Sebagai Pusat Kota 8 Alun-Alun di Indonesia ini Setara Tempat Wisata
Travel

Tidak harus merogoh kocek dalam untuk mengunjungi tempat wisata, bermain ke alun-alun kota saja tidak kalah menariknya.

WowKeren - Kota-kota di Indonesia selalu memiliki cara tersendiri dalam menarik minat pengunjung. Hal itu tentu juga menguntungkan bagi keuangan daerah tersebut. Tak heran pembangunan semakin digalakkan untuk menghadirkan sesuatu yang baru sekaligus menarik minat wisatawan lokal (dari kota tersebut) maupun wisatawan dari kota lain.

Biasanya kota-kota tersebut akan membangun sebuah kawasan khusus wisata yang tentunya akan sangat ramai saat akhir pekan. Selain itu pemerintah setempat juga akan memperhatikan sarana dan prasarana yang ada untuk menuju lokasi wisata tersebut. Seperti misalnya memperhitungkan kemacetan. Selain membuat lokasi wisata, pemerintah juga membangun alun-alun kota sebagai pusat kota dan landmark.


Beberapa alun-alun yang ada di Indonesia ini bahkan layaknya tempat wisata dengan berbagai keindahan yang disuguhkan. SImak yuk daftarnya.

1. Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur


Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur

Berbicara mengenai alun-alun yang memiliki keindahan di Indonesia, Kota Batu tidak boleh ketinggalan. Kota yang terkenal dengan hawa dinginnya ini memiliki segudang tempat wisata edukasi yang bisa menjadi pilihan saat liburan maupun akhir pekan. Bukan hanya tempat wisatanya saja yang sangat menarik perhatian banyak wistawan namun juga alun-alunnya yang beda dan lain daripada yang lain. Biasanya alun-alun kota hanya dihiasi oleh taman dan kolam lengkap dengan air mancur serta tempat duduk untuk para pengunjung.

Sedangkan di Batu, kalian juga bisa menikmati untuk menaiki wahana bianglala. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal, bahkan tidak lebih dari Rp 5 ribu. Saat malam, juga banyak pegiat seni Batu yang menyuguhkan aksi atraktifnya pada pengunjung. Jadi bisa kalian bayangkan bagaimana ramainya pengunjung di sana setiap harinya. Jika lapar, kalian juga tidak perlu khawatir karena di sekitar Alun-alun terdapat banyak penjual makanan, mulai pedagang kaki lima hingga kafe.

2. Alun-Alun Kota Bandung, Jawa Barat


Alun-Alun Kota Bandung, Jawa Barat

Berbicara soal pariwisata dan tempat yang memesona tak lengkap rasanya jika tidak menyebut Bandung. Kota yang mendapat julukan Paris van Java ini juga memiliki banyak tempat wisata buatan. Selain itu, beberapa pembangunan yang kini digalakkan, menyuguhkan visual yang benar-benar menyejukkan mata. Salah satunya adalah alun-alun kotanya yang letknya satu halaman dengan Masjid Raya Bandung.

Letak dari alun-alun ikonik ini di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung. Disebut ikonik karena jika dilihat dari atas, alun-alun ini layaknya sebuah lapangan yang sangat luas berwarna hijau. Selain itu pengunjung tidak diperkenankan menggunakan alas kaki saat menginjak karpet hijau tersebut. Selain itu, ada pula wahana bermain anak serta beberapa fasilitas olah raga.

3. Alun-Alun Kota Pontianak, Kalimantan Barat


Alun-Alun Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Jika biasanya di tengah alun-alun kota terdapat kolam beserta air mancurnya. Di Pontianak kalian bisa mendapatkan lebih daripada itu. Sebab mata akan dimanjakan dengan pemandangan dari tepi laut Sungai Kapuas. menghabiskan waktu sore hari di tempat ini adalah waktu yang tepat. Selain dapat melihat terbenamnya matahari yang meninggalkan rona merah pada langit. Serta pergantian hari menuju malam dengan kerlipan lampu taman semakin menambah Taman yang terletak di pusat Kota Pontianak ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga Pontianak. Menikmati pemandangan sungai yang membelah Kota Pontianak ini sambil duduk santai dan menikmati sajian kuliner khas Pontianak menjadi saat menyenangkan saat berada di taman ini.

