Jantung Sempat Berhenti Selama 18 Jam, Pria Ini Hidup Kembali
SerbaSerbi

Dokter mengatakan bahwa keselamatan pria ini hampir mendekati nol, lalu apa yang membuatnya bisa hidup kembali?

WowKeren - Keberuntungan besar menyelamatkan seorang pria paruh baya di Prancis. Terkena serangan jantung secara tiba-tiba, ia berhasil hidup kembali.

Seorang pria berumur 53 tahun di Prancis ini berhasil selamat meskipun jantungnya dikabarkan telah berhenti selama 18 jam. Ia berhasil menghindari kematian akibat serangan jantung yang menimpanya.

Saat itu, ia sedang berjalan kembali dari rumah saudara laki-lakinya. Namun, secara tiba-tiba ia terkena serangan jantung. Pria malang tersebut ditemukan tergeletak di pinggir sebuah sungai dalam keadaan kedinginan.

Jonathan Charbit, yang bertanggung jawab atas unit perawatan intensif di Rumah Sakit Universitas Montpellier di Prancis Selatan, mengatakan bahwa ia takjub pada kejadian yang menimpa pria tersebut. "Kemungkinan dia selamat mendekati nol," jelas Jonathan.

Mengejutkannya, alasan pria ini bisa selamat dari serangan jantung adalah karena hipotermia yang dialaminya. Hal itu diketahui malah melindungi otak dan organ tubuhnya. Kondisi otak dan organ vital yang membeku berhasil menyelamatkan nyawa pria yang tidak diketahui namanya tersebut.

Selama organ vitalnya membeku, lebih dari empat jam, petugas medis melakukan tindakan penyelamatan. Mereka melakukan pemijatan jantung sebisa mungkin. Baru saat suhu tubuh pria ini mulai normal kembali, petugas medis memasangkan mesin jantung paru-paru untuk membuatnya tetap bertahan hidup.

"Ini adalah kasus luar biasa yang hanya ada di buku petunjuk," ungkap Jonathan. "Para dokter menilai, memang benar, bahwa pria ini mungkin selamat akibat hipotermia. Suhu dingin yang membekukan jantung dan beberapa organ vitalnya setelah terkena serangan jantung diyakini menjadi penyelamat nyawanya."

Meskipun demikian, beberapa tulang rusuk pria ini dikabarkan patah akibat durasi pijat jantung yang ia terima. Setelah ditempatkan selama tiga hari di mesin jantung paru-paru, kini pria paruh baya beruntung tersebut sedang dalam masa pemulihan.

You can share this post!

Related Posts