Butuh Persiapan Matang, 8 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula
Travel

Mendaki gunung membutuhkan perisapan matang, mulai dari memilih gunung yang cocok, peralatan, kesiapan fisik dan masih banyak lagi.

WowKeren - Indonesia merupakan negara yang indah dengan berbagai kekayaan alam. Salah satunya ada gunung. Hal ini membuat para pecinta kegiatan mendaki gunung mudah. Tak perlu sampai ke luar negeri atau daerah lain karena gunung di Tanah Air tersebar di berbagai pulau.

Kegiatan mendaki gunung kini semakin banyak digemari berbagai kalangan. Tua, muda, wanita dan pria saat ini ramai mencoba mendaki gunung. Selain menambah variasi feeds Instagram, kegiatan ini juga dilakukan untuk dapat melihat secara langsung keindahan ciptaan Tuhan yang Maha Esa.


Nah, bagi kalian para pendaki yang baru saja tertarik melakukan kegiatan tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan, lho. Pasalnya, kegiatan ini dapat terbilang cukup berbahaya jika tidak dipersiapkan dengan matang.

Ini dia 8 tips mendaki untuk para pemula. Simak di bawah ini, ya. Eits, jangan lupa untuk dilakukan.

1. Cari Gunung yang Tidak Terlalu Tinggi dan Cocok untuk Pemula


Cari Gunung yang Tidak Terlalu Tinggi dan Cocok untuk Pemula

Jika ini merupakan pengalaman kalian mendaki gunung, sebaiknya cari yang level ketinggiannya tidak sulit. Anggap saja gunung tersebut sebagai latihan bagi kalian untuk mendaki gunung yang lebih tinggi lagi.

Gunung yang cocok untuk pemula adalah yang memiliki ketinggian sekitar 1.600 mdol hingga 2.500 mdlp. Jika sudah memilih, kalian juga perlu mengetahui dengan benar terkait rute mendaki, fasilitas yang disediakan di gunung itu, jalan menuju lokasi gunung dan masih banyak lagi. Cari tahu semua yang diperlukan sebelum mendaki, ya.

2. Cek Cuaca Sebelum Mendaki


Cek Cuaca Sebelum Mendaki

Nah, setelah memilih gunung dan jadwal mendaki, sebaiknya kalian mengecek terlebih dahulu cuaca pada hari itu. Cek kabar dari internet atau media yang kini telah menyediakan perkiraan cuaca sehingga kalian dapat mengubah jadwal jauh-jauh hari sebelum mendaki.

Pastikan cuaca di hari kalian mendaki aman. Jika ada hujan besar, kabut tebal dan cuaca buruk lainnya, jangan memaksakan diri untuk naik gunung lantaran akan berbahaya. Jadwalkan kembali keberangkatan kalian di lain waktu.

3. Berolahraga dengan Jalan Kaki atau Lari Minimal Satu Bulan Sebelum Mendaki


Berolahraga dengan Jalan Kaki atau Lari Minimal Satu Bulan Sebelum Mendaki

Hal yang paling penting lainnya saat akan mendaki adalah ketahanan fisik. Jangan pikirkan tentang bersenang-senang saja ketika akan mendaki karena sebelum sampai ke puncak, kalian akan melewati berbagai rute yang tidak dapat diprediksi.

Mendaki juga bukan hanya berjalan kaki biasa, namun ada kemiringan tentu yang harus kalian lalu. Untuk itu, ketahanan fisik sangat diperlukan. Energi terutama di bagian kaki sangat diperlukan. Kalian dapat melatih otot kaki dan keseimbangan jauh-jauh hari sebelum mendaki.

Sebaiknya, lakukan olahraga seperti berjalan kaki atau lari secara rutin setiap hari sehingga ketika mendaki otot tidak kaget mengingat jalur yang tidak mudah. Selain itu, kalian bisa melakukan senam kecil seperti berdiri dengan satu kaki. Lakukan kegiatan ini kira-kira satu bulan sebelum mendaki.

4. Bawa Barang yang Penting Saja Agar Ransel Tak Terlalu Berat


Bawa Barang yang Penting Saja Agar Ransel Tak Terlalu Berat

Ketahanan fisik diperlukan tak hanya terkait dengan jalur yang ditempuh tidak mudah, namun juga membawa ransel yang berat. Untuk meringankan beban, jangan membawa barang-barang yang tidak penting.

Kalian cukup membawa perlengkapan tidur seperti tenda, sleeping bag dan jaket tambahan untuk digunakan saat malam hari. Tentunya kalian harus membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup agar tidak terserang masalah kesehatan.

5. Ajak Teman yang Lebih Berpengalaman Dalam Mendaki


Ajak Teman yang Lebih Berpengalaman Dalam Mendaki

Para pemula disarankan untuk mendaki gunung dengan orang yang sudah berpengalaman. Jangan nekat untuk mendaki sendirian tanpa pendamping atau dengan orang yang baru saja menekuni hobi tersebut.

Mendaki dengan teman yang sudah berpengalaman tentu lebih menyenangkan dan aman. Mereka pasti sudah mengetahui tips dan trik saat mendaki yang aman serta menyenangkan. Jika ada masalah di perjalanan, mereka akan mengetahui tindakan yang harus dilakukan.

6. Jaga Kesehatan Sebelum Mendaki


Jaga Kesehatan Sebelum Mendaki

Sebelum hari mendaki tiba, kalian wajib menjaga kesehatan. Jika kalian merasa sakit, jangan paksakan diri untuk mendaki lantaran akan menyusahkan serta menghambat perjalanan pendaki yang lain.

Konsumsi makanan sehat agar tetap fit saat mendaki. Kalau perlu, minum suplemen atau vitamin untuk menjaga tubuh dari serangan virus penyakit yang tidak diinginkan.

7. Konsumsi yang Wajib Dibawa Saat Mendaki


Konsumsi yang Wajib Dibawa Saat Mendaki

Nah, tak hanya perlengkapan tidur, makanan menjadi salah satu yang penting saat mendaki, nih. Seperti kalian ketahui, saat berada di gunung tidak akan banyak penjual makanan yang menjajakan dagangan. Maka, kalian perlu mempersiapkan makanan sebaik mungkin.

Saat mendaki dalam waktu yang lama, mungkin berhari-hari, kalian memerlukan kompor portable untuk memasak. Bawa mie instan atau bahan makanan yang tidak sulit untuk dimasak. Kalian harus membawa kebutuhan air minum agar tidak kekurangan cairan. Selain itu, jangan lupa membawa susu, cokelat atau camilan manis yang merupakan sumber kalori yang mudah diproses oleh tubuh sehingga energi dapat kembali lebih cepat.

8. Bawa Kantung untuk Sampah


Bawa Kantung untuk Sampah

Mendaki merupakan kegiatan pecinta alam, jangan sampai kita merusaknya dengan membuang sampah sembarangan. Kalian perlu membawa kantong plastik untuk mengumpulkan sampah hasil penggunaan pribadi yang dapat dibuang ketika kalian sudah sampai di bawah gunung.

You can share this post!

Related Posts
Loading...