Bukan Karena Kurang Tidur, Mata Panda Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Tak Disangka Ini
livestrong.com
Health

Jangan sepelekan kantong mata yang menghitam lantaran bisa jadi tanda penyakit hati hingga kista, lho.

WowKeren - Punya kantong mata yang menghitam atau lebih sering disebut dengan mata panda? Nah, tentunya hal tersebut sangat mengganggu, ya. Kalian harus berusaha keras untuk menutupnya dengan concealer.

Selain itu, masih banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi mata pandak, kok. Sebut saja menggunakan bahan-bahan alami seperti bengkuang, madu, kunyit bubuk dan masih banyak lagi. Ingin tahu lengkapnya? Simak di sini.


Mata panda juga dapat diatasi dengan beberapa trik cepat, lho. Cocok buat kalian yang tengah buru-buru menghadiri suatu acara namun terlihat tidak segar karena kantong mata hitam. Trik lengkapnya bisa kalian baca di sini.

Sebaik-baiknya mengatasi mata panda, lebih bagus lagi jika kalian menghilangkannya dari akar. Maksudnya di sini adalah mengetahui penyebab timbulnya masalah tersebut dan menghindarinya seperti kurang tidur, terkena paparan matahari, kelelahan dan lainnya.

Perlu kalian ketahui bahwa timbulnya mata panda juga dapat menjadi tanda penyakit, lho. Apa saja, ya? Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Kantong Mata Menghitam Bisa Jadi Tanda Kekurangan Gizi


Kantong Mata Menghitam Bisa Jadi Tanda Kekurangan Gizi

Sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi mata panda tapi masih sering kembali? Mungkin kalian mengalami kekurangan gizi. Jika kebutuhan sumber gizi yang mengandung vitamin larut air seperti vitamin C dan vitamin larut lemak seperti vitamin A, E dan K, area lingkaran mata bisa menghitam.

Hal ini dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan vitamin-vitamin tersebut. Mengatasi kantong mata yang menghitam memang tidak cukup dari luar saja, ya. Namun juga dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin.

2. Terdapat Masalah pada Organ Hati Seperti Hepatitis


Terdapat Masalah pada Organ Hati Seperti Hepatitis

Tahukah kalian bahwa mata panda juga menjadi tanda bahwa ada masalah pada organ hati kalian? Kantong mata yang menghitam menandakan, fungsi hari dalam kondisi yang kurang sehat dan sedang tidak berfungsi dengan baik.

Nah, jika hal ini berlangsung lama disertai dengan masalah lainnya, kalian patut waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, kalian bisa saja sedang terkena penyakit hepatitis.

3. Dehidrasi Menyebabkan Mata Panda


Dehidrasi Menyebabkan Mata Panda

Lingkaran bawah mata menghitam bisa juga disebabkan tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh memiliki jumlah air yang cukup, maka gejala yang sering terlihat adalah kantong dan area sekitar mata yang menghitam.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh setiap hari. Konsumsi 8 hingga 10 gelar air setiap hari. Cairan yang dimaksudkan adalah kebiasaan minum air putih bukan yang manis apalagi yang mengandung kafein, ya. Hal itu malah akan membuat mata panda semakin parah.

4. Kantong Mata Menghitam Pertanda Anemia


Kantong Mata Menghitam Pertanda Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang disebabkan kekurangan kadar hb di dalam tubuh. Penyakit ini juga bisa disebabkan kerusakan yang terjadi pada sel darah merah dalam tubuh. Anemia sendiri bisa menimbulkan kantong mata hitam, lho. Penderitanya akan terlihat seperti kelelahan dan kurang tidur.

Hal ini dapat diatasi dengan melakukan diet seimbang yang kaya akan sayuran daun hijau. Seperti diketahui, ketika menderita anemia, kalian perlu asupan zat besi. Asupan tersebut dapat kalian peroleh dari sayur bayam, daging merah, kacang merah, tomat dan masih banyak lagi.

5. Alergi pada Kulit


Alergi pada Kulit

Saat mengalami alergi, biasanya intensitas menggaruk kulit menjadi bertambah. Hal inilah yang menyebabkan lingkaran mata menghitam. Seperti diketahui, menggosok atau menggaruk mata tidak bagi kulit di sekitarnya yang cenderung lebih tipis.

6. Mata Panda Bisa Jadi Tanda Kista Indung Telur


Mata Panda Bisa Jadi Tanda Kista Indung Telur

Kaum wanita mungkin tidak menyadari bahwa terdapat penyakit berbahaya yang mengintai selain kanker serviks yakni kista indung telur. Tekanan psikologis yang berlebihan, gangguan kesehatan jangka panjang, pola makan dan gaya hidup yang tidak baik akan menyebabkan fungsi normal dari tubuh menurun. Hal ini berimbas pada melambatnya sirkulasi metabolisme sehingga menyebabkan penyakit ovarium dan gangguan endokrin yang selanjutnya berkembang pada kelainan perkembangan pada jaringan ovarium dan membentuk kista ovarium.

Kalian perlu waspada dengan adanya mata panda akibat penyakit kista indung telur. Hindari makanan yang tidak sehat seperti fast food, alkohol dan kafein. Selain itu, jangan lagi merokok dan terapkan hidup yang jauh lebih sehat.

7. Menstruasi yang Tidak Teratur


Menstruasi yang Tidak Teratur

Kalian mungkin tidak menyangka bahwa lingkaran mata menghitam dapat disebabkan jadwal menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, banyaknya darah yang keluar saat mensturasi juga rentan menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata, lho.

Konsultasikan masalah menstruasi yang tidak teratur pada dokter ahlinya. Pasalnya, masalah tersebut tidak hanya disebabkan karena hormonal namun juga obesitas dan penyakit-penyakit lainnya. Jadi, jangan pernah sepelekan hal tersebut, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait