Heboh Ajakan Serbu Pantai Parangtritis Pakai Baju Hijau dan Tantang Nyi Roro Kidul, Ini Faktanya
SerbaSerbi

Undangan yang mengajak ribuan orang untuk menyerbu Pantai Parangtritis, Yogyakarta, dengan mengenakan baju hijau viral di Facebook. Hingga Sabtu (20/7), sudah ada 6 ribu orang yang berencana hadir.

WowKeren - Baru-baru ini, pengguna media sosial Facebook dihebohkan dengan sebuah ajakan yang tak biasa. Pasalnya, undangan tersebut mengajak ribuan orang untuk menyerbu Pantai Parangtritis, D.I. Yogyakarta, dengan menggunakan baju berwarna hijau.

Acara tersebut berjudul "Ayo ribuan orang serbu sapu ParangTritis pakai baju hijau" dan dijadwalkan pada 24 September 2019 mendatang. Ajakan ini diinisiasi oleh Alfi Syahr dan Andri Kamajaya.


Hingga Sabtu (20/7), sudah ada 6 ribu orang yang berencana hadir dan 13 ribu yang merasa tertarik. "Karena Area 51 terlalu jauh, kita pilih spot lain yang sama menantangnya.. Kita sebut saja Area +62. Katanya pakai baju hijau ke parangtritis bisa ngilang. Apakah kalau ribuan orang yang pakai akan seperti dijentik Thanos?" demikian kutipan rincian acara tersebut.

Ajakan ini tentu menghebohkan lantaran menurut mitos setempat terdapat sosok Nyi Roro Kidul, sang penguasa laut selatan Pulau Jawa. Pengunjung pun dilarang menggunakan pakaian hijau, yang notabene adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Ajakan "serbuan" tersebut rupanya hanyalah guyonan semata. Alfi sang inisiator mengaku terinspirasi dari meme "Storm Area 51" yang viral di Amerika Serikat.

Pantai Parangtritis

Facebook

Meme Storm Area 51 merupakan guyonan yang mengajak warga AS untuk menyerbu pangkalan militer rahasia AS di Nevada. Tidak ada yang benar-benar tahu apa isi Area 51 ini. Oleh sebab itu, banyak rumor yang mengatakan bahwa Area 51 adalah tempat untuk menyembunyikan alien.

Awalnya, warganet AS yang bernama Matty Roberts membuat undangan guyonan untuk menyerbu Area 51. Undangan tersebut pun viral dan menjadi meme yang digunakan banyak orang.

Meme Storm Area 51 tersebut yang menginspirasi Alfi untuk membuat ajakan "menyerbu Pantai Parangtritis". Alfi sengaja memilih Pantai Parangtritis lantaran mitos Nyi Roro Kidul hampir sama dengan rumor alien di Area 51.

"Saya minta maaf," tutur Alfi dilansir Kumparan pada Sabtu (20/7). "Karena niatnya seperti meme Storm Area 51 itu."

Menurut Alfi, orang-orang yang telah menyatakan ingin hadir dan tertarik pasti akan melupakan guyonannya seiring berjalannya waktu. Ia pun menjamin bahwa tidak akan ada satu orang pun yang benar-benar datang mengenakan pakaian hijau.

"Karena begini, meme Storm Area 51 itu juga dijadwalkan tanggal 20 September 2019. Nah saya buat ke Parangtritis tanggal 22 September 2019. Dan saat tanggal segitu pun orang sudah lupa dengan ajakan bercandaan saya di Facebook," jelas Alfi. "Sekali lagi saya minta maaf. Saya akan membuat klarifikasi. Saya menghormati kearifan lokal di sana (Parangtritis)."

You can share this post!

Related Posts
Loading...