PC Lemot Banget? Jangan-Jangan Karena Beberapa Alasan Tak Biasa Ini
Tekno

Beberapa alasan umum komputer yang melambat adalah karena ruang penyimpanan yang penuh, namun beberapa alasan lain mungkin tidak kamu duga. Ketahui di sini.

WowKeren - Zaman sekarang teknologi sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Meski tak secandu ponsel ataupun laptop, personal computer atau PC juga masih mendulang peminat.

Seiring dengan banyaknya peminat, beberapa masalah dialami oleh sejumlah pengguna PC. Satu masalah yang paling umum dialami adalah melambatnya kinerja PC alias lemot.


Melambatnya performa komputer tentu akan sangat menghambat pekerjaan. Terlebih jika melemotnya PC terjadi di saat-saat genting, seperti harus segera membuat laporan atau harus segera mengirim surel.

Beberapa orang mungkin akan mengacu pada memori PC yang sudah penuh ataupun adanya gangguan soal usia komputer. Ya, kedua masalah tersebut memang bisa dijadikan pemicu PC yang lemot. Akan tetapi, masih ada alasan-alasan lain yang mungkin saja tidak kamu duga. Apa saja? Ketahui dan cari tahu cara mengatasinya di sini.

1. Ruang Penyimpanan Komputer yang Penuh


Ruang Penyimpanan Komputer yang Penuh

Hard drive yang penuh bisa menjadi alasan kenapa PC-mu berjalan sangat lambat. PC dengan ruang penyimpanan yang sudah hampir penuh diketahui bisa melambat hingga 50 persen.

Memori yang ada dalam PC selain digunakan untuk menyimpan file juga digunakan untuk menjalankan program. Sehingga, jika ruang penyimpanan sudah penuh maka PC tak lagi punya ruang untuk menjalankan program.

Untuk mengatasi hal ini, cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan sesederhan mengosongkan recycle bin yang ada di PC-mu. Selain itu, coba cek lagi status memori penyimpanan komputer milikmu. Hapus dokumen-dokumen yang sudah tidak penting atau pindahkan ke memori eksternal untuk menyediakan ruang yang lega bagi komputer untuk menjalankan program.

2. Ada Program yang Menyedot Semua Pemrosesan


Ada Program yang Menyedot Semua Pemrosesan

Selain memori penyimpanan komputer yang penuh, ada satu lagi alasan yang bisa menyebabkan PC berjalan dengan sangat lambat. Mungkin saja karena ada satu program yang cukup menyedot semua pemrosesan komputer. Ada satu atau beberapa program yang mungkin mengalami kesalahan sehingga membuat pemrosesan komputer tersedot dan mengalami kelambatan.

Jika kamu curiga karena ini, segera periksa task manager dan lihat apakah kira-kira ada satu program yang berjalan tidak semestinya. Selanjutnya, klik tab CPU untuk mengurutkan program berdasarkan seberapa banyak kekuatan pemrosesan yang digunakan. Jika program tidak aktif digunakan dan masih dalam urutan teratas, segera keluarkan program tersebut.

3. Seseorang Sedang Menggunakan Komputermu untuk Cryptomining


Seseorang Sedang Menggunakan Komputermu untuk Cryptomining

Komputer yang lambat bisa menjadi pertanda bahwa ada program atau iklan yang menggunakan sistem komputermu untuk melakukan cryptomining. Ini merupakan serangan cyber terbaru yang sedang banyak berkembang. Penjahat cyber sedang menggunakan komputermu untuk menambang crypthocurrency yang bisa berupa bitcoin atau sebagainya.

Iklan dari sebuah situs bisa saja mengakses kekuatan pemrosesan komputermu untuk menambang crypthocurrency. Itu menjadi salah satu alasan kenapa komputermu bisa tiba-tiba menjadi sangat lambat.

Cryptomining juga bisa menjadi hasil dari malware yang terunduh di komputermu. Malware tersebut kemudian berjalan dan mengirim informasi kembali ke penciptanya untuk menambang crypthocurrency.

Untuk mengatasinya, apakah kamu mengundung malware yang mendukung kejahatan ini atau tidak, buka Task Manager untuk Windows dan Activity Monitor untuk pengguna Mac. Setelah itu, lihat apa yang menyebabkan prosesormu berjalan lambat, apakah karena virus atau iklan dari browser yang berusaha melakukan cryptomining.

4. Kamar atau Ruang Penyimpanan PC yang Terlalu Kotor


Kamar atau Ruang Penyimpanan PC yang Terlalu Kotor

Masalah PC yang lemot kadang-kadang bukan bersumber dari dalam saja, bisa saja penyebabnya adalah dari luar. Kamar atau ruang penyimpanan PC yang kotor misalnya. Debu yang ada di bagian belakang CPU bisa mencegah ventilasi yang mendinginkan prosesor saat mereka sedang bekerja.

Sedangkan untuk laptop yang memanas, pastikan juga untuk mengecek ventilasinya. Ventilasi yang tertutup atau terhambat pada laptop bisa menyebabkannya mudah panas dan mengganggu kinerja sehingga berjalan lambat. Jangan letakkan laptop terutama di permukaan yang lembut, seperti bantal atau karpet, yang akan menghambat ventilasi udara.

Untuk mengatasi masalah ini, hal yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan lubang ventilasi PC atau laptop tentunya. Pastikan kamu meletakkan PC atau laptop di ruangan yang terbuka dan bebas debu.

5. Antivirus yang Terlalu Aktif


Antivirus yang Terlalu Aktif

Memilik program antivirus yang aktif adalah bagian penting dari komputer. Akan tetapi, memiliki program antivirus yang berjalan terlampau aktif justru bisa membuat PC-mu akhirnya berjalan dengan lambat.

Antivirus bisa membuat PC lambat karena mereka berjalan di latar belakang PC. Beberapa juga mungkin disetel untuk memindai rutin mingguan. Hal itu bisa memakan waktu beberapa jam sekaligus menyedot banyak daya pemrosesan.

Untuk itu, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke pengaturan antivirus yang ada di PC. Setelah itu, lakukan konfigurasi untuk memindai pada saat-saat kamu tidak melakukan ativitas penuh pada PC, tengah malam misalnya.

You can share this post!

Related Posts