. Adapun sederet selebriti terkenal yang pernah menjadi kekasihnya antara lain, pemain basket NBA Dennis Rodman, rapper Vanilla Ice, Warren Beatty dan modelcJesus Luz%. Madonna juga merupakan mantan istri aktor film "Milk", Sean Penn (16 Agustus 1985 s.d 1989) dan sutradara film "Sherlock Holmes", Guy Ritchie (22 Desember 2000 s.d Januari 2009). Dari hubungan asmaranya dengan pelatih fitnes Carlos Leon (1994 - 1997), Madonna memiliki putri bernama Lourdes Maria Ciccone Leon yang lahir 14 Oktober 1996. Sementara saat menikah dengan Guy, Madonna melahirkan seorang putra yang diberi nama Rocco John Richie (11 Agustus 2000) dan bersama Guy mengadopsi anak dari Malawi pada Oktober 2006 yang diberi nama David Banda Mwale Ciccone Ritchie.

Madonna Lirik Lagu

Loading...