8 Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Pendaki Pemula
Travel

Baru saja menyelami dunia pendakian? 8 gunung ini bakal cocok untuk kalian.

WowKeren - Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang bisa mendekatkan diri kita pada alam ciptaan Tuhan. Tidak hanya anak muda, namun masih banyak orang tua yang menggemari aktivitas satu ini. Sebagian orang memang lebih senang bepergian menikmati indahnya alam dari pada hanya mengunjungi objek wisata di perkotaan.

Kalian sebagai warga Indonesia patut bersyukur karena negara ini diberkahi dengan alam yang sungguh indah dan beragam. Tanah Air kita ini merupakan salah satu negara yang memiliki sangat banyak kekayaan alam berupa gunung. Selain itu, banyak juga gunung yang sudah difasilitasi dengan jalur pendakian aman.


Namun, tidak semua gunung dapat kalian daki begitu saja. Apalagi buat kalian para pemula yang baru ingin mencoba aktivitas satu ini.

Berikut terdapat 8 daftar gunung yang pas banget buat ajang latihan kalian para pendaki pemula sebelum mencoba yang lebih besar dan ekstrem. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Gunung Ijen yang Terkenal dengan Blue Fire


Gunung Ijen yang Terkenal dengan Blue Fire
Instagram

Kalian pasti sudah familiar dengan nama Gunung Ijen di Bayuwangi, kan? Gunung satu ini memang terkenal hingga dunia karena merupakan salah satu dari dua tempat di dunia yang terdapat Blue Fire atau Api Biru. Fenomena satu ini juga terdapat di Islandia.

Gunung Ijen bisa jadi salah satu arena latihan kalian buat pendaki pemula. Mendaki gunung yang berada di ketinggian 2.443 mdpl ini hanya memerlukan waktu sekitar 2,5 jam saja, lho untuk sampai hingga puncaknya. Pendakian biasanya dilakukan dini hari sekitar pukul 2 pagi karena fenomena Api Biru muncul sekitar waktu tersebut. Selain itu, kalian juga akan dapat menyaksikan indahnya langit berbintang serta menunggu matahari terbit di puncak kawah Ijen.

Namun, jika masih takut untuk mendaki saat gelap, kalian bisa memulainya pukul 5 pagi. Waktu tersebut juga menjadi favorit para turis di sana. Pemandangan pada pagi hari lebih indah dan juga terbilang lebih aman. Jalur pendakian Gunung Ijen sangat bervariasi mulai kemiringan yang cukup tajam, landai dan datar menjelang puncak.

2. Gunung Ungaran Tampilkan Pesona Luar Biasa


Gunung Ungaran Tampilkan Pesona Luar Biasa
Instagram

Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya sekitar 40 kilometer dari Kota Semarang. Gunung satu ini hanya memiliki ketinggian 2050 mdpl, namun para pendaki gunung yang sudah ahli menjuluki Gunung Ungaran sebagai "gunung 2000an rasa 3000 mdpl".

Gunung ini mempunyai tiga puncak yakni Gendol, Botak dan puncak tertingginya. Untuk mencapai puncak terakhirnya, kalian akan menghabiskan waktu selama sekitar 4 jam melalui jalur Jimbaran.

Selama perjalanan kalian akan disuguhi jalur pendakian yang landai pada awalnya. Kalian akan menemukan jalur-jalur yang kian curam ke depannya. Kewaspadaan sangat diperlukan apalagi saat melewati jalur yang penuh dengan berbatuan besar yang terjal dan licin. Meski begitu, pemandangan hutan serta kebun teh akan memanjakan mata kalian selama perjalanan.

3. Puncak B29 yang Disebut Negeri Diatas Awan


Puncak B29 yang Disebut Negeri Diatas Awan
Instagram

Puncak B29 merupakan destinasi wisata baru di Jawa Timur. Lokasi ini masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jika Gunung Bromo berada di ketinggian 2.393 mdpl, Puncak B39 terletak di 2.900 mdpl.

Berada di Puncak B29, kalian akan merasakan sensasi negeri dongeng di atas awan. Pemandangannya sungguh indah dan menakjubkan. Namun, untuk menikmati semua itu, kalian harus mendaki selama 2 jam dari Bromo. Kondisi jalurnya berupa jalan setapak yang berkelok-kelok tapi tidak harus melewati hutan. Jadi, kalian tidak akan tersesat.

Sebenarnya, pendakian ke Puncak B29 dapat dilakukan dengan menyewa ojek motor jika kalian berada di Lumajang. Karena, jalur dari Lumajang sangat berdebu dan tidak memungkinkan untuk berjalan kaki. Tapi, tentu saja sensasi mendaki dengan berjalan kaki, tidak akan kalian dapatkan jika menaiki motor, kan.

4. Gunung Andong Cocok Bagi Pendaki Pemula


Gunung Andong Cocok Bagi Pendaki Pemula
Instagram

Bagi kalian yang ragu untuk mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, Gunung Andong di Magelang bisa jadi pilihan yang pas. Gunung yang berada tidak jauh dari D.I. Yogyakarta ini memiliki tinggi hanya sekitar 1.726 mdpl. Kalian hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai di puncaknya.

Jalur pendakian Gunung Andong pun terbilang mudah dan aman karena dilengkapi dengan sejumlah papan penunjuk. Jadi, gunung ini cocok banget buat para pemula, kan?

Saat berencana mendaki ke Gunung Andong, sebaiknya kalian mencoba untuk menginap satu malam dan mendirikan tenda di puncaknya. Gunung ini mempunyai pemandangan matahari terbit yang sangat luar biasa. Kalian juga dapat melihat Sidoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu yang mengelilingi gunung ini ketika pagi hari yang cerah.

5. Gunung Prau Terkenal dengan Golden Sunrise


Gunung Prau Terkenal dengan Golden Sunrise
Instagram

Kembali ke Jawa Tengah, Gunung Prau menanti para pendaki pemula dengan ketinggian yang hanya sekitar 2.565 mdpl. Gunung yang berlokasi di Dieng ini adalah salah satu yang memiliki puncak terluas di Indonesia. Tak heran jika para pendaki seneng untuk berkemah di gunung ini sambil menunggu Golden Sunrise yang terkenal.

Bagi para pemula, sebaiknya kalian mengambil jalur tercepat yakni dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Melalui jalur tersebut, kalian hanya perlu mendaki kira-kira 3 jam lamanya. Setelah sampai di puncak, pemandangan Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan dapat kalian nikmati.

6. Gunung Gede Pangrango Sajikan Padang Edelweis


Gunung Gede Pangrango Sajikan Padang Edelweis

Tak hanya Jawa Timur dan Jawa Tengah, Jawa Barat pun tepatnya di Bogor memiliki gunung yang cocok buat pendaki pemula yakni Gunung Gede. Meskipun berada diketinggian 2.958 mdpl, jalur yang ditempuh cukup landai. Dengan melewati jalur Cibodas kalian akan menempuh perjalanan sekitar 6 jam.

Dalam perjalanan menuju puncak, Gunung Gede akan menyuguhi kalian pemandangan alam yang tak ada habisnya. Mulai dari air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga maupun padang edelweis alun-alun Surya Kencana. Bagaimana? Sudah tidak sabar melihat keindahan Gunung Gede

7. Gunung Api Purba Nglanggeran yang Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta


Gunung Api Purba Nglanggeran yang Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta
Instagram

Gunung Nglanggeran terletak si Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Gunung ini jadi yang paling rendah dari yang sebelumnya telah disebutkan yakni hanya 700 mdpl. Kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk sampai ke puncak dengan melewati medan yang cukup landai.

Meski begitu, kalian tetap harus mengutamakan keselamatan saat mendaki Gunung Nglanggeran. Pasalnya, di beberapa titik ada jalur yang berupa batu karang. Tak perlu khawatir, pengelola telah menyiapkan tangga kayu dan tali disana.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Gunung ini didominasi oleh batuan kapur atau karst yang berasal dari lapisan dasar laut kemudian terangkat ke permukaan bumi.

8. Gunung Penanggunga Dikenal Sebagai Miniatur Semeru


Gunung Penanggunga Dikenal Sebagai Miniatur Semeru

Berada di Mojokerto, Gunung Penanggungan cocok banget buat kalian para pemula. Gunung yang dikenal sebagai miniatur Semeru karena puncaknya yang tandus ini berada di ketinggian 1.653 mdpl.

Untuk sampai dipuncaknya, kalian dapat melewati jalur Tamiajeng, Trawas yang memakan waktu sekitar 4 jam saja. Namun, medan yang dilewati pun cukup terjal hingga kemiringan 65 derajat, lho.

Pendakian Gunung Penanggungan memang tidak boleh diremehkan. Setelah melewati Pelataran atau puncak bayangan, kalian harus melewati jalur menanjak yang penuh dengan bebatuan. Batu-batu yang dijadikan pijakan juga rawan longsor karena ramainya gunung tersebut.

You can share this post!

Related Posts
Loading...