Kanker Serviks, Penyebab Kematian Wanita Kedua di Indonesia
Health

Jenis kanker beragam. Terdapat kanker yang beresiko besar menyerang wanita. Ketahui di sini.

WowKeren - Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang menyerang wanita. Saat ini, berbagai tempat tengah menggalakkan untuk mencegah kanker serviks dengan pemeriksaan rutin dan vaksin bagi anak-anak perempuan. Di Indonesia sendiri, Kementrian Kesehatan mencatat bahwa kanker serviks menempati peringkat kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui setelah kanker Payudara. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 40.000 kasus baru kanker serviks yang terdeteksi pada perempuan Indonesia.

Penyebab utama kanker serviks adalah human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari 100 jenis HPV, namun sejauh ini ada sekitar 13 jenis yang menjadi penyebab kanker serviks. Virus ini sering ditularkan melalui hubungan seksual. Selain HPV, kanker serviks juga dapat dipicu karena beberapa hal yakni melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, berbagi sex toys, merokok, obesitas, penggunaan pil KB dan lainnya. Selengkapnya bisa kalianm lihat di sini.

Sebagian wanita terkadang menyepelekan gejala awal kanker serviks. Padahal hal ini menentukan penanganan dini pada kanker. Pada tahap awal, biasanya mengalami gejala seperti pendarahan setelah berhubungan seks, nyeri saat melakukan hubungan inti, keputihan yang tidak wajar, nyeri panggul, badan lemas dan lainnya. Nah, ketahui fakta terkait kanker serviks di sini, ya.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait