Candi Sewu yang Terlupakan, Tak Jauh dari Candi Prambanan
Travel

Bosan dengan yang begitu-begitu saja? Yuk wisata sejarah dengan mengunjungi 7 candi di Jawa Tengah ini.

WowKeren - Mungkin kalian banyak yang tidak mengetahui soal Candi Sewu. Padahal candi ini berada di Komplek Candi Prambanan, lho. Candi yang sebenarnya merupakan komplek candi Budha terbesar kedua ini terletak 800 meter di utara Candi Prambanan.

Candi Sewu memiliki 249 bangunan candi yang diatur dalam pola Mandala sebagai ekspresi pandangan alam semesta dalam Budha Mayapada. Candi utamanya memiliki ukuran diameter 29 meter dengan tinggi hingga 30 meter.Candi utama memiliki lima kamar, satu Garbhagriha besar di tengah dan empat kamar kecil di setiap arah mata angin.

Keberadaan Candi Sewu yang tidak jauh dari Candi Prambanan menunjukkan pada kita bahwa masyarakat Budha dan Hindu pada zaman dahulu hidup berdampingan dengan damai. Dengan mengunjungi wisata Candi Sewu ini kalian akan belajar banyak sejarah dan budaya. Berbagai relief yang menjadi simbol agama ini memberikan pelajaran sejarah penting tentang kehidupan dimasa Dinasti Sailendra.

Keberadaannya yang jarang diketahui oleh wisatawan membuat candi ini tak se-populer Candi Prambanan. Padahal, pemandangan dari Candi Sewu pun tak kalah indah dari yang lainnya. Kalian akan menikmati kemegahan candi tersebut di bawah pohon yang rindang. Selain itu, pada sore hari, sinar matahari terbenam akan menerobos di sela-sela bangunan candi menciptakan suasana yang luar biasa.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait