Legenda Basket Yao Ming Tepati Janji Lulus pada Orangtua Setelah 7 Tahun Kuliah
SerbaSerbi

Menjadi sosok yang berhasil menyeimbangkan impian dan pendidikan sekaligus penuh kepedulian sosial, sosok Yao Ming ini tentu bisa jadi inspirasi para generasi muda.

WowKeren - Legenda dunia basket, Yao Ming seolah memang tak lagi membutuhkan gelar sarjana untuk meningkatkan penghasilannya. Lewat kontraknya di NBA sendiri, laki-laki yang menjadi ikon global dalam dunia basket ini saja sudah dapat menghasilan USD 93 juta (Rp1,3 triliun).

Akan tetapi, penghasilan besar tidak membuat pebasket dengan tinggi badan mencapai 229 cm tersebut berpuas hati. Terbukti, meski sudah berpenghasilan lebih dari cukup, ada satu hal yang terus dikejar oleh Yao Ming.

Beberapa saat yang lalu, pria berusia 38 tahun ini diketahui berhasil meraih gelar pendidikan bersama dengan rekan-rekan lulusannya di Antai College of Economics & Management di Shanghai Jiao Tong University. Kelulusan tersebut rupanya terus diperjuangkan Yao Ming demi menepati janji masa mudanya pada kedua orangtuanya.

Dalam pidato kelulusannya, Yao Ming pun seolah mengolok-olok dirinya sendiri atas periode kelulusannya yang cukup lama, yakni 7 tahun. Akan tetapi, ia juga menyematkan semangat perjuangan menempuh ilmu dan percaya kepada diri sendiri kepada rekan-rekannya yang lain.

"Pada suatu jenjang di masa depan, kamu harus mencoba untuk menggabungkan masa depanmu dengan masa depan sosialmu, karena itulah caranya kamu bisa menemukan ruang yang besar untuk kamu eksplorasi," ujar Yao Ming seperti dikutip dari Nextshark pada Selasa (17/7). "Biarkan aku mengutip suatu percakapan terkenal yang terjadi di lapangan basket 11 tahun yang lalu. 'Ini akan menjadi ligamu dalam beberapa saat'. Percayalah padaku, saat seorang pria yang menghabiskan waktu selama 7 tahun untuk lulus dari Universitas pada usia 38 tahun, ia tahu apa yang ia katakan!".

Yao Ming diketahui menghabiskan delapam musim luar bisa bersama Houston Rockets di NBA. Ia kemudian memulai program akademiknya pada tahun 2011 tak lama setelah ia pensiun dari kariernya sebagai pebasket.

Yao Ming juga terlibat dengan berbagai kegiatan amal setelah ia pensiun. Ia pun diketahui mendirikan Yayasan Yao Ming untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di Tiongkok.

Tentu saja, sosok Yao Ming ini bisa dijadikan inspirasi bagi para generasi muda untuk bisa menyeimbangkan impian, karier, dan pendidikan mereka. Sosoknya yang peduli sesama juga patut dicontoh, nih.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait