7 Hal Detail yang Diperhatikan Pramugari Saat Tiap Penumpang Masuk Pesawat
SerbaSerbi

Jangan meremehkan pramugari, mereka ternyata dilatih untuk memperhatikan hal-hal berikut ini saat kamu masuk pesawat, apa saja?

WowKeren - Saat naik pesawat, kamu tentu akan disambut hangat oleh para pramugari yang bertugas melayanimu selama perjalanan. Mereka mungkin saja terlihat ceria dan riang, tapi jangan lantas tertipu.

Di balik keramahan para pramugari ini, ternyata mereka telah dilatih untuk terus mengawasi ancaman yang dapat terjadi di pesawat. Mulai dari pertama kali masuk pesawat hingga semua penumpang turun di tempat tujuan, pramugari-pramugari yang selalu tersenyum ini ternyata lebih waspada dari siapapun.


Dilansir dari HuffingtonPost, para pramugari ditanya mengenai hal apa saja yang mereka perhatikan dari penumpang yang masuk pesawat. Ternyata, mereka tidak terlalu peduli dengan bagaimana penampilanmu, lho. Dengan hati yang mulia, mereka mengakui memperhatikan detail-detail berikut ini hanya demi keselamatan penumpang saat di pesawat, apa saja?

Tatapan Mata

Hal pertama yang diperhatikan pramugari saat pertama kali kamu masuk ke dalam pesawat adalah tatapan matamu. Ya, dengan cara itu mereka akan menilai apakah kamu membuat kontak mata dengan pramugari tersebut atau tidak.

Menurut mereka, penumpang yang tidak melakukan kontak mata akan membuat pramugari curiga. Bukan hanya karena alasan keamanan saja, mereka juga takut kalau kamu ternyata takut bepergian, sakit, atau sedang punya masalah pribadi.

Oleh karena itu, mempelajari tatapan mata ini penting bagi pramugari. Mereka ingin memastikan apakah penumpang mereka dalam keadaan nyaman saat di pesawat.

Cara Membalas Sapaan

Kamu mungkin seringkali menyepelekan sapaan yang diberikan para pramugari. Menganggapnya sebagai basa-basi, biasanya para penumpang memilih untuk mengacuhkan salam tersebut. Ternyata, dari sikapmu menjawab sapaan para pramugari ini, mereka bisa mengartikan kepribadianmu.

"Ketika aku mengatakan 'Halo' pada penumpang dan mereka menjawabku, aku akan berpikir bahwa 'Wah, orang ini sangat baik'," jawab Heather Poole, Pramugari di maskapai American Airlines. "Jika aku membutuhkan sesuatu, aku mungkin akan memintanya membantuku. Tentu saja juga ketika penumpang ini membutuhkan bantuan, aku akan menjadi yang paling cepat membantunya."

Nah, mulai sekarang mungkin kamu bisa membalas dengan ramah sapaan para pramugari ini. Siapa tahu ternyata kamu butuh bantuan di saat penerbangan. Ingat, mereka memperhatikan detail ini darimu.

Apakah Kamu Mabuk Atau Tidak

Jenis penumpang ini adalah yang paling diperhatikan oleh para pramugari. Ya, karena penumpang yang mabuk bisa saja membahayakan penerbangan. Di bawah kendali alkohol, mereka tentu berpeluang besar membuat kekacauan.

Eits, sebagai sesama penumpang pesawat, kamu tidak perlu khawatir kalau mendapati ada penumpang yang mabuk. Pramugari-pramugari ini sudah dilatih dengan teknik dasar bela diri yang akan mencegah kekacauan terjadi.

Akan tetapi, mengetahui penumpang yang mabuk saat sebelum masuk pesawat lebih menjadi tujuan utama dari para pramugari ini. Oleh karena itu, tidak salah kalau para pramugari ini sudah memperhatikan gelagat aneh penumpang dari awal mereka masuk.

Penampilan

Penampilan di sini bukan bertujuan untuk menilai derajatmu sebagai penumpang. Saat pertama kali masuk pesawat, para pramugari akan memperhatikan penampilanmu untuk kepentingan keamanan.

Menurut seorang pramugari senior pernama Zac Ford, mereka akan memperhatikan orang-orang yang bisa membantu mereka mengatasi masalah keamanan dalam pesawat. Selain itu, mereka juga akan memperhatikan detail penampilan penumpang yang sekiranya bisa membantunya mengatasi masalah evakuasi darurat.

"Biasanya, mereka adalah orang-orang yang bepergian sendirian dengan menggunakan pakaian jalanan (nyaman)," jelas Zac. "Bentuk fisik mereka juga biasanya terlihat lebih kuat dari bentuk fisik penumpang lainnya. Mereka biasanya akan dimintai bantuan saat ada keadaan darurat."

Kesehatan

Tidak hanya mempehatikan detail penumpang untuk keadaan darurat saja, pramugari juga dilatih untuk membuat penumpangnya nyaman. Saat pertama kali masuk pesawat, mereka akan memperhatikan apakah kamu sedang dalam keadaan sakit atau tidak.

"Sangat penting untuk mengetahui apakah penumpangku cukup sehat untuk terbang," ungkap Claudia Sieweck, pramugari di maskapai TUIfly. "Ketika semua pintu sudah ditutup, akan sangat menegangkan jika harus mengatasi keadaan medis yang darurat."

Oleh karena itu, para pramugari dilatih untuk sigap dan memperhatikan setiap detail dari penumpang yang akan naik ke dalam pesawat, khususnya yang memiliki masalah kesehatan. Menurut mereka, akan lebih mudah memberikan perawatan jika penumpang yang sakit sudah diketahui sejak awal.

Mimik Wajah

Hal detail selanjutnya yang diperhatikan pramugari dari penumpang saat pertama masuk pesawat adalah mengenai mimik wajah. Ternyata, mereka juga dilatih untuk membaca mimik wajah dari tiap penumpang.

Jika saat melihat wajahmu mereka merasa ada yang tidak benar, pramugari ini akan sangat peduli padamu. Misalnya, kalau kamu terlihat cemas atau terlihat takut naik pesawat.

Jika kecemasanmu sudah berhasil diketahui oleh pramugari sejak pertama kali masuk pesawat, maka mereka akan lebih mudah mengawasimu. Jangan khawatir, mereka akan sangat senang jika kamu merasa nyaman dan meminta bantuan mereka.

Kehamilan yang Dirahasiakan

Penumpang jenis ini biasanya merupakan penumpang yang sedang hamil dan tidak mendapatkan ijin terbang. Diketahui, saat hendak menggunakan transportasi udara, penumpang dengan usia kehamilan dan kesehatan yang rawan harus membawa ijin terbang yang dikeluarkan dokter.

Jika tidak ada surat, tentu saja mereka tidak diijinkan terbang mengingat risiko yang akan terjadi. Nah, mengatasi hal tersebut, para pramugari ini juga sudah dilatih untuk menemukan wanita-wanita yang merahasiakan kehamilannya dan memaksa naik pesawat. Jangan berharap bisa sembunyi ya.

Nah, itu tadi hal-hal yang akan diperhatikan secarai detail oleh para pramugari saat kamu hendak naik pesawat terbang. Sekarang, kamu sudah paham kan kalau di balik sikap ramah dan senyum ceria para pramugari tersebut, mereka menyimpan kewaspadaan yang tinggi?

Hal tersebut mereka lakukan tentu demi keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus lebih menghargai pekerjaan para pramugari ini ya.

You can share this post!

Related Posts