Murah dan Nikmat, Ini 10 Manfaat Mengejutkan Buah Pisang Untuk Kesehatan
Health

Buah pisang yang sangat mudah ditemukan di pasaran biasanya dijual dengan harga yang terjangkau dan bercita rasa lezat. Selain itu, buah pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk hidup sehat. Mulai dari olahraga hingga menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti buah-buahan.

Di antara buah yang memiliki banyak gizi adalah pisang. Buah pisang sendiri sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, buah ini juga dijual dengan harga yang relatif murah dan memiliki cita rasa yang lezat.

Di balik semua keunggulannya itu, buah pisang rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Mau tahu apa saja manfaat buah pisang untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Konsumsi Pisang Untuk Membantu Melancarkan Pencernaan pada Usus


Konsumsi Pisang Untuk Membantu Melancarkan Pencernaan pada Usus

Serat yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk mengurangi risiko sembelit. Karena itu, jika Anda mengalami masalah sembelit, cukup konsumsi pisang saja.

Selain itu, mencampur pisang dengan segelas susu dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus berbahaya, seperti terjadinya gejala kanker usus besar. Pisang dapat digunakan untuk menahan inflamasi karena prosesnya dipercepat dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

2. Pisang Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal


Pisang Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Pisang dapat meningkatkan dan menjaga kadar gula darah dalam waktu yang lama karena mengandung cukup banyak karbohidrat. Selain itu, serat membantu memperlambat pencernaan jika gula dan karbohidrat tidak cepat terbakar dan menstabilkan gula darah.

Karena itu, para ahli merekomendasikan pisang sebagai pengganti gula alami yang memiliki dosis serat nan sehat. Karena itu, penderita diabetes diperbolehkan mengkonsumsi buah pisang. Bahkan masyarakat Gorontalo menjadikan pisang goroho (pisang setempat) sebagai makanan pokok bagi penderita diabetes.

3. Pisang Juga Berfungsi sebagai Antioksidan hingga Mampu Membuang Racun


Pisang Juga Berfungsi sebagai Antioksidan hingga Mampu Membuang Racun

Pisang kaya akan zat antioksidan yang dapat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Dengan demikian, pisang juga mampu mencegah penyakit kanker.

Selain itu, pisang juga kaya akan pektin, yang dengan lembut mengelupas racun dan logam berat dari tubuh. Menariknya lagi, pisang juga berfungsi sebagai prebiotik, yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

4. Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Banyak-Banyaklah Konsumsi Buah Pisang


Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Banyak-Banyaklah Konsumsi Buah Pisang

Mengkonsumsi pisang saat sarapan akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pasalnya pisang kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium kemudian berjalan di sekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus berjalan di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak dengan baik. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama detak jantung jadi tidak teratur hingga dapat mematikan.

5. Pisang Rupanya Juga Mampu Melawan Anemia Loh


Pisang Rupanya Juga Mampu Melawan Anemia Loh

Pisang kaya akan kandungan zat besi, dan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah serta membantu melawan anemia. Anemia sendiri merupakan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang menyebabkan kelelahan, pucat hingga sesak nafas.

Selain itu, vitamin B6 yang terkandung dalam pisang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah, yang kemudian bisa membantu penderita anemia. Karena itu, jika Anda menderita anemia, sebaiknya konsumsi dua buah pisang sehari ya.

6. Kontrol Berat Badanmu dengan Mengkonsumsi Pisang Secara Rutin


Kontrol Berat Badanmu dengan Mengkonsumsi Pisang Secara Rutin

Pisang juga memiliki peran penting dalam mengontrol berat badan. Hal ini terbukti pada seseorang yang kehilangan berat badan dengan melakukan diet dengan memakan empat buah pisang dan empat gelas susu non lemak atau susu cair per hari. Makanan ini dikonsumsi sedikitnya tiga hari dalam seminggu, dan tergolong dalam menu yang menyehatkan.

Hal ini disebabkan karena buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil. Jadi buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang berupaya untuk menurunkan berat badan.

7. Pisang Sangat Baik Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata Loh


Pisang Sangat Baik Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata Loh

Manfaat berikutnya dari buah pisang adalah membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena pisang memiliki banyak vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata.

Senyawa ini membantu melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Karena itu, asupan vitamin A cukup berguna untuk mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk menjaga penglihatan.

8. Jaga Kesehatan Otak dengan Mengkonsumsi Pisang Setiap Hari


Jaga Kesehatan Otak dengan Mengkonsumsi Pisang Setiap Hari

Banyak orang di negara maju yang menjadikan pisang sebagai menu wajib sarapan di pagi hari karena gizi yang terkandung di dalamnya. Sebuah penelitian yang diikuti oleh 200 pelajar membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka lebih meningkat sejak menjadikan pisang sebagai menu sarapan.

Hal ini disebabkan karena kandungan kalium pada pisang mampu memberikan stimulan pada otak. Karena itu, untuk bayi yang baru mulai makan makanan padat, pisang jadi pilihan yang baik, karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

9. Ibu Hamil Sebaiknya Sering-Sering Mengkonsumsi Pisang Demi Kesehatan Janin


Ibu Hamil Sebaiknya Sering-Sering Mengkonsumsi Pisang Demi Kesehatan Janin

Ibu hamil tentu memerlukan banyak gizi untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Karena itu, sebaiknya ibu hamil sering-sering mengkonsumsi buah pisang yang memiliki banyak gizi baik.

Sekitar 85 - 100 kalori yang ada dalam buah pisang berperan penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu, pisang juga dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula tetap stabil pada ibu hamil.

10. Atasi Stres dan Tingkatkan Mood dengan Memakan Buah Pisang


Atasi Stres dan Tingkatkan Mood dengan Memakan Buah Pisang

Manfaat berikutnya dari buah pisang adalah untuk mengatasi stres dan meningkatkan mood seseorang. Hal ini disebabkan karena pisang kaya akan mangan yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang bisa membuatmu merasa lebih baik. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan yang bisa membuat mood balik lagi.

Demikian 10 manfaat pisang untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat infused water bagi kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru