Enggak Terduga, 7 Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Bakar Kalori Yang Cukup Banyak Loh!
Lifestyle

Jika kalian tidak sempat pergi ke gym, kini ada cara lain supaya kalian tetap bisa membakar timbunan kalori dalam tubuh. Pekerjaan rumah tangga adalah cara yang bagus untuk membantu membakar kalori tambahan.

WowKeren - Memiliki tubuh ideal memang idaman banyak orang. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah dengan berolahraga. Namun sayang sekali, banyak orang yang tak memiliki waktu untuk rutin ke gym atau berolahraga.

Jika kalian tidak sempat pergi ke gym, kini ada cara lain supaya kalian tetap bisa membakar timbunan kalori dalam tubuh. Pekerjaan rumah tangga adalah cara yang bagus untuk membantu membakar kalori tambahan. Tapi, sama halnya dengan nge-gym, semakin besar dan teratur usaha yang kalian kerahkan, semakin besar pula manfaat yang didapatkan.

Setiap tugas yang kalian lakukan itu menargetkan kelompok otot yang berbeda-beda sehingga memberikan latihan seluruh tubuh yang sempurna. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 pekerjaan rumah yang ternyata membakar kalori yang lumayan loh. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menyapu dan Mengepel Lantai, Pekerjaan Rumah Dasar Yang Membakar Kalori


Menyapu dan Mengepel Lantai, Pekerjaan Rumah Dasar Yang Membakar Kalori

Setiap orang pasti sering membersihkan rumah dengan cara menyapu atau mengepel lantai. Namun kegiatan ini ternyata juga bisa membakar kalori loh. Kegiatan mengepel lantai yang dilakukan selama 30 menit secara intens dapat membakar 200 kalori.

Ini setara dengan latihan menari selama 45 menit dan setara dengan kalori yang berasal dari satu slice pizza. Selain itu, menyapu selama 30 menit juga bisa membakar 136 kalori. Otot yang bekerja ketika kalian mulai mengepel dan menyapu lantai ada tiga yakni upper arm, core, dan abs.

2. Mencuci Baju Merupakan Kegiatan Yang Bisa Membakar Kalori


Mencuci Baju Merupakan Kegiatan Yang Bisa Membakar Kalori

Mencuci baju dengan tangan akan memberikan kesempatan tubuhmu untuk membakar kalori dalam jumlah banyak. Bayangkan saja setelah mengumpulkan pakaian, kalian harus merendam, mengucek baju, membilas, dan kemudian mengeringkannya. Mencuci baju selama 1 jam akan membantu kalian membakar 125-173 kalori.

Jika kalian menggunakan mesin cuci, tidak perlu kuatir. Karena menjemur, melipat, kemudian menaruhnya kembali ke dalam lemari pakaian juga bisa menghabiskan setidaknya 280 kalori. Jika ditambah dengan menyetrika, artinya ada 140 kalori tambahan yang bisa kalian bakar setiap satu jam.

3. Rajinlah Mengelap Jendela Karena Dapat Melatih Otot Dan Membakar Kalori


Rajinlah Mengelap Jendela Karena Dapat Melatih Otot Dan Membakar Kalori

Untuk mendapatkan tubuh bagian atas yang kencang, cara terbaik dapat dilakukan dengan membersihkan jendela. Melakukan kegiatan ini selama 22 menit dapat membakar 125 kalori. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan gerakan melingkar yang bertujuan melatih otot bahu dan bisep.

Ketika kalian ingin membilasnya paling baik dengan melakukan gerakan vertikal sehingga otot-otot trisep terbentuk. Melakukan hal ini setiap hari selama setegah jam membuat kalian membakar kalori yang sama dengan latihan push up sebanyak 40 kali loh.

4. Membersihkan Kamar Mandi Selain Bikin Bersih Juga Bikin Kalori Terbakar


Membersihkan Kamar Mandi Selain Bikin Bersih Juga Bikin Kalori Terbakar

Saat mmbersihkan kamar mandi kalian akan menggosok dengan tangan kalian sambil berjongkok. Nah, membersihkan kamar mandi dengan menggunakan tangan selama 15 menit ternyata dapat membakar hingga 100 kalori loh.

Selain itu, kegiatan ini setara dengan 30 kali lompat jongkok. Kalian yang melakukan pekerjaan rumah tangga ini dapat mengecangkan otot lengan dan bahu. Kamar mandi bersih, tubuh pun secara tak sadar membakar kalori yang cukup banyak ya.

5. Siapa Sangka Jika Memasak Juga Bisa Membakar Kalori


Siapa Sangka Jika Memasak Juga Bisa Membakar Kalori
Unsplash/Le Creuset

Memasak bisa jadi aktivitas pembakar kalori yang menyenangkan. Berputar-putar di dapur, menyiapkan bahan makanan, dan mengolahnya selama sejam akan membuat kalori terbakar sebanyak 144 hingga 215 kalori.

Selain itu, akan lebih maksimal ketika kalian menyiapkan sendiri meja makannya, lengkap dengan tatakan sendok garpu, gelas, dan tentunya piring-piring beserta lauk pauk. Hal ini karena tanpa kalian sadari melakukan hal itu selama 30 menit bisa membakar 87 kalori. Nah pikir-pikir lagi ya jika memutuskan makan di luar.

6. Kegiatan Mendekorasi Rumah Memang Menyenangkan Dan Bisa Membakar Kalori


Kegiatan Mendekorasi Rumah Memang Menyenangkan Dan Bisa Membakar Kalori

Menata ulang kamar tidur atau ruangan TV bisa membakar 167 kalori per 30 menit. Memindahkan furnitur rumah bisa menghilangkan 100 kalori hanya dalam 15 menit, bahkan bisa lebih jika kalian bolak-balik memindahkannya dari atas ke bawah.

Selain itu, ketika kalian memasang karpet baru, gerakan yang dimulai di bagian lutut, tangan terentang, kemudian merangkak mundur, bila dilakukan selama 30 menit dapat membakar 180 kalori. Mengecat dinding selama 30 menit juga setara dengan jalan cepat selama 35 menit dan dapat membakar 210 kalori. Menarik banget kan?

7. Enggak Ada Salahnya Mencoba Berkebun Sekaligus Membakar Kalori


Enggak Ada Salahnya Mencoba Berkebun Sekaligus Membakar Kalori

Berkebun adalah pekerjaan rumah tangga yang paling efektif untuk membakar lemak. Sejam berkebun bisa membakar 282 hingga 442 kalori setiap jamnya. Sebab, dengan berkebun maka kamu melakukan aktivitas intensif seperti mengangkat, melakukan penggalian, atau menanam.

Mengangkat beberapa pot, mencangkul, atau duduk dengan posisi jongkok dapat membakar kalori. Jika dihitung-hitung, 30 menit berkebun dapat membakar sekitar 170 kalori. Itulah mengapa berkebun sangat direkomendasikan sebagai aktivitas sehat yang menyenangkan.

Intip juga rekomendasi menu diet untuk makan malam sehat di sini. Simak juga beberapa olahraga yang paling banyak bakar lemak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru