8 Tips Mencuci Boneka Kesayangan dengan Aman Agar Tidak Cepat Rusak
Lifestyle

Merawat dan membersihkan boneka membutuhkan cara khusus. Ketahui tipsnya di bawah ini.

WowKeren - Boneka merupakan benda kesayangan banyak orang terutama wanita. Biasanya benda ini menjadi koleksi untuk dipajang atau bahkan teman tidur.

Nah, karena keberadaannya yang dekat dengan kita, kebersihan boneka perlu dijaga. Apalagi jika boneka kesayangan kalian memiliki bulu lebat seperti hewan.


Debu dan kotoran bisa saja menempel di sana dan terhirup ke dalam tubuh saat tidur. Hal ini dapat mengakibatkan masalah pada pernapasan kalian, lho.

Namun, terkadang sebagian orang kebingungan untuk mencuci boneka karena takut merusaknya. Berikut terdapat 8 tips yang dapat kalian aplikasikan saat mencuci boneka. Simak ulasannya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Langkah Pertama Adalah Memeriksa Label Boneka


Langkah Pertama Adalah Memeriksa Label Boneka

Sebelum mencuci boneka, kalian harus melihat terlebih dahulu label yang tertera. Biasanya, label akan menunjukkan hal yang tidak dan boleh dilakukan pada boneka. Dari label itu, kalian juga bisa mengetahui cara mencuci boneka tersebut dengan benar.

Nah, jika sudah mengetahuinya, kalian tinggal memutuskan akan mencuci boneka menggunakan mesin cuci atau manual. Jangan lupa juga periksa apakah boneka boleh masuk ke dalam mesin pengering.

2. Sebelum Mencuci Boneka, Periksa Ada Bagian yang Robek atau Rusak


Sebelum Mencuci Boneka, Periksa Ada Bagian yang Robek atau Rusak

Hal yang tak kalah penting adalah memeriksa kecacatan pada boneka. Pastikan tidak ada bagian yang robek atau rusak. Hal tersebut dilakukan untuk tidak membuat kerusakan pada boneka semakin parah karena dicuci.

Jika ada bagian yang robek, sebaiknya jahit terlebih dahulu agar busa di dalam tubuh boneka tidak keluar. Selain itu, kancing atau hiasan pada boneka yang hampir lepas sebaiknya segera diperbaiki karena bisa saja hilang saat dicuci.

3. Jika Menggunakan Mesin Cuci, Lepas Aksesoris Pada Boneka


Jika Menggunakan Mesin Cuci, Lepas Aksesoris Pada Boneka

Sebelum mencuci, sebaiknya lepas terlebih dahulu aksesoris pada boneka seperti bando, baju, sepatu dan lainnya. Hal ini diperlukan agar boneka bisa bersih secara sempurna.

Untuk mencuci aksesoris ini juga perlu dipisahkan. Masukkan ke dalam sarung bantal atau kain terlebih dahulu kemudian kalian bisa mencucinya bersama boneka.

4. Masukkan Boneka dalam Kain atau Sarung Bantal


Masukkan Boneka dalam Kain atau Sarung Bantal

Kalian bisa memasukan boneka pada sarung bantal atau kain yang diikat sebelum mencucinya terlebih dahulu. Apalagi jika boneka kalian memiliki bulu yang rapuh dan panjang. Dengan tidak memasukkan boneka secara langsung, kalian dapat meminimalisir kerusakan dan melindungi bulunya.

5. Gunakan Detergen yang Tidak Terlalu Keras


Gunakan Detergen yang Tidak Terlalu Keras

Penggunaan detergen juga harus diperhatikan, ya. Untuk mencuci boneka, sebaiknya kalian menggunakan deterjen yang tidak mengandung pelembut pakaian. Pasalnya, pelembut pakaian hanya akan membuat warna boneka cepat luntur dan bulunya rusak.

6. Angin-Anginkan di Bawah Sinar Matahari


Angin-Anginkan di Bawah Sinar Matahari

Bagi boneka yang tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering, sebaiknya angin-anginkan saja di bawah sinar matahari. Sebelumnya, tekan boneka dengan lembut agar mengurangi air di dalamnya.

7. Setelah Kering Sisir Bulu Pada Boneka


Setelah Kering Sisir Bulu Pada Boneka

Nah, jangan lupa untuk menyisir kembali bulu boneka kalian setelah kering sempurna. Seperti diketahui, proses pencucian dapat menyebabkan bulu menjadi kusut dan tidak beraturan. Namun, kalian harus menggunakan sisir yang tumpul seperti yang dikhususkan untuk hewan.

8. Cara Mencuci Boneka dengan Tangan


Cara Mencuci Boneka dengan Tangan

Tak semua boneka dapat dibersihkan dengan mesin cuci. Jadi, kalian harus mencucinya secara manual menggunakan tangan. Masih sama seperti sebelumnya, kalian harus melepas terlebih dahulu aksesoris pada boneka. Kalian harus mencucinya secara terpisah.

Pertama, siapkan ember atau baskom berisi air yang sudah diberi deterjen. Kemudian masukkan boneka lalu gosok seluruh bagiannya dengan jari agar kotoran yang menempel dapat hilang. Kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada lagi busa.

Selain boneka, celana jeans dan tas kulit juga membutuhkan perawatan khusus. Kalian bisa mengetahui cara merawat celana jeans di sini. Sedangkan untuk tas kulit di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait