1. Stevia
bigstock
Health

Selain lebih rendah kalori, bahan-bahan alami pengganti gula ini juga diketahui mengandung zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

WowKeren - Bahan alami pengganti gula yang pertama adalah Stevia. Stevia merupakan jenis tanaman yang populer dimanfaatkan sebagai pemanis di Amerika Selatan dan juga Asia Timur. Ada ratusan jenis tanaman Stevia, namun hanya jenis Stevia rebaudiana yang digunakan sebagai pemanis sejak ratusan tahun yang lalu.

Sebagai bahan pengganti gula, Stevia memiliki banyak manfaat dan keunggulan. Ia memiliki tingkat kemanisan mencapai 200 hingga 300 kali kemanisan tebu. Stevia juga diketahui rendah kalori dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai pemanis adalah bagian daun. Caranya yakni dengan mengeringkan daun Stevia di bawah sinar matahari selama lebih kurang 12 jam. Selain itu, bisa dilakukan dengan mengeringkannya di microwave selama 2 menit saja lalu diserbukkan. Untuk bentuk cair bisa dilakukan dengan merendam daun dalam air dengan perbandingan 4:1 selama 24 jam lalu disimpan dalam kulkas.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru