Tanggapan KPI Soal Pembunuhan Yang Terjadi Karena Terinspirasi Dari Sinetron
TV

Ramai pemberitaan soal pembunuhan yang terjadi karena terinspirasi dari sinetron membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) angkat bicara untuk menanggapi hal tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini terjadi pembunuhan yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Aulia Kesuma (AK) terhadap suami dan anak tirinya. Mirisnya lagi, AK mengaku melakukan perbuatan keji tersebut lantaran terinspirasi dari sinetron yang tayang di TV.

Kabar ini lantas membuat khalayak ramai langsung menyorot Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Meminta lembaga tersebut untuk lebih tegas lagi dalam mengawasi tayangan di layar kaca Indonesia.

Pihak KPi lantas langsung memberikan tanggapan atas kejadian ini. Namun rupanya KPI membantah adanya sinetron yang menceritakan adegan sesadis itu dan menganggap bahwa hal ini terjadi murni karena daya nalar dari si pelaku.

"Itu mungkin daya nalar pikirannya saja, coba sebut sinetron apa yang mengarah ke situ,” kata Komisioner KPI Yuliandre Darwis dilansir dari Liputan6.com, Rabu (4/9). “Sinetron pada rasanya memotivasi, nggak ada sinetron sesadis itu kan? Sampai bisa membakar, daya nalarnya kedesak saja, sinetron apa?"


Lebih lanjut, Darwis menganggap bahwa sinetron merupakan sajian tayangan untuk menghibur. Dan sepanjang pengamatannya hingga saat ini ia belum mengetahui ada adegan maupun rangkaian cerita yang menayangkan cara pembunuhan seperti yang dilakukan oleh AK.

"Coba lihat aja (sinetron) ABG pacaran, nggak ada suami yang dibekap, dikasih racun, nggak ada sinetron seperti itu tuh," papar Darwis. "Kalau sinetron berangkai-rangkaian ceritanya, tiap hari berseri-seri, tiba-tiba ada suami dibakar saya belum temuin tuh mana sinetron itu."

Darwis juga membeberkan kemungkinan bahwa AK mengatakan melakukan pembunuhan karena terinspirasi dari sinetron dalam keadaan terdesak oleh hukum. Sehingga ungkapan tersebut ia sampaikan begitu saja tanpa berpikir panjang.

"Sebenarnya sesadis itu apa ada atau tidak kalau dia nonton film misal horor itu mungkin, tapi sinetron berangkai-rangkai. Masa dia tiba-tiba dia nonton tiap hari, saya cek lagi sinetron apa yang sedetail itu, bekap terus bakar. Pasti KPI akan tegas banget loh," tutur Darwis. "Mungkin dia terdesak hukum secara nalar dia keluar, ya terinspirasi karena sinetron asal sebut aja menurut saya."

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru