Argumen Cerdas Uus Soal RKUHP Korban Pemerkosaan Sukses 'Bungkam' Deddy Corbuzier
Selebriti

Dalam podcast YouTube terbarunya, Deddy Corbuzier mengajak Uus untuk beradu pendapat tentang pasal-pasal RKUHP yang belakangan menuai kontroversi. Keduanya pun saling memberikan pendapat.

WowKeren - Publik tengah dihebohkan dengan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang pasal-pasalnya dianggap kontroversial. Salah satunya adalah pasal soal korban pemerkosaan yang justru berpotensi menjadi tersangka jika menggugurkan bayi hasil hubungan gelap tersebut.

Kontroversi RKUHP ini mengundang berbagai reaksi dari kalangan artis. Deddy Corbuzier adalah salah satu artis yang menjadikan kontroversi pasal RKUHP ini sebagai bahan diskusi di podcast YouTube-nya. Ayah satu anak itu beradu pendapat dengan Uus perihal RKUHP yang tengah disorot ini.

Deddy mengaku setuju tentang RKUHP yang tidak memperbolehkan perempuan menggugurkan janin hasil pemerkosaan dengan beberapa syarat. "Saya setuju apabila ada Undang-Undang mengatakan bahwa bayi itu tidak boleh dibuang, digugurkan dengan beberapa catatan. Pertama harus ada hukuman mati dulu untuk pemerkosa," kata Deddy dalam podcast tersebut.

"Kedua, pemerintah harus menanggung semua biaya anak ini, sampai dia sekolah," lanjut Deddy. "Hmm tidak realistis. BPJS aja sulit," timpal Uus. "Iya tahu, tapi kan ini permintaan saya karena dia kan anak dia. (Perempuan korban pemerkosaan) harus didampingi oleh Psikolog profesional 24 jam selama dia hamil hingga dia punya anak supaya tidak terjadi gangguan-gangguan kejiwaan yang dialami oleh ibu itu," tegas Deddy.


Namun pendapat ini tak sepenuhnya disetujui oleh Uus. Komika berkepala plontos itu menganggap bahwa yang seharusnya dibenahi adalah mindset masyarakat terhadap korban pemerkosaan. Seandainya masyarakat terbuka dan tidak terus menyalahkan sang korban, maka tidak perlu adanya dampingan dari psikolog karena sang ibu tidak mungkin terbebani hingga berpikir untuk mengakhiri hidup.

"Enggak realistis Om Ded. Orang kita itu lebih suka ngomongin dibanding ngebantu," kata Uus menimpali Deddy. "Kita ngomongin pemerintah, bukan orang kita coy," tegas Deddy. "Tapi kalau misalnya pemerintah ketahuan ngebantuin orang kayak gini, 'Ih pemerintah pro perzinahan'. Mau lu ditunjuk-tunjuk begitu? Enak kan jadi rakyat g****k," balas Uus membuat Deddy cekikikan.

"Lu tuh enggak mewakilkan elemen pemerintah, tahu enggak sih lu," ujar Deddy masih tidak mau kalah. "Tidak. Yang gue wakilin ya realita masyarakat kita yang kayak gimana," tegas Uus. "Lu mewakilin rakyat-rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa. Anda itu," ujar Deddy. "Ya memang, makanya kita kasih tahu apa-apa. Biar lu jadi better human being. Gue enggak peduli kalau misal lu punya karier yang lebih bagus, lu jadi orang kaya, lu punya subscriber yang sampai 200 juta, gue enggak peduli. Tapi lu punya kepekaan," lanjut Uus.

Uus pun memberikan argumen cerdas soal peran masyarakat dalam mengatasi masalah korban pemerkosaan ini. "Ketika ada orang yang kenapa-kenapa mungkin kesalahan atas hidupnya atau pilihan-pilihan hidupnya yang akhirnya konsekuensinya buruk gitu, enggak usah lu bilang, 'Tuh kan, nah kan, gue bilang juga apa'. Enggak usah ngomong gitu, bantu aja dulu. Maka enggak perlu ada dari pemerintah untuk ngasi psikolog gitu-gitu, enggak perlu karena lingkungannya sudah baik mau nolong dia tanpa harus menghakimi," ujar Uus berapi-api.

"Yang ngebuat dia bunuh diri apa? Tekanan dari lingkungan, keluarga. Apa? Kalau enggak ada tekanan itu juga dia enggak bakal pengen bunuh diri," tegas Uus masih bersemangat. "Yang membuat dia bunuh diri karena dia awalnya diperkosa dulu dong, gimana sih," timpal Deddy. "Ya iya makanya, tapi kan orang suka mikirnya kan," celetuk Uus dipotong oleh Deddy. "Eh maaf, mungkin lingkungan Anda, lingkungan saya semuanya baik," bantah Deddy. "Hey Anda dari keluarga orang-orang kaya, aku dari masyarakat, Deddy," celetuk Uus membuat Deddy "bungkam".

Adu argumen Deddy dan Uus ini pun menuai berbagai komentar di YouTube. Tak sedikit yang setuju dengan pendapat yang diutarakan oleh Uus selama video ini. "Uus kok lebih pinter dari OM ded yaa..ancr**tt ngakak. Lu mau dianggap pro perzinahan??? ekekekek," kata netter. "An***t, sumpah makin nonton bg UUs gw makin yakin ini orang (Uus) emang cerdass pisan euy," celetuk yang lain.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru