Kisah Petugas BPBD Riau Diberi 'Kode' Oleh Beruang Buas Kala Hendak Padamkan Api
SerbaSerbi

Petugas Kasi Distibusi dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Suarfianto, membagikan pengalamannya kala bertemu dengan seekor binatang buas.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tak kunjung teratasi masih menjadi persoalan serius di Tanah Air. Salah satu kasus karhutla terparah terjadi di Provinsi Riau hingga membuat Presiden Joko Widodo menetapkan status siaga darurat.

Dalam upaya memadamkan api, para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau terjun langsung ke lapangan. Para petugas ini harus berpacu dengan api yang terus meluas dan medan hutan yang berat.

Tak hanya harus melawan api, para petugas juga harus berhati-hati dengan satwa liar yang masih ada di dalam hutan. Petugas Kasi Distibusi dan Logistik BPDB Riau, Suarfianto, lantas membagikan pengalamannya kala berjumpa dengan hewan buas.

Dilansir kompas.com pada Jumat (20/9), Suarfianto rupanya pernah bertemu dengan seekor beruang kala hendak memadamkan api. Peristiwa tersebut terjadi di hutan dan lahan Desa Bedagu, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kala itu, Suarfianto dan rekan-rekannya hendak mencari sumber air untuk memadamkan api. Pasalnya, proses pemadaman terkendala oleh stok air yang menipis dan sulit didapat.


Tak kunjung mendapat sumber air, para petugas tersebut akhirnya memutuskan untuk mencari ke hutan yang lebih dalam. Namun dalam proses pencarian sumber air, mereka dikejutkan dengan suara berisi di sekitar semak-semak.

Mereka pun dibuat kaget setengah mati kala melihat seekor beruang besar hanya berjarak 100 meter dari tempat mereka berdiri. Para petugas pun lantas diam sejenak lantaran takut hewan buas tersebut tiba-tiba menyerang.

Uniknya, beruang tersebut seolah-olah memberikan kode kepada para petugas dengan menggoyangkan batang kayu yang dipanjatnya. Hewan tersebut seolah memberi peringatan agar para petugas tidak masuk lebih dalam ke habitatnya.

"Mungkin dia menggoyangkan kayu sebagai aba-aba supaya kami jangan mendekat. Kami saat itu juga takut," tutur Suarfianto. "Sehingga kami menghindar dan mencari jalan lain untuk mencari sumber lain."

Para petugas tersebut juga sempat berpikir bahwa beruang itu mungkin saja sedang menunjukkan kemarahan lantaran habitatnya ikut terbakar. Meski sempat ketakutan, Suarfianto mengaku perjumpaannya dengan beruang itu menjadi pengalaman yang unik.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru