Polusi Udara Bikin Sesak Napas? Tenang, 8 Tips Ini Bakal Bikin Kalian Tetap Sehat
Health

Pencemaran udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Bagaimana caranya agar tetap sehat ketika terpapar polusi udara?

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan saat ini sudah ditetapkan menjadi darurat bencana nasional. Hal ini menyebabkan bencana asap di banyak daerah. Laporan bencana asap pun bermunculan dari Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat pada bulan ini.

Bahkan menurut Indeks Standar Pencemar Pencemar Udara (ISPU) di Palangkaraya (Kalimantan Tengah) pernah mencapai angka 500. Artinya, kualitas udara di Palangkaraya ada pada level Berbahaya bagi semua populasi yang terpapar pada waktu tersebut.

Pencemaran udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Bagaimana caranya agar tetap sehat ketika terpapar polusi udara? berikut tim WowKeren rangkum 8 tips agar tetap sehat di tengah paparan polusi udara. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kurangi Aktivitas Luar Ruangan Agar Tidak Terpapar Polusi


Kurangi Aktivitas Luar Ruangan Agar Tidak Terpapar Polusi

Sudah pasti saat kalian tinggal di daerah yang penuh polusi, kalian akan disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Semakin sering beraktivitas di luar ruangan, semakin besar pula paparan terhadap polusi udara.

Indeks kualitas udara yang berstatus tidak sehat bagi kelompok orang yang sensitif terhadap polusi. Kelompok yang sensitif terhadap polusi udara yakni anak-anak, orangtua, ibu hamil, dan orang dengan penyakit jantung atau paru-paru.

2. Menggunakan Masker dan Kacamata Jika Kalian Hendak Keluar Rumah


Menggunakan Masker dan Kacamata Jika Kalian Hendak Keluar Rumah

Jika kalian harus meninggalkan rumah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah selalu memakai masker. Masker berfungsi untuk menghalangi debu polusi udara yang terhirup dan bisa masuk ke saluran pernapasan. Namun jangan asal menggunakan masker.

Sebagian masker yang dijual di pasaran bukanlah masker yang tepat untuk mencegah dan menghalangi polusi udara. Gunakan masker dengan bahan yang telah terbukti dapat menyaring udara sebaik mungkin, misalnya masker jenis n95. Selain itu gunakan kacamata juga untuk menghindari debu halus masuk ke mata saat tertiup angin.

3. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin C Dan Antioksidan Bisa Bikin Badan Kuat


Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin C Dan Antioksidan Bisa Bikin Badan Kuat

Meskipun terlihat tidak berkaitan, namun pakar kesehatan menyebutkan jika memperbaiki pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan orang yang tinggal di lingkungan berpolusi. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, maka kita pun akan memiliki tubuh yang memiliki saringan yang kuat dalam melawan berbagai radikal bebas dan polusi.

Biasanya, makanan dari bahan buah-buahan atau sayuran segar sangatlah baik untuk dikonsumsi setiap hari demi sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan magnesium juga dipercaya mampu melindungi paru-paru dari penyakit asma maupun bronkitis loh.

4. Banyak-banyaklah Minum Air Putih Agar Tubuh Ter-detox


Banyak-banyaklah Minum Air Putih Agar Tubuh Ter-detox

Jangan lupa untuk selalu minum air putih bila ada kesempatan karena air adalah alat detox alami. Sudah jelas jika air putih merupakan salah satu penolong yang baik bagi tubuh kalian baik di bagian luar maupun dalam. Ada beberapa jenis air yang baik bagi tubuh di antaranya adalah air oksigen.

Namun bila kalian kesulitan mendapatkan jenis air seperti ini, kalian bisa menggunakan air putih yang diembunkan semalaman. Air seperti ini baik diminum di pagi hari, sekitar subuh. Selebihnya, air biasa bisa membantu kalian tetap bersih, segar dan lembab.

5. Rajin Cuci Tangan Adalah Kunci Tetap Sehat Saat Polusi


Rajin Cuci Tangan Adalah Kunci Tetap Sehat Saat Polusi

Selain mengenakan masker, kalian juga perlu rajin cuci tangan setiap hari untuk menjaga kesehatan paru-paru. Terutama bila kalian melakukan aktivitas yang sering memakai tangan, karena tangan mudah terinfeksi virus maupun bakteri.

Saat udara diselimuti polusi, setiap tempat akan terkontaminasi bakteri, virus maupun zat berbahaya lainnya. Oleh karena itu, kalian harus sering-sering mencuci tangan apalagi jika akan menyentuh makanan atau obat-obatan.

6. Bersihkan Tempat Tinggal Secara Berkala Bisa Bantu Jaga Kesehatan


Bersihkan Tempat Tinggal Secara Berkala Bisa Bantu Jaga Kesehatan

Bahan kimia dan alergen dari polusi udara bisa terkumpul dan menumpuk menjadi debu di lingkungan maupun di dalam rumah. Bersihkan lingkungan tempat tinggal kalian secara berkala agar lingkungan rumah tetap bersih. Namun kalian tidak dianjurkan untuk menyapu.

Hal ini untuk meminimalisir penyebaran polusi udara. Kalian dianjurkan untuk membersihkan rumah dengan menggunakan vakum yang mengandung filter high efficiency particulate air (HEPA). Vakum atau pembersih jenis ini dapat mengurangi debu dan kotoran yang terbuat dari bahan kimia brominated (PBDEs), serta alergen seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu.

7. Rutin Berolahraga Bisa Bikin Tubuh Kuat


Rutin Berolahraga Bisa Bikin Tubuh Kuat

Meskipun terpapar polusi, kalian tidak boleh hanya rebahan di rumah saja. Lakukan juga aktivitas fisik secara teratur, termasuk olahraga. Ada berbagai strategi untuk berolahraga meski kualitas udara sedang buruk. Beberapa cara untuk berolahraga misalnya melakukan di dalam ruangan atau hanya berkegiatan saat kualitas udara membaik atau di tempat dengan polusi udara lebih rendah.

Sebelum beraktivitas fisik, pantau juga kualitas udara. Jangan lupa gunakan masker ketika berkegiatan di luar ruangan. Tips lainnya adalah dengan menghindari kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, serta mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Intip yuk jenis olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah di sini.

8. Jangan Sampai Stres Karena Stres Akan Buat Kalian Mudah Sakit


Jangan Sampai Stres Karena Stres Akan Buat Kalian Mudah Sakit

Saat dilanda rasa stres, sedih, cemas, hingga depresi, secara tidak langsung membuat paru-paru jadi bekerja ekstra. Bila hal ini dibiarkan, fungsi paru-paru akan mengalami penurunan dan berpotensi terserang penyakit paru-paru.

Oleh sebab itu, perlu adanya pengendalian dan kelola stres dengan baik agar tidak terlalu mengganggu paru-paru maupun organ tubuh vital lainnya. Selain itu, stres juga akan membuat sistem imun menjadi lemah sehingga kalian makin mudah terserang penyakit. Bisa sehatkan paru-paru, intip juga manfaat lain tidur ke kanan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru