Masih di ICU, Wali Kota Surabaya Risma Harus Gunakan Alat Bantu Pernapasan dan Pipa Makanan
Nasional

Hardino mengungkapkan bahwa pasien biasanya tidak nyaman dengan pemasangan sejumlah alat bantu tersebut. Maka dari itu, Risma pun harus diberikan obat penenang. Ia menjelaskan bahwa situasi itu lazim.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kini tengah dirawat di RSUD dr. Soetomo. Meski keadaannya kian membaik, sampai saat ini Risma masih di ruang Intensive Care Unit (ICU) dan dipakaikan alat bantu pernapasan (respirator) dan sonde atau pipa makanan.

"Kita (sesuai) protap (prosedur tetap), semua pasien yang di ICU, yang dibantu, dipasang alat bantu napas," ujar Kepala ICU sekaligus dokter spesialis anestesi, dr Hardiono di Gedung Pusat Bedah Terpadu (GPBD) RSUD Soetomo, Kamis (27/6), seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Risma dipasangkan alat bantu makanan tersebut untuk tetap dapat menerima asupan yang diberikan. "Karena belum bisa makan, makannya lewat sonde (pipa makanan)," tuturnya.

Hardino mengungkapkan bahwa pasien biasanya tidak nyaman dengan pemasangan sejumlah alat bantu tersebut. Maka dari itu, Risma pun harus diberikan obat penenang. Ia menjelaskan bahwa situasi itu lazim.


"Memang awalnya kita berikan, kan orang di ICU dipasang alat enggak nyaman. Jadi untuk kenyamanan beliau ditenangkan," katanya. "Kita berikan 2 x 24 jam itu penenang. Karena adanya pipa itu enggak nyaman. Jadi protapnya kita tenangkan."

Saat ini keadaan Risma juga terus stabil. Hal itu dibuktikan dari kondisi wali kota dua periode tersebut yang telah berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Ditambah lagi, berfungsinya sejumlah organ seperti ginjal, dan jantung.

"Jadi sejak awal fungsi jantung dari RSUD Soewandhi bagus, ginjal dan kencingnya bagus." lanjutnya. "Kemudian fungsi perutnya, diberi makan juga menerima. Itu indikator bagus."

Sebelumnya, Kepala Bagian Human Pemerintah Kota Surabaya M Fisker membantah kabar yang beredar di Twitter yang menyebut bahwa kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah kritis. Ia memastikan keadaan Risma kini makin membaik.

Fisker merinci bahwa tadi malam, Rabu (26/6) seorang pengguna akun Twitter sempat mendapat kabar bahwa Risma kritis. Bahkan netter itu menulis bahwa informasi tersebut berasal dari wartawan di Surabaya.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait