Tak Hanya Baik untuk Pencernaan, Ini 7 Khasiat Yogurt Bagi Kesehatan Tubuh
Shutterstock
Health

Mulai dari sistem kekebalan tubuh hingga baik untuk tulang, ketahui manfaat yogurt di sini.

WowKeren - Yogurt merupakan makanan yang kini berkembang menjadi lebih menarik. Biasanya yogurt disajikan dengan topping berbagai buah yang nikmat. Selain itu, terdapat salah satu merek makanan yang mengeluarkan sajian yogurt berwarna hitam, yakni Sour Sally.

Yogurt merupakan makanan probiotik yang digemari banyak orang. Probiotik atau bakteri yang baik adalah organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi pencernaan.


Selain pencernaan, yogurt juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini, ya.

1. Penuh dengan Vitamin, Terutama Protein


Penuh dengan Vitamin, Terutama Protein

Selain mengandung bakteri baik, yogurt mengandung banyak vitamin seperti kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng dan vitamin B5. Makanan ini juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi baik.

Yogurt juga mengandung protein yang cukup besar, lho. Dalam 6 ons greek yogurt terkandung 15-20 gram protein yang setara dengan 3 ons gading tanpa lemak. Sementara itu, yogurt biasa hanya menghasilkan 9 gram protein.

2. Konsumsi Yogurt Rutin dapat Menjaga Kekebalan Tubuh


Konsumsi Yogurt Rutin dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Sebelumnya telah disebutkan bahwa yogurt mengandung deretan gizi dan mineral yang baik. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit.

Dengan mengonsumsi yogurt setiap hari, hanya sekitar 400 gram, kalian dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan bakteri. Hal ini sangat baik bagi kalian yang rentan terkena penyakit seperti flu saat musim dingin.

3. Yogurt Membantu Menjaga Kesehatan Tulang


Yogurt Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Satu mangkuk yogurt mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Kalsium yang ada di dalam yogurt membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang. Sedangkan vitamin D berguna untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Kedua komponen tersebut bekerja sama untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Selain Tulang, Yogurt Juga Baik untuk Gigi


Selain Tulang, Yogurt Juga Baik untuk Gigi

Yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi memberikan perlindungan gusi. Seseorang yang makan setidaknya dua ons yogurt per hari memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit perideontal yang parah daripada yang tidak melakukannya. Jadi, tidak ada ruginya untuk konsumsi yogurt, kan?

5. Memberikan Energi Setelah Olahraga


Memberikan Energi Setelah Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang membuat kita kehilangan banyak energi sekaligus membakar lemak. Daripada konsumsi camilan tak sehat, lebih baik kalian makan yogurt dengan topping buah-buahan segar.

Yogurt rupanya dapat mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga berkat kombinasi protein dan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, jangan lupa untuk konsumsi air agar proses rehidrasi dalam tubuh kembali lebih cepat.

6. Yogurt dapat Menurunkan Berat Badan dan Meratakan Perut


Yogurt dapat Menurunkan Berat Badan dan Meratakan Perut

Yogurt merupakan camilan sehat yang sering menjadi teman saat sedang diet. Hal ini karena makanan ini mengandung probiotik, protein dan kalsium yang memicu produksi hormon anti lapar, seperti GLP-1 dan peptide YY yang menyebabkan kalian merasa cepat kenyang. Jadi, tidak ada perasaan ingin mengonsumi makanan lagi.

Selain itu, konsumsi 18 ons yogurt sehari dapat menurunkan ukuran lingkar pinggang. Seseorang yang makan yogurt dalam jumlah banyak saat diet akan kehilangan 22 persen berat badan dan 81 persen lemak perut. Hal tersebut disampaikan oleh penelitian dari University of Tennessee, Knoxville.

7. Makan Yogurt dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Makan Yogurt dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Salah satu kandungan dalam yogurt yang baik bagi kesehatan adalah kalium. Kandungan tersebut membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut disebabkan kalium yang membantu mengeluarkan kelebihan sodium dari tubuh kalian.

Yogurt biasanya dikonsumsi dengan tambahan buah-buahan segar yang menggugah selera. Namun, tentunya akan membosankan jika kalian mengonsumsinya hampir setiap hari. Agar lebih bervariasi, berikut beberapa topping yogurt yang beda dari lainnya, simak di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...