7 Rekomendasi Wisata Candi yang Berada di Jawa Tengah
dolanyok.com
Travel

Bosan dengan yang begitu-begitu saja? Yuk wisata sejarah dengan mengunjungi 7 candi di Jawa Tengah ini.

WowKeren - Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan peninggalan sejarah. Salah satunya yang masih dapat kita nikmati saat ini adalah candi.

Candi merupakan istilah dalam bahasa Indonesia yang merujuk pada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala. Candi biasanya berasal dari peradaban hindu dan budha.


Di masa kini, istilah untuk "candi" tidak hanya digunakan masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, tetapi juga banyak situs purbakala non-religius seperti istana atau kraton, pemandian, gapura dan masih banyak lagi.

Candi yang paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun, sebenarnya masih banyak lho candi di daerah tersebut yang dapat kalian kunjungi.

Berikut 7 candi di Jawa Tengah yang bisa masuk list liburan kalian. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Wasata Pemandian Air Hangat di Candi Umbul


Wasata Pemandian Air Hangat di Candi Umbul

Candi Umbul merupakan situs purbakala yang telah dibangun sejak masa Wangsa Syailendra. Candi ini berupa tempat pemandian air hangat. Menurut legenda, tempat ini digunakan sebagai pemandian putri raja seusai melakukan ritual di Candi Borobudur. Lokasinya berada di Jalan Candi Umbul, Grabag, Kartoharjo, Grabag, Magelang. Sekitar 17 KM dari Kopeng.

Nama Candi Umbul sendiri diambil dari bahasa Jawa "mumbul" yang artinya muncul. Hal tersebut disebabkan sumber mata air yang keluar dari dasar kolam menyembul seperti gelembung-gelembung.

Di pemandian air hangat ini terdapat dua kolam, satu yang lebih tinggi sementara lainnya rendah. Kolam yang rendah didominasi oleh anak-anak. Namun jangan kira kolam lainnya sepi, ya karena Candi Umbul selalu ramai oleh pengunjung.

Pihak pengelola rajin membersihkan air di dalam kolam karena ramainya pengunjung yang datang. Jadi kalian tidak perlu khawatir ya. Untuk menikmati wisata air panas di Candi Mumbul ini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7 ribu per-orang. Ekonomis banget, kan?

2. Kompleks Candi Dieng yang Memiliki Pemandangan Luar Biasa


Kompleks Candi Dieng yang Memiliki Pemandangan Luar Biasa

Daratan Tinggi Dieng mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Daerah ini sering juga disebut dengan Negeri Atas Awan karena pemandangannya yang menakjubkan. Banyak lokasi wisata di daerah ini seperti taman bunga Daisy di Gunung Prau hingga telaga beragam warna.

Tidak hanya wisata tersebut, kalian wajib mengunjungi Komplek Candi Dieng jika berada di daerah ini. Lokasinya sudah dibangun sedemikian rupa untuk memudahkan wisatawan berkunjung. Dari tempat parkir, kalian harus berjalan sekitar 150 meter untuk dapat melihat candi. Namun, tak perlu khawatir, jalanannya sudah rapi dengan batako dan pohon cemara yang indah di setiap sisinya.

Sesuai dengan namanya yakni Komplek Candi Dieng, kelian akan menemukan berbagai candi di sini. Sebut saja Candi Gatutkaca, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Arjuna dan masih banyak lagi yang dapat kalian nikmati keindahannya.

Selain menikmati situs purbakala, kalian juga akan kagum dengan pemandangan gunung dan kebun di sekitaran Komplek Candi Dieng. Anak-anak kecil juga akan terhibur dengan adanya badut dari tokoh kartun.

3. Candi Gedong Songo dengan Banyak Spot Foto Menarik


Candi Gedong Songo dengan Banyak Spot Foto Menarik

Jika menyebut wisata di Semarang, yang langsung terlintas dalam pikiran adalah Lawang Sewu. Padahal banyak banget lokasi wisata di kota ini dikembangkan dan asik banget, lho. Salah satunya adalah Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo berarti sembilan bangunan candi. Sembilan candi tersebut menyebar di kawasan wisata dengan panorama bukit yang hijau nan indah. Candi ini berada di area selatan lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 m di atas pemukaan laun, maka tak heran kalau suhu di wisata tersebut cukup dingin.

Jarak dari satu candi ke candi lainnya cukup jauh. Kalian mungkin butuh energi lebih untuk melakukan perjalanan ke total sembilan candi tersebut. Rutenya juga cukup beragam, ada yang menanjak dan menurun, jadi kalian harus berhati-hati ya.

Pada Juli 2018 lalu, sebuah tempat wisata yakni Ayana Gedung Songio dibangun di komplek yang sama dengan candi tersebut. Wisata satu ini menghadirkan berbagai spot foto yang modern dan Instagramable banget, deh.

4. Candi Sewu yang Terlupakan, Tak Jauh dari Candi Prambanan


Candi Sewu yang Terlupakan, Tak Jauh dari Candi Prambanan

Mungkin kalian banyak yang tidak mengetahui soal Candi Sewu. Padahal candi ini berada di Komplek Candi Prambanan, lho. Candi yang sebenarnya merupakan komplek candi Budha terbesar kedua ini terletak 800 meter di utara Candi Prambanan.

Candi Sewu memiliki 249 bangunan candi yang diatur dalam pola Mandala sebagai ekspresi pandangan alam semesta dalam Budha Mayapada. Candi utamanya memiliki ukuran diameter 29 meter dengan tinggi hingga 30 meter.Candi utama memiliki lima kamar, satu Garbhagriha besar di tengah dan empat kamar kecil di setiap arah mata angin.

Keberadaan Candi Sewu yang tidak jauh dari Candi Prambanan menunjukkan pada kita bahwa masyarakat Budha dan Hindu pada zaman dahulu hidup berdampingan dengan damai. Dengan mengunjungi wisata Candi Sewu ini kalian akan belajar banyak sejarah dan budaya. Berbagai relief yang menjadi simbol agama ini memberikan pelajaran sejarah penting tentang kehidupan dimasa Dinasti Sailendra.

Keberadaannya yang jarang diketahui oleh wisatawan membuat candi ini tak se-populer Candi Prambanan. Padahal, pemandangan dari Candi Sewu pun tak kalah indah dari yang lainnya. Kalian akan menikmati kemegahan candi tersebut di bawah pohon yang rindang. Selain itu, pada sore hari, sinar matahari terbenam akan menerobos di sela-sela bangunan candi menciptakan suasana yang luar biasa.

5. Candi Ratu Boko yang Terkenal dengan Keindahan Sunset


Candi Ratu Boko yang Terkenal dengan Keindahan Sunset

Wisata Candi Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Sebenarnya, situs ini bukan merupakan candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut dengan Kraton Ratu Boko.

Lokasinya berada di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 185,97 m di atas permukaan laut. Ratu Boko terkenal dengan keindahan pemandangan matahari tenggelam. Maka dari itu banyak wisatawan yang berkunjung pada sore hari untuk menantikan sunset.

Tiket wisata Candi Ratu Boko biasanya juga dijual di wisata candi lainnya seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Jadi kalian bisa mengambil paket wisata menuju tiga candi itu dengan harga yang lebih murah.

6. Candi Borobudur Situs Peninggalan Budha Terbesar


Candi Borobudur Situs Peninggalan Budha Terbesar

Siapa yang tidak mengetahui Candi Borobudur, situs peninggalan agama Budha yang pernah masuk dalam Tujuh Kejaiban Dunia. Candi ini dibangun pada tahun 824 dan memakan waktu sekitar 100 tahun pengerjaannya.

Candi Borobudur sepertinya jadi wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Jawa Tengah khususnya Magelang. Setiap orang pasti ingin melihat kemegahan candi ini secara langsung, tidak hanya dari buku sejarah.

Lokasinya yang berada dikelilingi oleh gunung yakni Gunung Merbabu di sebelah timur, Gunung Merapi di sebelah barat laut, Gunung Sumbing di sebelah selatan, dan Gunung Sindoro di sebelah utara membuat pemandangan di lokasi wisata ini sangat indah. Apalagi jika sudah berada di puncak. Namun, sinar matahari di kawasan tersebut tetap menyengat.

7. Candi Prambanan, Salah Satu Warisan Dunia


Candi Prambanan, Salah Satu Warisan Dunia

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga menjadi salah satu yang terkenal di Indonesia. Candi ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Komplek yang terdiri dari beberapa candi ini merupakan peninggalan keagamaan Hindu.

Kalian pasti ingat kisah Roro Jonggrang yang dilamar oleh Bandung Bondowoso, kan? Nah, Candi Prambanan ini merupakan syarat Roro Jonggrang pada Bandung Bondowoso untuk mau dinikahi. Namun, Bandung Bondowoso tidak berhasil membuat 1.000 candi tersebut.

Berkunjung ke Candi Prambanan, kalian dapat melakukan banyak hal menarik. Selain mendapat pengetahuan sejarah, kalian bisa mengambil banyak foto yang apik. Pasalnya komplek ini memiliki banyak spot foto menarik. Selain itu, tersedia museum yang berisi banyak peninggalan dari zaman dulu.

You can share this post!

Related Posts