Intip 7 Tips Internet Sehat Untuk Anak Agar Buah Hati Terhindar Dari Bahaya Dunia Maya
Tekno

Internet memang punya dampak positif yang luar biasa di kehidupan kita. Tapi internet tentu juga punya sisi negatif yang perlu dihindari, khususnya untuk anak-anak.

WowKeren - Internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Hal ini karena kemudahan akses internet, kita jadi bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang diinginkan. Tak hanya orang dewasa yang mampu berselancar bebas di dunia maya, anak-anak sekarang pun terbiasa akan paparan internet.

Internet memang punya dampak positif yang luar biasa di kehidupan kita. Tapi juga punya sisi negatif yang perlu dihindari, khususnya untuk anak-anak. Orang tua wajib melindungi anak dari bahaya internet melalui internet sehat yang diterapkan mulai dari rumah.


Hal ini sangatlah penting mengingat perkembangan internet sekarang sudah merambah ke segala umur. Jika anak kecil dibiarkan begitu saja menggunakan internet tanpa aturan, maka bisa menjerumuskan anak itu sendiri. Salah satunya adalah konten dewasa dan konten kekerasan yang sangat dilarang bagi anak dalam masa usia yang masih dini.

Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips berinternet sehat untuk anak. Dengan tips-tips ini anak-anak akan terhindar dari sisi buruk internet termasuk berbagai konten dewasa dan berbahaya. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tetapkan Beberapa Aturan Sebelum Memberi Akses Internet Pada Anak


Tetapkan Beberapa Aturan Sebelum Memberi Akses Internet Pada Anak

Orang tua tidak boleh membiarkan begitu saja penggunaan internet untuk anak, buat aturan yang jelas dan tegas mengenai penggunaan internet agar tidak menjerumuskan anak. Tentukan apa saja yang boleh dilakukan, kapan waktunya, dan berapa lama.

Tetapkan beberapa aturan seperti hanya mengakses internet jika ada orangtua atau pengasuh yang mendampingi. Selain itu, imbau anak agar tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Beri tahu juga bahwa tidak boleh memberikan data pribadi kepada orang asing dan minta mereka segera melapor ke orangtua jika mendapat perlakuan tidak menyenangkan di dunia maya.

2. Sebisa Mungkin Selalu Dampingi Saat Anak Menggunakan Internet


Sebisa Mungkin Selalu Dampingi Saat Anak Menggunakan Internet

Anak kecil tentu belum paham benar tentang baik dan buruknya internet. Oleh karena itu mereka harus didampingi ketika browsing supaya bisa menyaring dan memberi pemahaman tentang apa saja yang dilihat atau dibacanya. Selain itu, Memberikan pendampingan saat anak berinternet juga bisa membuat orang tua melihat bakat dan minat anak dari situs yang sering dikunjungi anak saat bermain gadget.

Begitu pula saat mengerjakan tugas. Perlahan, ketika anak sudah menginjak pra-remaja dan mulai bisa membedakan baik buruk serta paham bagaimana harus bersikap ketika menemukan hal yang buruk di internet. Ketika sudah seperti itu, para orang tua sudah bisa melepas putra putrinya untuk mengakses internet sendiri.

3. Letakkan Komputer Di Ruang Keluarga Agar Semua Kegiatan Dunia Maya Terpantau


Letakkan Komputer Di Ruang Keluarga Agar Semua Kegiatan Dunia Maya Terpantau

Salah satu upaya agar setiap aktivitas dunia maya anak terpantau adalah meletakkan komputer atau PC di ruang utama keluarga. Letakkan layarnya komputer sedemikian rupa agar menghadap ke arah kita untuk mampu mengawasi apa yang sedang dibuka oleh anggota keluarga.

Selain itu, tetapkan aturan pada anak juga bahwa mereka hanya boleh menggunakan internet lewat handphone di ruang keluarga tersebut. Dengan begitu, semua kegiatan mereka di dunia maya akan lebih terpantau oleh orang dewasa baik orang tua atau saudara mereka.

4. Batasi Waktu Bermain Internet Anak Agar Tidak Kecanduan


Batasi Waktu Bermain Internet Anak Agar Tidak Kecanduan

Saat anak bermain internet, para orang tua juga wajib mengatur durasi waktunya. Anak-anak di bawah usia 2 tahun, sebaiknya sama sekali tidak diperkenankan menggunakan gadget/internet. Sedangkan untuk diatas 2 tahun sudah mulai diperbolehkan bermain gadget/internet dengan memberikan batasan waktu sesuai tingkat usianya.

Selain mengurangi pengaruh buruk internet, memberi batasan waktu juga bisa membuat anak menjadi tidak kecanduan gadget. Ajaklah anak untuk beraktivitas bersama seperti berolah raga atau sekedar mengobrol bareng. Aktivitas ini bisa membuat anak lebih tahan fisik ketimbang hanya duduk sambil bermain gadget.

5. Berikan Anak Alasan dan Penjelasan Mengenai Bahaya Internet Di Luar Sana


Berikan Anak Alasan dan Penjelasan Mengenai Bahaya Internet Di Luar Sana

Sebelum memberikan akses internet pada anak, para orang tua sebaiknya memberikan penjelasan mengenai efek baik dan buruk internet. Sebaiknya lakukan komunikasi yang terbuka dan positif dengan anak. Sang ibu harus bersikap terbuka menanggapi pernyataan dan keingintahuan anak tentang komputer dan internet.

Dengan komunikasi yang tepat, anak mendapat pemahaman yang jelas dan benar tentang bagaimana menggunakan fasilitas internet sehingga dampak negatifnya bisa dikurangi. Selain itu, sering komunikasi juga akan menjalin rasa percaya anak sehingga mereka tidak akan diam-diam mengakses konten yang tidak perlu.

6. Ajarkan Literasi Media Pada Anak Sejak Dini Agar Tidak Terpengaruh


Ajarkan Literasi Media Pada Anak Sejak Dini Agar Tidak Terpengaruh

Orang tua tentu tidak bisa selalu ada di dekat anak untuk mengawasi kegiatannya di dunia maya. Jadi lebih baik ajak anak untuk literasi media sehingga memahami mana saja konten yang positif, netral, dan negatif. Tanamkan rasa disiplin dan tanggung jawab dalam berinternet, sehingga anak-anak memiliki kekebalan dan mengetahui konten mana yang boleh dan tidak boleh dia akses.

7. Aktifkan Software Parental Control Untuk Memblokir Situs Berbahaya Untuk Anak


Aktifkan Software Parental Control Untuk Memblokir Situs Berbahaya Untuk Anak

Beberapa sistem operasi seperti Windows maupun Mac sudah dilengkapi dengan fitur parental control. Fitur ini bisa diaktifkan untuk melindungi anak dari hal-hal negatif di internet. Selain itu, orang tua juga bisa instal aplikasi pihak ketiga, untuk memblokir konten tertentu. Seperti konten dewasa dan konten kekerasan, hal ini penting karena tidak setiap waktu orang tua bisa mengawasi anak secara langsung.

Kalian juga bisa melihat tips berlibur bersama anak di artikel berikut ini. Selain itu juga, kalian bisa menyimak bahaya ketika menggunakan wifi publik di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru