7 Manfaat Minyak Ikan untuk Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Kesehatan Jantung
Health

Minyak ikan mengandung berbagai senyawa, salah satunya omge 3 yang sangat baik untuk tubuh. Apa saja ya kegunaannya?

WowKeren - Saat kecil, orangtua sering memberikan anaknya suplemen minyak ikan yang memiliki banyak manfaat. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berdampak besar pada perkembangan tubuh dan otak anak.

Namun, orang dewasa pun membutuhkan omega 3 karena kandungan tersebut tidak diproduksi oleh tubuh. Jadi kalian memerlukan asupan dari luar. Omega 3 sendiri biasanya didapatkan dari ikan salmon, tiram, tuna, sarden dan lainnya.

Berikut 7 manfaat yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi minyak ikan. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Manfaat Minyak Ikan untuk Membantu Proses Diet


Manfaat Minyak Ikan untuk Membantu Proses Diet

Bagi kalian yang tengah menjalani diet, sepertinya minyak ikan bisa jadi asupan yang bagus, nih. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of South Australia, orang yang melakukan olahraga 3 kali seminggu selama 12 minggu dan diiringi dengan konsumsi minyak ikan, dapat menurunkan berat badan dan kadar lemak secara drastis pada orang yang obesitas dan overweight.

Ada juga penelitian yang mengatakan bahwa minyak ikan tidak menurunkan berat badan pada individu secara signifikan. Namun, hanya mengurangi lingkar dan rasio pinggang terhadap pinggul.

2. Ibu Hamil Wajib Konsumsi Minyak Ikan untuk Perkembangan Janin


Ibu Hamil Wajib Konsumsi Minyak Ikan untuk Perkembangan Janin

Minyak ikan juga sangat baik untuk ibu hamil. Selain omega 3, minyak ikan mengandung DHA dan EPA yang dapat mengurangi resiko preeklamsia, persalinan prematur dan meningkatkan berat badan bayi.

Tak hanya itu, untuk si janin sendiri, omega 3 akan mendukung kemampuan kognitif, termasuk koordinasi mata dan tangan, kemampuan fokus dan sosial. Minyak ikan juga dipercaya menghindarkan anak dari gangguan perkembangan otak dan resiko asma.

3. Minyak Ikan Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung


Minyak Ikan Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat besar minyak ikan adalah untuk kesehatan jantung. Minyak ikan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL. Dalam dosis kecil, minyak ini juga membantu penderita hipertensi mengontrol tekanan darah.

Selain itu, minyak ikan dapat mencegah plak yang terbentuk di arteri agar tidak menyumbat peredaran darah sehingga kalian dapat terhindar dari serangan jantung. Bagaimana menurut kalian? Yuk rutin mengkonsumsi minyak ikan.

4. Mengurangi Peradangan dengan Minyak Ikan


Mengurangi Peradangan dengan Minyak Ikan

Minyak ikan memiliki manfaat sebagai antiinflamasi dan dapat membantu mengobati penyakit yang menyebabkan peradangan kronis. Misalnya, pada seseorang yang menderita stress dan obesitas, minyak ini dapat mengurangi produksi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin.

Suplemen minyak ikah juga dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada penderita artritis reumatoid secara signifikan. Artritis reumatoid sendiri merupakan peradangan kronis pada sendir yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku persendian.

5. Minyak Ikan juga Dapat Mencegah Kerontokan Rambut


Minyak Ikan juga Dapat Mencegah Kerontokan Rambut

Minyak ikan bisa jadi solusi yang tepat bagi kalian yang mengalami kerontokan rambut. Kandungan dalam minyak ikan dapat menjaga folikel rambut terstimulasi. Bukan hanya itu, minyak ini juga membantu mengurangi kekeringan kulit yang menyebabkan ketombe atau gatal dan membuat rambut lebih bersinar dan kuat.

6. Manfaat Minyak Ikan untuk Menurunkan Resiko Depresi


Manfaat Minyak Ikan untuk Menurunkan Resiko Depresi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menderita depresi berat memiliki tingkat omega 3 yang rendah. Maka dari itu, omega 3 sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gejala depresi.

Minyak ikan juga mengurangi resiko gangguan psikotik. Konsumsi minyak ikan dalam dosis tinggi dapat mengurangi beberapa gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

7. Menjaga Kesehatan Mata dengan Rutin Mengkonsumsi Minyak Ikan


Menjaga Kesehatan Mata dengan Rutin Mengkonsumsi Minyak Ikan

Sama seperti otak, asam lemak omega 3 sangat penting untuk stuktur mata. Faktanya, orang-orang yang tidak mendapatkan cukup omega 3 memiliki resiko terkena gangguan mata yang lebih besar.

Saat usia semakin bertambah, kesehatan mata juga semakin menurun dan dapat menyebabkan AMD. Menurut sebuah studi, konsumsi minyak ikan dosis tinggi selama 4,5 bulan dapat memperbaiki penglihatan pada smua pasien AMD.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Berita Terkait