Bahaya Kanker Ovarium
Health

Jenis kanker beragam. Terdapat kanker yang beresiko besar menyerang wanita. Ketahui di sini.

WowKeren - Para wanita terkadang terlalu fokus pada kanker serviks, padahal banyak jenis kanker yang dapat tumbuh di organ kewanitaan. Jenis kanker pertama yang menyerang wanita adalah kanker ovarium. Kanker ini berkembang di dalam indung telur, di mana sel-sel telur dan hormon wanita (estrogen dan progesteron) dihasilkan. Kanker ini tentunya hanya menyerang wanita karena pria tidak memiliki indung telur.

Kanker ovarium biasanya terjadi pada wanita berusia menengah dan lanjut usia. Penyebab kanker ovarium sendiri belum jelas diketahui. Umumnya, kanker dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi abnormal. Sel ini lah kemudian membentuk massa (tumor). Sel kanker menginvasi jaringan sekitarnya dan dapat terputus dari tumor awal untuk kemudian menyebar ke tempat tubuh lain.

Kalian perlu tahu bahwa kanker ovarium sulit dideteksi pada tahap awal hingga akhirnya menyebar ke dalam panggul dan perut. Biasanya penderita mengetahuinya jika sudah mengalami beberapa gejala tak wajar seperti perut seperti tertekan, bengkak dan kembung; peningkatan ukuran lingkar perut , tidak nyaman pada bagian pinggul dan lainnya. Maka, jika kalian menemukan kejanggalan, segera periksakan diri ke dokter, ya.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait