Tak Cuma Enak, 8 Makanan Ini Beri Manfaat Awet Muda
Shutterstock
SerbaSerbi

Jika ingin tetap sehat dan awet muda, sebaiknya beralih lah ke makanan sehat. 8 makanan ini baik untuk mencegah penuaan lho. Mau tahu apa saja?

WowKeren - Penuaan telah menjadi salah satu masalah yang lekat dengan wanita. Seiring bertambahnya umur, setiap orang akan menyadari munculnya tanda-tanda penuaan. Biasanya para wanita sangat resah jika sudah melihat kerutan atau flek di wajah mereka.

"Kamu adalah apa yang kamu makan". Selogan tersebut sepertinya memang benar adanya. Pasalnya, salah satu faktor penuaan adalah makanan yang tidak sehat.


Makanan seperti burger, mie dan junk food lainnya selalu berhasil bikin ngiler. Namun, makanan seperti itu tidak sehat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Jika ingin tetap sehat dan awet muda, sebaiknya beralih lah ke makanan sehat. 8 makanan ini baik untuk mencegah penuaan lho. Yuk simak apa saja.

(wk/nris)

1. Biji Wijen Menutrisi Kulit dan Rambut


Biji Wijen Menutrisi Kulit dan Rambut

Biji Wijen sangat kaya akan kalsium dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, serat dan banyak lagi. Selain itu, antioksidan di dalamnya berperan sebagai zat antipenuaan. Wijen sangat baik untuk penangkal radang yang menyembuhkan kemerahan dan jaringan kulit.

Selain untuk kulit, wijen bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Nah bagi yang rambutnya mulai menipis karena usia, bisa coba menggunakan biji wijen.

2. Cokelat Hitam Baik untuk Melindungi Kulit


Cokelat Hitam Baik untuk Melindungi Kulit

Cokelat adalah salah satu makanan favorit semua orang. Eits tapi jangan salah, bukan cokelat yang mengandung susu yang baik untuk antipenuaan, tetapi cokelat hitam atau dark chocolate.

Cokelat hitam mengandung flavanols yang bermanfaat bagi penampilan dengan meningkatkan aliran darah ke kulit. Menurut Mitzi Dulan, seorang ahli gizi, flavanols dapat menyerap radiasi UV dan melindungi kulit dari efek sinar matahari.

Namun, karena kalori di cokelat hitam tinggi, harus tetap menakar jumlah untuk dikonsumsi. Cukup satu atau dua cokelat persegi di sore hari.

3. Nanas untuk Regenerasi Sel-Sel Kulit Mati


Nanas untuk Regenerasi Sel-Sel Kulit Mati

Antioksidan dalam buah nanas dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan kulit serta memfasilitasi regenerasi sel-sel kulit mati. Selain itu, zat mangan yang terkandung dalam nanas berperan untuk mengaktifkan enzim prolidase.

Enzim prolidase sendiri memberikan prolin asam amino untuk pembentukan kolagen dalam kulit. Pembentukan kolagen baik untuk membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus.

4. Buah Delima Punya Manfaat Besar Antipenuaan


Buah Delima Punya Manfaat Besar Antipenuaan

Buah delima sepertinya cukup jarang dikonsumsi. Padahal buah satu ini memiliki senyawa yang melawan kerusakan dari radikal bebas dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kolagen.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa molekul di dalam buah delima, diubah oleh mikroba dalam usus, mampu membuat sel-sel otot melindungi dirinya sendiri terhadap salah satu penyebab utama penuaan. Besar juga ya manfaat buah ini.

5. Lemon dan Jeruk Nipis Kaya Vitamin C


Lemon dan Jeruk Nipis Kaya Vitamin C

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumi vitamin C dalam jumlah lebih banyak dapat memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kerutan. Maka disarankan untuk mengonsumsi jus lemon atau dua jeruk nipis setiap hari.

Air jeruk nipis juga membuat kulit sehat dan bercahaya. Selain itu, mengonsumsi jeruk lemon sekaligus menggunakannya sebagai pencuci muka bisa mencegah penuaan dini.

6. Semangka Memiliki Manfaat Besar untuk Wajah


Semangka Memiliki Manfaat Besar untuk Wajah

Tak hanya rasanya yang enak, namun semangka juga punya manfaat untuk antipenuaan lho. Semangka sangat kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, dan fakta ini membuatnya sangat kuat melawan berbagai tanda penuaan seperti keriput dan bintik hitam.

Menggunakan jus semangka sebagai toner dapat menghilangkan kotoran dari dalam dan membersihkan pori-pori. Jika ditambahkan madu, dapat membuat wajah lebih bercahaya.

7. Yogurt Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah


Yogurt Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah

Selain untuk dimakan, yogurt dapat digunakan untuk masker wajah. Manfaatnya tidak main-main, protein di dalamnya dapat menutrisi kulit wajah sehingga tampak lebih bercahaya. Yoghurt juga mengandung zinc yang dikenal berkhasiat untuk anti-inflamasi. Sehingga, dapat meregenerasi kulit.

Kandungan zinc dalam yogurt mengontrol produksi minyak di kulit wajah sehingga mengurangi munculnya jerawat. Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung kalsium dan vitamin yang membuat kulit lebih sehat, mencegah kulit kering dan dehidrasi.

8. Jeruk Membuat Wajah Awet Muda


Jeruk Membuat Wajah Awet Muda

Jus jeruk menjadi salah satu pilihan favorit untuk memuaskan dahaga. Buah satu ini juga membantu tubuh agar tetap muda.

Vitamin C yang luar biasa dalam jeruk tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga membantu membangun kolagen. Kolagen itu dapat membuat kulit elastis, lentur dan tampak lebih muda.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru