Anak Kecanduan Gadget? Tetap Tenang dan Jangan Panik, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengatasinya
Tekno

Menghentikan anak dari kecanduan gadget bukan perkara yang mudah dan tentunya membutuhkan waktu cukup lama. Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orangtua jika memiliki anak yang kecanduan gadget.

WowKeren - Di era modern seperti saat ini, hampir setiap orang sudah memiliki gadget, terutama ponsel atau smartphone. Tanpa disadari, beberapa orang bahkan merasa ketergantungan dan tidak bisa lepas dari gadget. Karena itu, mereka hampir selalu membawa gadget kemanapun mereka pergi.

Mirisnya, saat ini tidak hanya orang dewasa yang tidak bisa lepas dari gadget, tapi juga anak-anak di usia yang masih sangat belia. Hal ini tentu tidak baik, karena anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu wajar, memiliki risiko kesehatan serius yang bisa mematikan. Karena gadget bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental bahkan fisik anak-anak.


Padahal anak-anak seharusnya aktif bergerak, menjelajahi lingkungan, berinteraksi dengan teman seusianya. Dan jika dia terlalu fokus pada gadget, kemampuan anak untuk bersosialisasi bisa terganggu. Dengan demikian, kecanduan gadget bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anak-anak.

Sebagai orangtua, tentunya kita perlu menghentikan masalah ini demi perkembangan anak yang lebih baik di masa depan. Meski mengatasi masalah anak yang kecanduan gadget tidak mudah dan butuh waktu cukup lama, orangtua tetap harus berupaya demi kebaikan anaknya. Nah tim WowKeren telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan para orangtua untuk menghentikan anak yang kecanduan gadget. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pertama, Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak dan Terapkan Jadwal yang Pasti


Pertama, Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak dan Terapkan Jadwal yang Pasti

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. Orangtua hendaknya mengatur kembali waktu anak dalam bermain gadget dan kurangi frekuensinya secara bertahap.

Penghentian sekaligus hanya akan membuat anak memberontak dan marah besar. Coba kurangi secara perlahan, misal dari biasanya 8 jam sehari, jadi 6 jam sehari selama satu minggu. Lalu kurangi dua jam lagi di minggu berikutnya. Dan tetapkan batas anak bermain gadget maksimal 2 jam sehari.

Dan ingat, jangan meletakkan gadget sembarangan hingga bisa terjangkau dengan mudah oleh anak. Pastikan juga area kamar tidur anak-anak bebas dari gadget ya.

2. Orangtua Perlu Mengawasi dan Mendampingi Anak-Anak Saat Bermain Gadget


Orangtua Perlu Mengawasi dan Mendampingi Anak-Anak Saat Bermain Gadget
The Washington Post/Sarah L. Voisin

Langkah kedua yang perlu dilakukan orangtua saat anaknya kecanduan gadget adalah selalu mengawasi dan mendampingi. Karena dengan demikian, kalian bisa mengontrol apa yang dilakukan anak dengan gadgetnya.

Kalian bisa mengajak anak-anak untuk menyaksikan video maupun kanal khusus untuk anak-anak. Selain itu, blokir situs atau atau video yang tidak pantas dan mengandung konten dewasa. Orangtua juga bisa mengajak anak-anak melakukan permainan yang edukatif di gadget.

Dan sebaiknya pasang alarm atau pengingat untuk membatasi waktu anak-anak menggunakan gadget. Hal ini memang tidak mudah, namun sebaiknya orangtua bersikap tegas dan tidak mudah terpengaruh dengan rengekan anak-anak.

3. Jadilah Panutan yang Baik Jika Ingin Anak Bebas dari Kecanduan Gadget


Jadilah Panutan yang Baik Jika Ingin Anak Bebas dari Kecanduan Gadget

Pada dasarnya anak-anak kerap meniru perilaku orang dewasa yang ada di sekitarnya, termasuk orangtua. Jadi jangan salahkan anak yang betah lama bermain gadget, kalau kita sendiri menggunakan gadget non-stop.

Karena itu jika ingin mengendalikan anak yang bermain gadget, coba untuk mengendalikan diri sendiri terlebih dahulu. Caranya mudah, jangan sampai kita berlama-lama bermain gadget, apalagi di depan anak. Cukup gunakan gadget seperlunya saja.

Alih-alih bermain gadget, kalian bisa menghabiskan waktu dengan anak. Misalnya dengan sekedar mendengarkan perkataannya, maupun melakukan permainan yang menyenangkan dan edukatif.

4. Jika Si Kecil Kecanduan Gadget, Ajak Dia Bermain dengan Teman Sebayanya


Jika Si Kecil Kecanduan Gadget, Ajak Dia Bermain dengan Teman Sebayanya

Bisa jadi anak-anak kecanduan bermain gadget karena tidak memiliki aktivitas yang menyenangkan dengan teman sebaya. Mungkin juga karena dia hampir selalu terkurung di rumah dan menjadikan gadget sebagai pelariannya.

Karena itu, jika ingin menghentikan kecanduan gadget pada anak, ajak mereka untuk bergaul atau bermain dengan teman sebayanya. Sebagai orangtua, kalian juga bisa mengundang teman-temannya bermain ke rumah atau mengajak anak mengunjungi rumah temannya.

Saat anak bersosialisasi dengan orang lain, maka dia akan sibuk dengan teman-temannya itu dan mulai melupakan gadget. Selain itu, usahakan untuk memberikan dorongan pada mereka agar aktif bermain, seperti bermain sepak bola, petak umpet dan sebagainya.

5. Sibukkan Anak-Anak dengan Berbagai Aktivitas Agar Mereka Lupa Pada Gadget


Sibukkan Anak-Anak dengan Berbagai Aktivitas Agar Mereka Lupa Pada Gadget

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anak-anak membutuhkan kesibukan lain agar bisa lepas dari gadget. Jika sebelumnya orangtua perlu mengajak anak-anak bersosialisasi dengan teman sebaya, maka kali ini mereka perlu menyediakan berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak.

Tapi usahakan agar aktivitas itu cukup menarik, sehingga anak lebih memilih melakukannya daripada bermain gadget. Misalnya, kalian bisa menyediakan alternatif permainan pengganti yang menyenangkan. Sebaiknya permainan itu sarat dengan interaksi, komunikasi, kerja sama dan lain-lain. Misalnya bermain kartu UNO, monopoli, lompat tali, petak umpet, dan berbagai permainan edukatif lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa mengajak anak belajar bersama. Tapi ingat, lakukan dengan santai agar anak bisa bersenang-senang. Misalnya menggambar, mewarnai dan masih banyak lagi. Tinggal kitanya saja yang harus pintar-pintar memilih aktivitas menyenangkan apa untuk anak.

6. Berikan Hadiah Pada Anak Jika Mereka Berhasil Mengurangi Frekuensi Penggunaan Gadget


Berikan Hadiah Pada Anak Jika Mereka Berhasil Mengurangi Frekuensi Penggunaan Gadget

Dalam mendidik anak, ada baiknya untuk menggunakan cara yang lembut dan menyenangkan. Begitupun saat kalian berusaha menghentikan anak dari kecanduan gadget.

Setelah melakukan berbagai upaya di atas, anak mungkin akan merasa sedih karena frekuensinya untuk bermain gadget telah berkurang. Untuk menenangkan mereka, kalian bisa memberikan hadiah, sehingga anak akan merasa terhibur.

Hadiah yang diberikan tidak harus yang mahal atau mewah. Misalnya, pelukan, ciuman ataupun acungan jempol. Selain itu, sesekali kalian juga bisa memberikan mereka hadiah berupa barang yang diinginkan atau membuatkan makanan, camilan maupun minuman favorit mereka.

7. Jika Cara-Cara Di Atas Tak Berhasil Untuk Menangani Anak yang Kecanduan Gadget, Datangi Ahlinya Saja


Jika Cara-Cara Di Atas Tak Berhasil Untuk Menangani Anak yang Kecanduan Gadget, Datangi Ahlinya Saja

Jika orangtua sudah melakukan berbagai cara di atas namun tak juga berhasil menghentikan anak kecanduan gadget, maka orangtua sebaiknya mendatangi ahlinya. Entah itu psikolog, psikiater atau dokter yang berkaitan.

Pasalnya anak bisa memiliki berbagai sikap dan temperamen yang buruk jika sudah kecanduan gadget. Misalnya semakin sulit diatur, sering mengamuk bila gadgetnya diambil dan menunjukkan perilaku buruk lainnya.

Saat orangtua datang untuk berkonsultasi, ahli akan mengobservasi penyebab anak kecanduan gadget. Mereka kemudian akan melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini.

Demikian tujuh tips yang bisa dilakukan para orangtua jika memiliki anak yang kecanduan gadget. Untuk kalian yang ingin berlibur bersama anak, sebaiknya simak 8 tips ini agar liburanmu berlangsung seru dan menyenangkan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya gadget bagi kesehatan.

You can share this post!

Related Posts