Instagram Tanggapi Beredarnya Akun 'Komik Muslim Gay' yang Bikin Resah Masyarakat
Nasional

Kominfo nyatakan terus memantau dan menyelidiki pembuat akun Instagram yang memuat cerita kehidupan pria gay muslim itu.

WowKeren - Beredarnya komik yang menampilkan kehidupan pria gay muslim di Instagram cukup meresahkan masyarakat. Terkait hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan respon. Kominfo mengaku sudah melaporkan temuan tersebut kepada pihak Instagram.

Selain itu, Kominfo juga terus memantau serta menelusuri asal pembuat komik tersebut. Setelah melakukan beberapa penelusuran, perwakilan Kominfo menjelaskan jika akun Instagram bernama @alpant***i tersebut diduga berasal dari Malaysia.

"Sedang kami telusuri. Indikasi awal, akun tersebut dari Malaysia," ujar Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, dilansir Detik pada Selasa (12/2). "Sudah kami pantau. Sudah kami mintakan ke pihak IG untuk men-takedown akun tersebut."


Merespon laporan soal beredarnya komik yang menampilkan kehidupan pria muslim dengan orientasi seksual sejenis, Instagram mengeluarkan pernyataan."Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan suportif di Instagram maka kami memiliki Panduan Komunitas dan proses peninjauan yang komprehensif untuk menentukan konten yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di Instagram," ujar perwakilan Instagram, seperti dilansir Detik pada Selasa (12/2).

Pihak Instagram juga menjelaskan soal komitmen Instagram menciptakan lingkungan yang nyaman untuk penggunanya. Oleh karena itu, mereka meminta pengguna berkenan melaporkan kepada Instagram jika memang menemukan konten yang membuat mereka kurang nyaman.

"Jika pengguna menemukan konten yang membuat merasa tidak nyaman, atau melanggar Panduan Komunitas Instagram, bisa segera melaporkan akun atau konten tersebut ke Instagram melalui fitur pelaporan di aplikasi kami," lanjut pihak Instagram. Fitur pelaporan tersebut akan segera ditanggapi oleh tim Instagram global.

Dipantau, akun Instagram tersebut sudah memiliki 5.893 pengikut dengan 10 unggahan. Deskripsi yang dicantumkan dalam akun tersebut juga memasang kalimat "Komik Muslim Gay untuk orang yang bisa berfikir". Sementara itu, dalam unggahannya, mereka menyematkan beragam tagar seperti #gaymalaysia, #gayindonesia, #gaymuslim, #gaycomics, #komikmalaysia, dan juga #komikindonesia.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru