Tak Ingin Mabuk Darat Maupun Laut saat Mudik? Lakukan 8 Tips Mudah Ini Yuk!
Health

Selain waktu, salah satu masalah yang dihadapi saat menggunakan transportasi darat atau laut adalah rasa pusing dan mual. Nah, agar tidak mengalami hal itu, ayo ikuti 8 tips ini!

WowKeren - Mudik atau pulang kampung merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap tahunnya untuk merayakan lebaran dengan keluarga besar. Seperti diketahui, bulan Ramadhan akan segera berakhir. Tinggal menghitung hari saja.

Saat mudik, enggak semua orang dapat menggunakan pesawat terbang. Apalagi saat ini harga tiket transportasi tersebut tengah melonjak tinggi.


Nah, buat yang ingin berhemat, kalian dapat menggunakan transportasi darat atau laut saja. Meski waktu yang diperlukan lebih mahal, namun yang penting adalah dapat berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran.

Selain waktu, salah satu masalah yang dihadapi saat menggunakan transportasi darat seperti bis dan mobil atau transportasi laut, yakni kapal dalam jangka waktu yang lama adalah rasa pusing dan mual yang mendera. Kalian harus siap-siap membawa kantung plastik, siapa tau muntah saat perjalanan.

Berikut ini terdapat tips mengatasi mabuk darat dan laut saat mudik yang dapat kalian lakukan. Simak di bawah ini, ya!

(wk/nris)

1. Pastikan Perut Terisi Sebelum Bepergian, Namun Jangan Kekenyangan


Pastikan Perut Terisi Sebelum Bepergian, Namun Jangan Kekenyangan

Tips pertama yang harus kalian patuhi adalah memastikan perut terisi sebelum bepergian, ya. Makan sangat penting saat perjalanan jauh untuk mencegah kalian masuk angin. Simak cara mengatasi masuk angin dengan bahan alami di sini.

Namun, kalian harus memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Jika terlalu kenyang, lambung akan bekerja lebih berat untuk memproses makanan yang ada di dalam perut. Lambung malah akan merasa tertekan sehingga gampang merasa mual, lho.

2. Asupan yang Dikonsumsi Juga Harus Diperhatikan Agar Tak Mabuk


Asupan yang Dikonsumsi Juga Harus Diperhatikan Agar Tak Mabuk

Selain porsinya, asupan yang dikonsumsi juga harus kalian perhatikan, ya. Hindari makan kuliner pedas, tinggi lemak dan memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak. Pasalnya, makanan jenis tersebut dapat membuat kalian lebih mudah mual.

Hindari pula membawa makanan dengan bau menyengat saat berkendara. Bau dari makanan itu juga anak membuat kalian mudah mual. Buat camilan, sebaiknya konsumsi makanan ringan seperti kacang, keripik, puding, buah potong dan lainnya.

3. Sedia Minyak Kayu Putih saat Mudik


Sedia Minyak Kayu Putih saat Mudik

Saat mudik dengan perjalanan jauh, kondisi tubuh tidak dapat diprediksi. Sebaiknya kalian membawa minyak kayu putih di dalam tas, balsem atau sejenisnya. Minyak kayu putih akan mencegah masuk angin dan mual. Oleskan pada perut, leher dan telapak kaki.

4. Bawa Permen Mint atau Jahe Agar Tidak Mual


Bawa Permen Mint atau Jahe Agar Tidak Mual

Selain itu, permen mint atau jahe juga dapat membantu kalian mencegah rasa mabuk. Hal ini lantaran dikarenakan permen tersebut memiliki rasa manis dan hangat yang dipercaya ampuh menghilangkan rasa mual dan pusing selama perjalanan mudik.

Jahe juga akan menghangatkan tubuh kalian sehingga tidak mudah masuk angin. Kalian juga dapat mengonsumsi 9 minuman tradisional ini untuk menghangatkan tubuh. Rasanya juga enak banget, lho!

5. Minum Obat Anti Mabuk Setengah Jam Sebelum Bepergian


Minum Obat Anti Mabuk Setengah Jam Sebelum Bepergian

Tips lainnya yang dapat dilakukan adalah meminum obat anti mabuk. Agar berfungsi dengan baik, sebaiknya konsumsi obat tersebut sekitar 30 hingga 60 menit sebelum kalian berangkat. Saat ini banyak obat anti mabuk yang dijual di pasaran dengan rasa yang berbeda.

Kalian juga dapat menempelkan koyo pada pusar. Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya dapat meredakan kembung dan mual. Nah, kalian pilih yang mana?

6. Pilih Posisi Duduk yang Baik dan Nyaman di Dalam Kendaraan


Pilih Posisi Duduk yang Baik dan Nyaman di Dalam Kendaraan

Selanjutnya adalah posisi tempat duduk. Jika kalian menggunakan kapal, pilihlah kabin tingkat bawah di dekat bagian tengah kapal. Bagian itu pada umumnya mengalami sedikit gerakan daripada penumpang di kabin luar atau yang lebih tinggi.

Jika menggunakan bus atau mobil, pilih juga tempat duduk yang tidak dekap dengan ban kendaraan. Pilih pula tempat duduk sebelah jendela agar dapat melihat pemandangan yang bergerak selama perjalanan.

7. Hirup Udara Luar Sesekali dan Alihkan Perhatian


Hirup Udara Luar Sesekali dan Alihkan Perhatian

Buat yang sudah merasa pusing dan mual, kalian dapat mengatasinya dengan mengalihkan perhatian. Buka sedikit jendela mobil dan hirup udara segar serta menikmati pemandangan. Kalian juga dapat mendengarkan musik untuk meningkatkan mood.

Coba beristirahat di rest area dan berjalan-jalan di sekitar agar mual mereda. Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian, ya.

8. Jangan Bermain Ponsel atau Membaca


Jangan Bermain Ponsel atau Membaca

Tips terakhir adalah menghindari bermain ponsel dan membaca. Jika kalian fokus pada suatu titik, seperti melakukan kegiatan membaca dan bermain ponsel, peluang merasa mual, pusing akan lebih besar. Jadi, hindari untuk sementara, ya.

Nah, simak pula tips yang dapat dilakukan saat mudik menggunakan kendaraan umum di sini. Selain itu, simak kue kering paling populer saat lebaran di sini, wajib ada di meja kalian!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait