Cegah Stroke dan Serangan Jantung, Ketahui 8 Makanan yang dapat Memperlancar Aliran Darah
Health

Darah juga mengantarkan oksigen agar kerja sama sistem metabolisme dan organ tubuh berjalan baik. Maka penting untuk menjaga aliran darah tetap lancar.

WowKeren - Makanan merupakan asupan yang penting untuk tubuh. Tidak hanya rasa, kalian harus memperhatikan nutrisi pada makanan. Asupan nutrisi yang seimbang sangat perlu untuk menunjang fungsi organ tubuh.

Untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh, darah bekerja mengangkut asupan tersebut ke seluruh bagian tubuh. Darah juga mengantarkan oksigen agar kerja sama sistem metabolisme dan organ tubuh berjalan lancar. Namun, semua organ tidak bisa bekerja baik jika peredaran darah terhambat.


Peredaran darah yang terhambat disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Hal ini berbahaya untuk tubuh lantaran dapat menyebabkan berbagai penyakit. Sebut saja serangan jantung, stroke, arteri perifer dan masih banyak lagi.

Nah, agar pembuluh darah tetap lancar dan terhindar dari berbagai penyakit, kalian dapat mengonsumsi berbagai makanan sehat. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Ikan Tuna dan Salmon dapat Memperlancar Aliran Darah


Ikan Tuna dan Salmon dapat Memperlancar Aliran Darah

Omega-3 merupakan nutrisi yang memiliki manfaat memperlancar aliran darah. Salah satu makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan tuna dan ikan salmon. Dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, kalian dapat terhindar dari resiko penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Tak hanya memperlancar aliran darah, omega-3 juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Omega-3 dapat mencegah kanker payudara, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan jantung bahkan menghilangkan stres.

2. Manfaat Bawang Putih untuk Perlancar Aliran Darah


Manfaat Bawang Putih untuk Perlancar Aliran Darah

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang manfaatnya untuk tubuh tidak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaat bawang putih adalah mereggangkan pembuluh darah dan membersihkan darah. Tak hanya itu, bumbu ini efektif untuk meningkatkan produksi hydrogen sulfide pada pembuluh darah sehingga melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, diet yang kaya bawang putih dapat mencegah aterosklerosis atau penimbunan plak pada dinding arteri, mengurangi kolesterol jahat dan membuka pembuluh darah yang tersumbat. Simak manfaat bawang putih lainnya di sini.

3. Vitamin C dalam Jeruk Baik untuk Sirkulasi Darah


Vitamin C dalam Jeruk Baik untuk Sirkulasi Darah

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan tersebut dapat membawa darah dari arteri langsung ke sel. Vitamin C akan menguatkan dinding kapiler, mencegah penggumpalan darah dan mencegah plak pada arteri. Dengan banyak mengonsumsi vitamin C, kalian juga akan mendapatkan manfaat kecantikan, yakni mencerahkan kulit.

4. Kacang-Kacangan Membantu Arteri Melebar


Kacang-Kacangan Membantu Arteri Melebar

Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga kaya magnesium dan L-arginine. Magnesium sendiri merupakan mineral penting yang membantu arteri rileks sehingga dapat mengembang dan berkontraksi.

Sementara L-arginine sendiri dapat memproduksi oksida nitrat, yakni senyawa yang membantu arteri melebar. Kacang-kacangan bisa menjadi camilan sehat untuk jantung lantaran mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E dan serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

5. Alpukat Memiliki Kandungan Omega-3


Alpukat Memiliki Kandungan Omega-3

Tak hanya salmon dan tuna, alpukat juga memiliki kandungan omega-3. Asam lemak omega-3 inilah yang membantu melancarkan peredaran darah, sehingga aliran darah ke jantung lebih optimal. Kandungan tersebut juga membuat alpukat baik untuk dikonsumsi ketika diet. Kalian dapat mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung.

6. Manfaat Jahe untuk Memperlancar Aliran Darah


Manfaat Jahe untuk Memperlancar Aliran Darah

Jahe merupakan rempah yang banyak digunakan untuk menghangatkan tubuh. Siapa sangka jahe juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah. Kandungan gingerol yang bersifat antikoagulan di dalam jahe dapat menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah sumbatan pada pembuluh darah, mempercepat aliran darah dan meringankan kerja jantung.

7. Teh Hijau dapat Memperlancar Aliran Darah


Teh Hijau dapat Memperlancar Aliran Darah

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk menurunkan bobot tubuh. Rupanya, berkat kandungan alaminya, teh hijau dapat membantu membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga aliran darah juga lebih lancar. Antioksidan di dalam teh hijau juga baik untuk kesehatan jantung, lho.

8. Khasiat Cokelat Hitam untuk Sirkulasi Darah


Khasiat Cokelat Hitam untuk Sirkulasi Darah

Nah, makanan selanjutnya adalah cokelat hitam. Makanan satu ini memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, cokelat hitam juga memiliki banyak manfaat, seperti mengobati diare, mengurangi nafsu makan, meningkatkan kemampuan otak dan masih banyak lagi. Asal tidak berlebihan, kalian akan mendapatkan manfaat besar dari cokelat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait