Jokowi Kembali Masuk Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, Ini Sebabnya
Nasional

Publikasi The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2020 ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Centre / RISSC) di Amman, Yordania.

WowKeren - Presiden Joko Widodo kembali masuk ke dalam jajaran tokoh-tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2020 ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Centre / RISSC) di Amman, Yordania.

Dalam daftar ini, 50 tokoh Muslim teratas yang dinilai paling berpengaruh dipilah secara khusus. Situs resmi lembaga itu menyebutkan bahwa pengumuman nama-nama para tokoh dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh seorang Muslim terhadap komunitasnya.

Sama seperti tahun lalu, nama Presiden Jokowi kembali masuk dalam deretan "Top 50". Apabila pada daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 Jokowi berada di peringkat ke-16, maka tahun ini posisi sang Presiden naik ke urutan 13.

Dalam publikasi itu, Jokowi disebut sebagai Presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari militer atau elite politik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disebut berasal dari latar belakang keturunan Jawa yang rendah hati.

Tak hanya itu, Jokowi juga dituliskan sebagai seorang politisi yang bersih dan sukses. Kala menjabat sebagai kepala daerah, Jokowi dinilai sukses memperbaiki sistem transportasi, kesehatan, dan hubungan bisnis dengan masyarakat.


Selain itu, publikasi ini juga menyoroti tradisi "blusukan" Jokowi. Tradisi ini dinilai mampu membuat Jokowi menjadi sosok yang dekat dengan rakyat.

RISSC juga menuliskan soal prospek di masa depan Jokowi. Menurut RISSC, meski pertumbuhan ekonomi tak seperti yang diharapkan, namun investasi kuat di bidang infrastruktur dan layanan sosial membuat Jokowi tetap didukung rakyatnya. Jokowi sendiri juga dipandang sebagai pemimpin yang sukses berkat penyelanggaraan Asian Games 2018.

Di sisi lain, ada 2 tokoh Indonesia lain yang juga masuk ke dalam daftar ini. Mereka adalah Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj, dan Ketua MUI Jawa Tengah, Habib Luthfi bin Yahya.

Said Aqil menempati peringat ke-19 dalam daftar tersebut. Sosok Said Aqil merupakan seorang tokoh yang dinilai memiliki latar belakang akademis mumpuni.

Sedangkan Habib Luthfi menempati peringkat ke-33. Sepanjang hidupnya, Habib Luthfi telah mendirikan ribuan sekolah dan masjid di Indonesia serta memiliki jutaan pengikut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru