5 Kebiasaan Jorok yang Bermanfaat untuk Tubuh
Health

Sering dianggap menjijikkan, 5 kebiasaan ini punya manfaat kesehatan, lho. Apa saja ya?

WowKeren -

Jarang mandi atau bersendawa mungkin merupakan kebiasaan jorok bagi orang lain. Sebagian besar orang menganggapnya menjijikkan.

Namun, tahukah kalian jika beberapa kebiasaan jorok yang kita lakukan ternyata tak selamanya buruk? Di lansir dari Bright Side, kebiasaan yang dianggap buruk tersebut bisa memiliki manfaat, lho untuk tubuh.

Penasaran? Yuk intip.

1. Mengigit Kuku


Mengigit Kuku

Sebagian orang memiliki kebiasaan mengigit kuku. Biasanya mereka melakukan hal tersebut saat bosan, berpikir, bingung dan masih banyak lagi.

Kebiasaan ini sering kali dilakukan saat masih kecil. Kemudian terbawa hingga kita dewasa. Kalian pasti pernah dimarahi oleh orangtua karena kebiasaan yang dianggap buruk ini.

Namun jangan salah, mengigit kuku juga memiliki manfaat untuk tubuh. Menurut sejumlah penelitian, anak-anak yang memiliki kebiasaan mengigit kuku akan memiliki resiko terkena alergi lebih kecil.

Saat mengigit kuku, bakteri akan turut masuk dalam tubuh. Sistem imun akan mulai memproduksi sel darah putih untuk melawan bakteri tersebut. Tubuh kalian juga akan mencatat bakteri di dalam memori dan saat kembali lagi mereka bisa dengan mudah membasminya.

2. Makan Kotoran Hidung


Makan Kotoran Hidung

Pernah menemui seorang teman yang menghisap jarinya setelah mengupil? Atau mungkin kalian sendiri melakukan hal itu?

Jangan khawatir, kegiatan yang kelihatannya menjijikkan tersebut memiliki manfaat sendiri. Sama seperti mengigit kuku, memakan kotoran hidung ada sangkut pautnya dengan sistem kekebalan tubuh.

Kotoran hidung terbentuk dari lendir atau mucus yang keluar sebagai bentuk perlindungan terhadap benda asing yang masuk dari luar. Lendir itu menangkap benda asing yang tidak diinginkan. Maka memakan kotoran hidung dapat mengajarkan sistem kekebalan tubuh kita tentang apa yang mengancamnya dari luar.

3. Jarang Mandi


Jarang Mandi

Tubuh kita diciptakan dengan kandungan minyak di kulit. Saat sering mandi, sabun akan menghilangkan minyak itu. Akibatnya kulit akan menjadi kering dan kasar.

Padahal minyak tersebut bermanfaat untuk tetap membuat kulit terhidrasi dan terlindungi. Maka, kebiasaan jarang mandi sejatinya baik untuk kesehatan kulit kita, lho.

Bahkan seorang ahli menyarakan agar menggunakan sabun hanya di tempat-tempat tertentu seperti ketiak, kaki dan selangkangan. Sisanya tidak perlu menggunakan sabun karena tubuh memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

4. Bersendawa


Bersendawa

Sebagian orang merasa tidak nyaman saat mendengar orang bersendawa. Padahal hal ini dapat mengeluarkan udara yang tersimpan dalam perut.

Udara yang ditahan dapat memicu asam lambung ke tenggorokan. Akibatnya akan ada perasaan nyeri dan tidak nyaman di dada.

Namun, jika kalian terlalu sering bersendawa, bisa jadi hal itu merupakan pertanda penyakit refluks asam, lho. Segera periksakan ke dokter jika mengalami hal itu.

5. Meludah


Meludah

Membuang air liur atau meludah memang menjijikkan apalagi dilakukan di tempat umum. Bahkan di beberapa negara, meludah di publik bisa dikenai denda, lho.

Padahal meludah dapat membantu pernapasan menjadi lebih mudah ketika olahraga. Karena kecendrungan bernapas melalui mulut saat berolahraga. Air liur juga akan diproduksi lebih banyak dan jelas menggangu pernapasan kita.

Loading...

You can share this post!

Related Posts