Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Rambut Sehat dan Kuat Tanpa Biaya Mahal
SerbaSerbi

Kenapa harus menghabiskan banyak uang jika dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan ini kamu bisa mendapatkan rambut yang sehat dan kuat?

WowKeren - Rambut menjadi bagian tubuh yang butuh perawatan khusus agar bisa selalu tampak sehat dan kuat. Tak jarang, sebagian besar orang harus rela menggelontorkan uang demi membuat rambut mereka tampak sehat dan kuat. Hm... tapi kenapa harus mengeluarkan banyak uang kalau hasil yang sama bisa kamu dapatkan dengan cara yang lebih mudah?

Meskipun ketebalan dan kekuatan rambut sebagian besar bersifat turunan, namun makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi pertumbuhannya, lho. Bagian tubuh tersebut terbuat dari protein berserat yang disebut keratin. Nah, jika diberi makanan dari bahan yang tepat, maka rambut juga akan tumbuh kuat dan sehat secara alami.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam makanan tertentu bisa membuat rambutmu sehat, kuat, dan berkilau. Penasaran makanan apa saja yang bisa membuat rambutmu senantiasa sehat dan kuat tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan spa dan sebagainya? Langsung saja, simak daftarnya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. 1. Jeruk


1. Jeruk

Buah kecil berwarna oranye ini benar-benar mengandung vitamin C yang melimpah. Hal itu sangat bagus untuk menjaga agar rambutmu tetap terlihat panjang dan kuat.

Vitamin C ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan rambut. Tubuh tidak bisa meproduksinya secara organik, maka makanan yang penuh nutrisi seperti jeruk ini adalah sumber utama untuk memperbaiki dan memperkuat rambutmu.

Selain itu, vitamin B12 dalam jeruk telah terbukti memberikan manfaat utama lain. Mengonsumsi jeruk secara rutin akan meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlampat proses rambut beruban.

2. 2. Jamur


2. Jamur

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut selanjutnya adalah jamur. Jamur merupakan sumber vitamin D yang kuat. Jamur akan membuat rambutmu kuat sekaligus berkilau.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Stem Cells Translational Medicine", vitamin yang ada dalam jamur dapat membantu menciptakan folikel rambut baru. Akibatnya, rambutmu bisa bertambah tebal sekaligus mengurangi jumlah rambut rontok seiring bertambahnya usia.

3. 3. Bayam


3. Bayam

Rutin mengonsumi bayam juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat rambutmu tampak sehat dan kuat tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Bayam dikemas dengan nutrisi yang sehat untuk rambut. Sayur jenis ini mengandung zat besi dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan rambut.

Seorang dokter di klinik Cleveland menjelaskan bahwa zat besi yang rendah dalam tubuh akan membuat rambutmu rontok. Jadi, jika ingin menjaga agar rambutmu kuat dan sehat tanpa harus susah mengeluarkan banyak uang, konsumsi saja bayam secara rutin.

4. 4. Kacang Kenari


4. Kacang Kenari

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal bernama "Dermatology Practical & Conceptual", kekurangan asam lemak esensial dan asam alfa linolenat dapat menyebabkan perubahan rambut. Mengerikannya, kamu bisa kehilangan rambut termasuk alis. Enggak mau kan hal itu terjadi padamu?

Tenang, tidak perlu bergegas mengeluarkan banyak biaya perawatan. Dengan rajin mengonsumsi makanan-makakan yang menggandung asam linolenat dan alfa-linolenat, seperti pada kacang kenari, masalahmu bisa teratasi. Kacang kenari yang kaya akan lemak ini juga mengandung vitamin lain seperti, vitamin A, D, B12 dan juga mengandung Kalsium yang sekaligus baik untuk tubuhmu.

5. 5. Ubi


5. Ubi

Vitamin A telah terbukti bisa mengaktifkan sel induk dari folikel rambut. Para ahli menambahkan, jika kamu ingin membuat folikel rambutmu berfungsi maksimal, maka kamu membutuhkan asam retinoat, salah satu komponen vitamin A.

Nah, jadi dari mana kamu bisa mendapatkan vitamin A tersebut? Untuk memenuhinya, kamu bisa rutin mengonsumsi ubi manis atau ubi jalar yang dipanggang dengan menggunakan kulitnya ini. Akan tetapi, ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Vitamin A yang dikonsumsi terlalu banyak malah bisa menyebabkan kerontokan rambut.

6. 6. Blueberry


6. Blueberry

Stres oksidatif, yakni keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya, kerap menimbulkan akibat berupa rambut rontok dan kulit kepala yang tidak sehat. Untuk itu, kamu harus senantiasa melawannya dengan rutin mengonsumis makanan-makanan yang bisa melawan stres oksidatif ini.

Buah-buahan yang kaya akan vitamin B bisa menjadi solusinya. Salah satunya adalah blueberry. Selain kaya akan antioksidan, blueberry juga bermanfaat untuk rambut. Menurut penelitian, buah jenis ini bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa senantiasa terlihat sehat dan kuat. Gampang banget kan caranya?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru