Selain Menyuguhkan Pemandangan yang Super Indah, 8 Gunung Ini Juga Ramah Untuk Pendaki Pemula
Travel

Pendaki pemula tentu harus memperhatikan gunung mana yang akan ditaklukkan, agar bisa melakukan pendakian dengan aman. Nah, berikut adalah 8 gunung di Indonesia yang cocok dijelajahi oleh pendaki pemula.

WowKeren - Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di seluruh negeri, dari Sabang sampai Merauke. Hal ini karena posisi Indonesia sebagai negara kepulauan dan dikelilingi oleh cincin api.

Berbagai pemandangan yang menakjubkan juga kerap menghiasi gunung-gunung tersebut. Hal inilah yang kemudian menantang nyali para pendaki lokal maupun mancanegara untuk menaklukkan berbagai gunung di Indonesia.


Namun, mendaki gunung tentu menjadi kegiatan yang cukup sulit dilakukan oleh para pendaki pemula. Karena mendaki gunung membutuhkan kemampuan, ketahanan fisik dan pengalaman agar tak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karena itu, pendaki pemula membutuhkan gunung yang memiliki medan tidak terlalu ekstrem, agar mereka bisa melakukan pendakian dengan aman dan selamat. Nah mau tahu gunung apa saja di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Gunung Nglanggeran di Yogyakarta Sangat Cocok untuk Pendaki Pemula


Gunung Nglanggeran di Yogyakarta Sangat Cocok untuk Pendaki Pemula

Gunung pertama yang cocok dijelajahi oleh pendaki pemula adalah Gunung Nglanggeran yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung yang dikategorikan sebagai gunung api purba ini sendiri memiliki ketinggian 700 mdpl.

Medan gunung ini sendiri sangat landai, sehingga cocok untuk pendaki pemula yang tidak memiliki banyak pengalaman. Pendaki bahkan hanya butuh waktu kurang lebih dua jam untuk bisa sampai di puncak gunung.

Meski jalurnya cukup landai, pendaki tetap harus berhati-hati. Sebab untuk menuju puncak pendaki harus melewati jalanan tanah dan lorong bebatuan yang cukup sempit. Meski demikian, semua rasa lelah akan terobati dengan pemandangan super indah yang dapat disaksikan sepanjang perjalanan dan dari puncak gunung.

2. Pendaki Pemula Hendaknya Taklukkan Gunung Besek di Wonogiri Jawa Timur


Pendaki Pemula Hendaknya Taklukkan Gunung Besek di Wonogiri Jawa Timur

Gunung Besek yang terletak di perbatasan Wonogiri dan Pacitan belum banyak diketahui wisatawan. Meski demikian, gunung satu ini menyuguhkan panorama alam yang luar biasa indah. Selain itu, gunung ini juga cocok untuk didaki para pemula.

Untuk menuju puncaknya, pendaki harus melewati hutan dan lereng perbukitan. Meski demikian, jalan setapak yang dilalui tidaklah menanjak, bahkan kondisi jalannya tergolong sangat mudah untuk dilalui. Waktu tempuhnya pun sangat singkat, yakni sekitar lima menit saja.

Setibanya di puncak, kamu akan disuguhi pemandangan yang super indah. Pasalnya di gunung ini terdapat batu besar yang bentuknya seperti besek, wadah makanan berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu. Karena itu, saat berdiri di tebing gunung ini kamu akan merasa seolah berada di ujung dunia. Sehingga tak heran jika gunung ini sering dijadikan tempat foto yang instagramable.

3. Medan di Gunung Penanggungan di Mojokerto Juga Cukup Ramah untuk Pendaki Pemula


Medan di Gunung Penanggungan di Mojokerto Juga Cukup Ramah untuk Pendaki Pemula

Gunung selanjutnya yang bisa didaki oleh para pendaki pemula adalah Gunung Penanggungan. Gunung yang terletak di Mojokerto Jawa Timur ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl. Dan medan di gunung ini juga terbilang cukup ramah dan cocok untuk pendaki pemula.

Meski demikian, untuk mendaki gunung ini kamu mungkin akan cukup kelelahan, karena itu persiapan fisik harus kamu lakukan sebelum mendaki gunung ini. Dan untuk mencapai puncak, para pendaki biasanya membutuhkan waktu sekitar empat jam melalui jalur Tamiajeng, Trawas.

Selain itu, pendaki pemula juga sebaiknya selalu waspada sepanjang perjalanan. Sebab meskipun pendek, jalur di gunung ini cukup terjal, dan kamu akan menemui tanjakan dengan kemiringan 65 derajat. Meski demikian, pemandangan di sepanjang jalur pendakian dan puncak gunung ini sangatlah indah. Sehingga rasa lelahmu akan terbayar manis begitu sampai di puncak untuk menikmati pemandangan dan kesegaran alam pegunungan.

4. Pendaki Pemula Hendaknya Menjelajahi Gunung Batur di Bali untuk Menikmati Keindahan Alamnya


Pendaki Pemula Hendaknya Menjelajahi Gunung Batur di Bali untuk Menikmati Keindahan Alamnya

Gunung Batur yang terletak di Bali juga cocok dijelajahi para pendaki pemula. Meskipun tergolong cukup tinggi, yakni sekitar 1.717 mdpl, gunung ini bisa dibilang sangat ramah untuk pendaki yang belum memiliki banyak pengalaman.

Meski demikian, kamu tetap harus menjaga ketahanan fisik sebelum mendaki ya. Sebab kamu harus melakukan perjalanan sekitar dua sampai tiga jam untuk sampai di puncak Gunung Batur.

Di antara daya tarik utama Gunung Batur adalah keindahan kalderanya yang luas dan padang rumput yang menghijau. Selain itu, pendaki biasanya juga akan berkemah di tepi Danau Batur sambil memandangi langit malam Pulau Bali yang sangat mempesona.

5. Rasakan Sensasi Pendakian yang Menyenangkan di Gunung Andong


Rasakan Sensasi Pendakian yang Menyenangkan di Gunung Andong

Gunung Andong tergolong sebagai salah satu gunung yang paling ramah untuk para pendaki pemula. Pasalnya, pendaki bisa merasakan sensasi pendakian yang menyenangkan di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl ini.

Para pendaki harus melalui jalur setapak yang menanjak. Untuk jarak tempuhnya sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam sampai kurang dari tiga jam perjalanan.

Jika di tengah perjalanan kamu merasa lapar, maka jangan khawatir. Sebab kamu bisa menemui warung yang menjual kebutuhan para pendaki, termasuk sinyal wifi. Sehingga kamu bisa tetap eksis sambil menikmati pemandangan yang indah di gunung ini.

6. Gunung Bromo yang Sangat Populer Juga Cocok untuk Pendaki Pemula


Gunung Bromo yang Sangat Populer Juga Cocok untuk Pendaki Pemula

Gunung Bromo dikenal sebagai salah satu gunung yang sangat populer karena keindahannya. Karena itulah, gunung ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun asing.

Gunung yang terletak di Jawa Timur ini sendiri merupakan gunung aktif yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Dan gunung ini memiliki suhu udara yang cukup rendah, yakni di bawah 10 derajat celcius. Sehingga saat ke sana, sebaiknya kamu membawa jaket atau berbagai peralatan yang bisa menghangatkan diri.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa masker dan kacamata. Karena hembusan angin bercampur pasir di gunung ini cukup kencang. Meski demikian, pemandangan super indah di gunung ini akan memanjakan mata dan membuatmu bahagia.

7. Jangan Lewatkan Pemandangan Kawah yang Menakjubkan di Gunung Ijen, Banyuwangi


Jangan Lewatkan Pemandangan Kawah yang Menakjubkan di Gunung Ijen, Banyuwangi

Gunung selanjutnya yang cocok untuk pendaki pemula adalah Gunung Ijen. Gunung ini sendiri terletak di Banyuwangi dan memiliki ketinggian 2.443 mdpl.

Gunung Ijen menawarkan sensasi mendaki yang menarik bagi pemula. Namun, kamu harus siap untuk menempuh medan yang cukup berat setelah satu kilometer pertama. Hal ini disebabkan karena medan perjalanan cukup berpasir dan memiliki kemiringan hingga 60 derajat.

Karena itu, pastikan stamina tubuhmu tetap terjaga sebelum dan saat mendaki. Sebab energi akan banyak terkuras karena dinginnya udara. Meski demikian, pemandangan kawah Ijen di gunung ini luar biasa indah. Dan pada malam hari, jangan sampai ketinggalan fenomena api biru di kawah Ijen yang akan memanjakan mata.

8. Gunung Papandayan, Gunung Eksotis yang Sayang Untuk Dilewatkan


Gunung Papandayan, Gunung Eksotis yang Sayang Untuk Dilewatkan

Gunung berikutnya yang cocok ditaklukkan para pendaki pemula adalah Gunung Papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan ramah untuk pendaki, khususnya pendaki pemula.

Pasalnya jalur pendakian yang harus ditempuh di gunung ini cukup ringan. Hal ini disebabkan karena Gunung Papandayan memiliki jalur yang landai dan ada banyak warung di hampir setiap pos pemberhentian. Karena itu, kamu tidak perlu merisaukan soal banyaknya barang bawaan maupun makanan.

Gunung Papandayan sendiri bagaikan surga pendakian karena keindahan alam yang ditawarkannya. Mulai dari kemegahan berbagai kawah, hutan mati yang eksotis hingga padang edelweis yang bisa membuat kagum siapapun. Meski demikian, kamu juga tetap harus berhati-hati dan selalu gunakan masker. Sebab Gunung Papandayan aktif memproduksi belerang dan jangan berjalan di tengah kabut saat melewati Hutan Mati ya. Pastikan juga untuk tetap bersama rombongan saat mendaki.

Demikian delapan gunung yang cocok dijelajahi oleh para pendaki pemula. Untuk pendaki pemula, sebaiknya simak tips ini juga agar bisa melakukan pendakian dengan lancar. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui etika yang hendaknya ditaati saat melakukan pendakian.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru