Selain Angkringan, Jogja Punya 8 Wisata Kekinian yang Bikin Liburan Makin Seru
tempatwisata.co
Travel

Lokasi wisata di Yogyakarta seakan tak pernah habis. Setiap tahun selalu ada inovasi baru yang menarik wisatawan.

WowKeren - Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tujuan wisata saat liburan. Lokasi wisata di Jogja seakan tidak pernah habis. Bahkan selalu bertambah dan semakin menarik setiap tahunnya.

Jika berkunjung ke Jogja, kalian tidak boleh melewatkan beberapa wisata terkenal seperti Taman Sari, alun-alun Gunung Kidul, hutan pinus, Kalibiru, pantai Parangtritis, Candi Prambanan dan masih banyak lagi. Selain itu, jangan lupa untuk mampir ke angkringan yang terkenal di Jogja, ya.


Selain beberapa wisata yang sudah terkenal tersebut, Jogja kini memiliki destinasi liburan yang kekinian banget, lho. Mengambil foto di lokasi ini bakal keren banget buat feeds Instagram kalian.

Berikut 8 wisata kekinian di Jogja. Ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Pantai Watu Lumbung dengan Karang yang Eksotik


Pantai Watu Lumbung dengan Karang yang Eksotik

Jogja diketahui memiliki banyak wisata pantai. Salah satu pantai indah yang wajib banget kalian kunjungi di Jogja adalah Pantai Watu Lumbung. Lokasi wisata ini tepatnya berada di kabupaten Gunung Kidul dan berada di pedalaman.

Panorama dari Pantai Watu Lumbung yang terkenal adalah dua batu karang besar yang letaknya berada di area tengah pantai. Hal ini membuat batu karang tersebut tampak seperti pulau kecil yang indah. Dari ketinggian sebelum sampai di pantai, kalian sudah dapat melihat dua batu karang yang kabarnya berasal dari letusan gunung berapi zaman dulu.

Lokasi Pantai Watu Lumbung penuh dengan karang, jadi kalian harus berhati-hati saat ke lokasi ini. Biasanya wisatawan memanfaatkan lokasi ini untuk memancing atau sekedar hunting foto. Selain itu, banyak juga yang mendirikan tenda di pinggir pantai untuk bermalam menikmati keindahan Pantai Watu Lumbung.

2. Taman Gumuk Pasir Parangtritis yang Semakin Indah


Taman Gumuk Pasir Parangtritis yang Semakin Indah

Berkunjung ke Pantai Parangtritis sepertinya tak lengkap jika kalian belum mampir ke Taman Gumuk Pasir Parangtritis. Lokasi wisata ini sebenarnya sudah ada dan terkenal sejak lama karena spot foto yang menarik. Selain itu terdapat satu-satunya lokasi sandboarding di Asia Tenggara.

Taman Gumuk Pasir Parangtritis kini semakin populer berkat taman bunga berbentuk hati yang menghiasi lokasi tersebut. Pemandangan indah kebun bunga yang ditanam di pasir pantai ini membuat para wisatawan semakin ramai mengunjungi lokasi ini. Masyarakat Jogja sekali pun enggak bakal bosan menghabiskan waktu libur di sini.

Salah satu hal yang membuat Taman Gumuk Pasir Parangtritis banyak peminat adalah tiket masuk yang murah banget. Dengan Rp. 5 ribu per orang, pengunjung sudah dapat berfoto sepuasnya di lokasi wisata ini. Bagiamana? Tertarik ingin berkunjung?

3. Kebun Bunga Matahari Pantai Samas yang Pernah Dikunjungi Adipati Dolken


Kebun Bunga Matahari Pantai Samas yang Pernah Dikunjungi Adipati Dolken

Wisata taman bunga tak berhenti di situ, salah satu yang banyak menarik perhatian adalah Kebun Bunga Matahari di dekat Pantai Samas Bantul. Wisata ini sangat luas sehingga membuat hamparan bunga matahari yang cerah menyelimuti kawasan pantai tersebut.

Awalnya kawasan tersebut dikelola warga setempat untuk menanam bawang dan cabe. Bunga matahari kemudian ditanam untuk melindungi tumbuhan petani yang sering rusak dan rontok karena angin pantai. Namun ternyata bunga matahari semakin subur dan meluas membuat masyarakat tertarik untuk mengabadikannya.

Nama Kebun Bunga Matahari Pantai Samas Bantul semakin tersohor pada akhir 2017. Bahkan salah satu selebriti yang diketahui gemar fotografi, Adipati Dolken sempat mampir ke lokasi ini, lho.

4. Jurang Tembelan, Spot Foto di Atas Awan


Jurang Tembelan, Spot Foto di Atas Awan

Para traveler pasti tahu Desa Wisata Kalibiru yang terkenal dengan spot foto menarik, kan? Nah, Jurang Tembelan dapat dikatakan tidak jauh berbeda dari lokasi tersebut. Wisata ini terkenal dengan spot foto yang dibentuk menyerupai kapal di atas jurang.

Selain itu, Jurang Tembelan cocok banget buat kalian yang senang menyaksikan panorama keindahan matahari terbit. Tentunya harus datang sejak dini hari, ya. Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul. Membutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam dari pusat kota Jogja.

5. Teras Kaca Pantai Nguluran, wisata Sekaligus Uji Nyali


Teras Kaca Pantai Nguluran, wisata Sekaligus Uji Nyali

Pantai Nguluran kini memiliki wisata terbaru yang disambut antusias oleh para pengunjung. Pengelola membangun sebuah teras dengan lantai kaca yang membuat pengunjung dapat melihat langsung deburan ombak di bawahnya. Didominasi warna putih, lokasi ini terlihat keren banget bak wisata di luar negeri, lho. Apalagi dengan latar belakang lautan yang indah.

Rupanya, Teras Kaca Pantai Nguluran ini merupakan bagian dari pembangunan resort besar yang menghadap ke pantai. Namun, kalian tetap dapat berkunjung ke lokasi ini dengan membayar sekitar Rp. 5 ribu saja. Banyak spot foto lainnya juga, lho.

6. The Lost World Castle, di Lereng Gunung Merapi


The Lost World Castle, di Lereng Gunung Merapi

The Lost World Castle merupakan lokasi wisata yang dibangun di kawasan lereng Gunung Merapi bahkan masuk dalam Kawasan Rawan Bencana atau Zona Merah. Lokasi ini dikelilingi oleh benteng besar sehingga terkadang disebut juga dengan Benteng Takeshi.

Nah, kalian perlu tahu bahwa wahana di lokasi wisata ini memanfaatkan batu sisa dari erupsi dulu sebagai bahan bakunya, lho. Nama "The Lost World Castle" sendiri diambil karena hilangnya sebagian kawasan Desa Kepuharjo saat letusan Merapi pada 2006 lalu.

The Lost World Castle menyediakan panorama alam yang sangat indah. Selain itu terdapat banyak spot foto menarik yang kekinian banget, deh. Ada juga lukisan 3D trik buat menambah feeds Instagram kalian. Kece banget, kan?

7. Berkemah di Pantai Ngrumput, Gunungkidul


Berkemah di Pantai Ngrumput, Gunungkidul

Ingin merasakan sensasi berkemah di tepi pantai? Pantai Ngrumput sepertinya bakal jadi tempat yang paling pas. Meski tak memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir putih yang luas mengikuti lekuk tebing dan bukit kehijauan.

Nah, wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahan Pantai Ngrumput biasanya membangun tenda dengan biaya Rp 15 ribu saja. Uang yang dibayarkan pada penduduk sekitar digunakan untuk memelihara kebersihan dan fasilitas di lokasi tersebut.

Pantai Ngrumput akan semakin ramai dengan tenda pengunjung saat hari libur atau malam tahun baru. Tenda warna-warni akan menghiasi pinggir pantai dan menjadi spot foto menarik.

8. Seribu Batu Songgo Langit yang Punya Rumah Hobbit


Seribu Batu Songgo Langit yang Punya Rumah Hobbit

Seribu Batu Songgo Langit memiliki konsep yang mirip dengan Hutan Pinus Magunan. Sesuai dengan namanya yang memiliki arti "Seribu Batu yang Menopang Langit", di lokasi ini terdapat ribuan batu yang sangat indah.

Selain itu, Seribu Batu Songgo Langit juga menyediakan banyak spot foto. Mulai dari gardu pandang, bebatuan besar, pepohonan indah dan rimbun, Rumah Hobbit dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini juga memiliki wahana flying fox, lho. Kalian cukup membayar Rp. 15 ribu saja.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait