8 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Bandung, Dari yang Keren hingga Horor!
Wego
Travel

Bandung seringkali dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Namun, beberapa orang mungkin belum mengetahui jika kota kembang ini memiliki sejumlah destinasi anti mainstream yang sayang untuk dilewatkan seperti berikut ini.

WowKeren - Bandung dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Sebab kota yang berada di Jawa Barat ini dikenal menyimpan berjuta keindahan. Karena keindahannya, kota ini bahkan dijuluki dengan Parijs van Java.

Berbagai destinasi wisata pun tersedia di kota ini. Mulai dari wisata alam hingga wisata kulinernya. Karena itu, tidak sedikit orang yang memilih pergi ke Bandung untuk menghabiskan waktu santai atau liburnya.


Namun, beberapa orang mungkin tidak mengetahui jika Bandung juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang anti mainstream. Padahal, tempat-tempat ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja saat kamu berkunjung ke Bandung.

Mau tahu apa saja destinasi wisata anti mainstream yang ada di Bandung? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Situ Cileunca, Wisata Anti Mainstream di Bandung yang Bakal Segarkan Liburanmu


Situ Cileunca, Wisata Anti Mainstream di Bandung yang Bakal Segarkan Liburanmu

Destinasi anti mainstream pertama yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bandung adalah Situ Cileunca. Terletak di Kecamatan Pengalengan, Situ Cileunca kini perlahan menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing.

Pasalnya, Situ Cileunca menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu, tempat ini menawarkan kesejukan dan ketenangan. Karena itu, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai area olahraga yoga.

Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa naik kendaraan umum jurusan Bandung - Pengalengan dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dari kota Bandung.

2. Pacu Adrenalinmu dengan Melakukan Arung Jeram di Sungai Citarum, Bandung


Pacu Adrenalinmu dengan Melakukan Arung Jeram di Sungai Citarum, Bandung

Nah, buat kamu yang ingin merasakan pengalaman berbeda, ada baiknya untuk melakukan arung jeram di Sungai Citarum. Lokasinya sendiri berada di Desa Cisameng yang bisa dicapai dengan mudah dari Bandung. Jeram Sungai Citarum sendiri bisa ditempuh dengan waktu 2-3 jam.

Selama perjalanan ini, kamu akan melewati beberapa arus yang cukup menantang dan memacu adrenalin, karena arus sungai ini cukup kencang. Tapi jika kamu seorang pemula, jangan khawatir. Sebab akan ada pemandu yang menemanimu di sepanjang jalan untuk mengarungi jeram Sungai Citarum.

3. Untuk Pecinta Sepeda Gunung, Datangi Trek Palintang Untuk Pengalaman yang Berkesan


Untuk Pecinta Sepeda Gunung, Datangi Trek Palintang Untuk Pengalaman yang Berkesan

Destinasi wisata anti mainstream berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bandung adalah Trek Palintang. Perlu kamu ketahui, Palintang sebenarnya adalah sebuah nama kampung yang ada di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung Timur.

Terletak sekitar 8 kilometer di utara Ujungberung, Trek Palintang menjadi salah satu destinasi favorit para pecinta sepeda gunung dalam menyalurkan kegemarannya. Pasalnya, trek ini dinilai mampu memberikan pengalaman offroad yang berbeda dan berkesan.

Selain itu, Trek Palintang juga dikelilingi dengan perbukitan dan treknya keluar masuk hutan. Sehingga, bersepeda di trek ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda dan berkesan.

4. Burangrang, Wisata Anti Mainstream yang Merupakan Rangkaian Pegunungan Purba


Burangrang, Wisata Anti Mainstream yang Merupakan Rangkaian Pegunungan Purba

Kamu mungkin sudah cukup akrab dengan Tangkuban Perahu, tapi tidak begitu kenal dengan Burangrang. Berada di ketinggian 2.050 mdpl, Burangrang merupakan gunung api mati yang berada di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dengan Purwakarta.

Gunung ini sendiri merupakan rangkaian dari pegunungan purba yang terbentuk dari sisa letusan Gunung Sunda zaman prasejarah yang membentuk cekungan mangkuk Bandung Raya. Bagi kamu yang hobi mendaki, Burangrang menjadi pilihan yang tepat. Sebab gunung ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah untuk menyegarkan pikiranmu.

5. Kunjungi Gua Pawon yang Simpan Puluhan Ribu Tulang Manusia


Kunjungi Gua Pawon yang Simpan Puluhan Ribu Tulang Manusia

Destinasi wisata anti mainstream berikutnya yang bisa kamu datangi di Bandung adalah Gua Pawon. Saat mengunjungi tempat ini, bulu kudukmu mungkin akan merinding. Pasalnya, saat pertama kali ditemukan, gua ini menyimpan kurang lebih 20.000 potongan tulang manusia.

Menurut para peneliti, tulang manusia yang ditemukan dalam gua ini adalah milik manusia purba dan para pendahulu masyarakat Sunda. Harga masuknya pun terbilang cukup murah, yakni di bawah 10 ribu. Apa kamu berani mengunjungi gua ini?

6. Terminal Grafika Cikole, Wisata Anti Mainstream dan Beda yang Ada di Bandung


Terminal Grafika Cikole, Wisata Anti Mainstream dan Beda yang Ada di Bandung

Jika kamu mencari tempat liburan yang unik dan anti mainstream, ada baiknya untuk mendatangi Terminal Grafika Cikole. Letaknya berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 8, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata yang dikelilingi dengan hutan pohon pinus ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari restoran, penginapan hingga arena bermain. Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto di depan background rumah hobbit dan berbagai spot foto menarik lainnya. Untuk masuk ke area ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu saja.

7. Venue Gantole, Spot Melihat Gunung di Atas Gunung


Venue Gantole, Spot Melihat Gunung di Atas Gunung

Lokasi berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan berlibur adalah Venue Gantole. Tempat wisata yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini cocok untuk kamu yang membutuhkan ketenangan dari rutinitas sehari-hari yang menjemukan.

Orang-orang biasanya menyebut tempat ini sebagai spot melihat gunung di atas gunung. Jika ke arah timur, kita dapat melihat barisan pegunungan yang mengelilingi kawasan Bandung Barat, hamparan sawah, rimbunnya pepohonan dan padatnya pemukiman warga yang berada di wilayah Bandung Raya.

Sementara itu jika ke arah barat, kita bisa melihat pemandangan salah satu Gunung Geger Pulus. Selain itu, kita juga bisa menikmati indahnya sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat, yakni Sungai Citarum.

8. Stone Garden, Situs Purbakala di Bandung yang Dijaga Kelestariannya


Stone Garden, Situs Purbakala di Bandung yang Dijaga Kelestariannya

Destinasi wisata anti mainstream terakhir di Bandung yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian adalah Stone Garden. Situs ini terletak dekat dengan Gua Pawon, tepatnya di Desa Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Stone Garden sendiri adalah sebuah situs purbakala yang terdiri dari berbagai batuan unik, seperti kerang laut atau bahkan fosil tumbuhan laut. Oleh karena itu, situs ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat dan sangat dijaga betul kelestariannya.

Demikian delapan destinasi wisata anti mainstream di Bandung yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kalian ingin mencari wisata kekinian di Jogja, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Selain itu, kalian bisa menyimak rekomendasi wisata museum yang ada di Surabaya berikut ini.

You can share this post!

Related Posts