Untuk menuju taman ini pengunjung dapat menempuh beberapa alternatif transportasi yang sangat mudah. Letaknya yang berada di pusat kota menjadikan taman ini begitu mudah untuk diakses. taman ini juga merupakan Waterfront City bagi pemerinta kota Pontianak karena memiliki arsitektur yang dibuat nyaman untuk pengunjung. Replika Tugu Khatulistiwa yang merupakan bangunan kebanggaan warga Pontianak juga bisa pengunjung lihat di taman ini. Alun-alun ini telah direnovasi selama tiga kali. Pertama di tahun 1999, kemudian renovasi taman pada 2011. Kemudian tahun 2012 pemerintah kota Pontianak melakukan renovasi di beberapa sektor seperti penambahan air mancur.

4. Alun-Alun Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan


Alun-Alun Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Hampir sama dengan alun-alun di kota Pontianak yang terletak di pinggir sungai Kapuas. ALun-alun Kabupaten bentaeng, Sulawesi Selatan berada di pinggir pantai. Sehingga tempat ini layaknya tempat pariwisata yang harus menjadi tujuan utama. Alun-alun ini memang meyatu dengan Pantai Seruni yang begitu indah.

Pantai Seruni adalah sebuah pantai yang dahulunya hanyalah sebagai pelabuhan nelayan. Walaupun pantai ini seolah tak menawarkan rekreasi pantai dan pemandian, namun pemandangan laut dan bangunan alun-alun ini layak untuk diabadikan menjadi sebuah foto yang bersejarah.

5. Alun-Alun Kota Lumajang, Jawa Timur


Alun-Alun Kota Lumajang, Jawa Timur

Alun-alun kota Lumajang ini semakin hari semakin cantik saja dengan warna hijau yang sangat mendominasi. Sekilas mata memandang pasti akan memberikan efek sejuk dan sangat nyaman bila berada di bawah teduhnya pohon-pohon di sana. Selain menawarkan kerindangan dari beberapa pepohonannya, Alun-alun Lumajang juga memiliki air terjun menari yang kerap menjadi tontonan yang sangat dinantikan oleh para pengunjung.

Dilansir dari laman Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Lumajang berupaya mewujudkan "Lumajang Berseri". Tak heran jika pemerintah begitu getol mewujudkan dan merealisasikan visi "Terwujudnya Lumajang yang Hijau, Bersih, Sehat, Rapi, Indah sehingga nyaman untuk dihuni." Salah satu yang telah dilakukan adalah berupaya meningkatkan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau.

6. Alun-Alun Tenggarong-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur


Alun-Alun Tenggarong-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Kalimantan memang begitu dikenal dengan banyaknya wisata air karena lokasinya dengan sungai terpanjang di Indonesia. Kali ini di bagian Kalimantan Timur yaitu alun-alun Tenggarong yang juga terletak di pinggir sungai.

Pemandangan alun – alun di Kota Tenggarong ini sangat istimewa dan sangat indah. Di tempat ini kita bisa melihat rest area yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai dan beristirahat sambil menikmati sejuknya udara yang ada di alun – alun di Kota Tenggarong.

7. Alun-Alun Bukittinggi, Sumatera Barat


Alun-Alun Bukittinggi, Sumatera Barat

Alun-alun Bukittingi, Sumatera Barat ini juga dikatakan unik karena terdapat menara jam yang terkenal dengan sebutan Jam Gadang. Menara ini sudah menjadi ikon dari Bukitiinggi yang sangat terkenal. Selain itu di alun-alun ini juga menawarkan fasilitas taman yang cukup luas dan indah.

8. Alun-Alun Kota Batam, Kepulauan Riau


Alun-Alun Kota Batam, Kepulauan Riau

Alun-alun kota Batam ini memiliki nama sendiri yaitu Engku Putri Batam dan terletk di pusat pemerintahan kota Batam. Jika mengunjungi alun-alun ini kalian juga bisa menyelesaikan berbagai macam administrasi yang berkaitan dengan kenegaraan. Pasalnya, alun-alun ini dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintah seperti Kantor Walikota, DPRD, PLN, Imigrasi, Kantor Bersama Samsat dan Bank Indonesia.

Alun-alun Engku Putri menawarkan banyak sekali fasilitas. Sehingga tak heran, jika alun-alun ini tak pernah sepi pengunjung. Tulisan "Welcome To Batam" yang berada di atas bukit seolah mengingtkan pada "Hollywood" yang terletak di Los Angeles, California. Selain menikmati keindahan dan kebersamaan dengan keluarga, kalian juga bisa menghabiskan waktu dengan berolahraga. karena di alun-alun tersebut disediakan lapangan futsal dan lapangan basket.

You can share this post!

Related Posts
Loading...