Salut, 500 Dokter di Kanada Ini Protes Karena Gajinya Dinaikkan
SerbaSerbi

Bukannya senang, dokter-dokter di Kanada ini malah menolak dengan tegas saat gajinya dinaikkan, kenapa ya?

WowKeren - Protes mengenai jumlah gaji yang tidak sesuai mungkin lumrah dilakukan para pegawai. Akan tetapi, kebanyakan protes tersebut berkaitan dengan keinginan adanya peningkatan jumlah gaji.

Berbeda dengan pegawai lainnya, para dokter di Kanada ini malah melakukan protes keras lantaran mereka merasa gaji yang diterima terlalu besar. Wah, kenapa seperti itu ya?


Sebanyak 500 dokter dan 150 mahasiswa kedokteran di Kanada telah menandatangai surat protes pada pemerintah atas kenaikan jumlah gaji mereka. Kelompok ini mengatakan bahwa mereka menolak keras menerima gaji dengan jumlah banyak ketika perawat dan pasien mereka masih menderita.

"Kami, para dokter di Quebec yang meyakini sistem publik yang kuat, memprotes peningkatan gaji yang baru-baru ini dinegoisasikan oleh federasi medis," tulis mereka dalam surat terbuka seperti yang dilansir CNBN pada Rabu (7/3). "Kenaikan gaji ini sangat mengejutkan karena perawat-perawat kami, petugas administrasi dan pekerja profesional lain masih menghadapi situasi kerja yang sulit. Sementara itu, pasien kami juga masih kesulitan untuk mendapatkan pelayanan medis karena pemangkasan drastis di Kementerian Kesehatan."

Sementara itu, dikutip dari situs pemerintah, Kanada mempunyai sistem kesehatan umum yang menyediakan jangkauan layanan kesehatan universal berdasarkan kebutuhan, bukannya kemampuan untuk membayar. Akan tetapi, para dokter ini tetap merasa bahwa kenaikan gaji mereka bukanlah hal yang pantas. Oleh karena itu, mereka meminta anggaran kenaikan gaji mereka dialihkan untuk perbaikan sistem kesehatan publik. Mulia sekali ya hati para dokter ini.

Diketahui, gaji dokter di Kanada mencapai Rp 3,5 miliar per tahun. Rata-rata, dokter keluarga di sana digaji dengan bayaran senilai Rp 2,8 miliar per tahun. Sedangkan untuk dokter spesialis bedah di Kanada bisa digaji sebanyak Rp 4,8 miliar per tahunnya.

You can share this post!

Related Posts