Sri Mulyani Bakal Permak Proses Administrasi: Saya Ingin Bayar Pajak Lebih Mudah Dari Beli Pulsa
Nasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai bahwa selama ini masih ada masyarakat yang belum memahami prosedur pembayaran pajak sehingga ia ingin agar proses tersebut lebih disederhanakan.

WowKeren - Pajak merupakan salah satu sumber utama pendapatan negara. Inilah mengapa kepatuhan membayar dari masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Sayangnya, tak semua masyarakat paham betul dan menyadari kewajiban membayar pajak mereka.

Sejumlah alasan menjadi penyebab mengapa hal itu bisa terjadi. Salah satunya terkait prosedur administrasi yang bagi sebagian orang tidak bisa dibilang mudah.

Oleh sebab itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani ingin agar ke depannya, proses pembayaran pajak bisa dilakukan dengan mudah bahkan lebih mudah dari membeli pulsa telepon. Sehingga, ia berharap agar proses membayar pajak bisa selesai dalam waktu satu menit saja.

"Saya bilang ke Pak Robert (Dirjen Pajak Robert Pakpahan) dan timnya, saya ingin membayar pajak lebih mudah dari beli pulsa telepon," kata Sri saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/6). "Kalau beli pulsa dalam semenit kita bisa pakai mobile banking harusnya bayar pajak lebih mudah lagi."


Sebab, Sri menilai bahwa selama ini masih banyak orang yang belum memahami dengan baik cara membayar pajak. Hal inilah yang mendorong Sri untuk menyederhanakan prosesnya.

"Karena orang beli pulsa butuh pulsanya, kalau pajak dia enggak tahu maka harus diberi kemudahan membayarnya," jelas Sri. "Makanya reform di bidang administrasi dan proses itu menjadi penting, bagaimana disederhanakan, bagaimana proses untuk complienece (kepatuhan), pembayaran dan lainnya."

Penyederhanaan prosedur pembayaran diharapkan bisa meningkatkan rasio pajak ke depannya. Saat ini, pihaknya akan terus melakukan pengawasan.

"Di luar itu kami tetap melakukan enforce compliance," lanjut Sri. "Terutama pengawasan dan penegakan hukum namun ini dilakukan berdasarkan risiko dari penerimaan perjalanan dan profil dari tax payer."

Lebih jauh, Dirjen Pajak bersama dengan Direktorat Bea Cukai telah melakukan sejumlah terobosan. "Terobosan dari sisi administrasi perpajakan, ini adalah 3 hal termasuk optimalisasi media digital, mobile tax unit kita perbaiki bisnis prosesnya, dan juga perbaikan dalam pembayaran pajak atau tax," ungkap Sri Mulyani.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait