Ditawari Kursi Menteri, Risma Pilih Fokus Jadi Wali Kota Surabaya
Nasional

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa ia lebih memilih untuk menyelesaikan tugasnya sebagai wali kota Surabaya dan tidak pernah meminta jabatan apapun.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini angkat bicara menanggapi ramainya isu yang mengusulkan dirinya masuk sebagai kandidat menteri Joko Widodo alias Jokowi. Risma menegaskan bahwa dirinya tidak ingin masuk ke dalam kabinet.

Alasannya, dia ingin fokus untuk menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Surabaya. Ia mengatakan bahwa meskipun indeks kemiskinan sudah relatif turun di Surabaya, namun menurutnya hal itu masih belum cukup.

"Nggak (jika ditawarkan kursi menteri), aku kan masih belum selesai jadi wali kota," kata Risma di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Senin (19/8). "Jadi saya harus selesaikan dulu ya jadi wali kota. Ya karena apa pun lah, meskipun tinggal 2 persen kemiskinan, aku bisa nurunkan. Tapi kan tidak bisa kemudian aku tinggalkan itu. Jadi biar selesaikan dulu."


Terkait isu menjadi kandidat menteri, Risma mengaku belum ada yang memberikan tawaran. "Belum, siapa yang nawarin?" ujar Risma.

Meski demikian, jikalau pun ada yang menawarinya kursi menteri bukan berarti Risma akan menyetujuinya. Sebab, dirinya tidak pernah meminta jabatan ataupun posisi apapun. "Bukan gitu, aku tidak tahu. Ya karena aku tidak pernah minta jabatan itu. Karena itu nggak boleh, menurut aku itu, di agamaku tidak boleh minta itu (jabatan)," tegas Risma.

Selain menteri, Risma juga sempat disebut-sebut akan maju ke Pilkada Jatim. Kini, namanya juga digadang-gadang maju ke Pilkada DKI. Isu tersebut mencuat manakala DPRD DKI berkunjung ke Surabaya beberapa waktu lalu. Di sana mereka bertanya seputar penanganan sampah.

Risma sebagai wali kota dinilai mampu mengelola sampah di Surabaya dengan baik. Untuk diketahui, sebelumnya produksi sampah di Surabaya mencapai 3.600 ton perhari. Tapi sejak Risma menjadi wali kota pada 2010, produksinya turun menjadi 1.300 ton perhari.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait