Tak Perlu Khawatir Bakal Repot, Ikuti 8 Tips Ini Biar Liburanmu dengan Lansia Berjalan Seru
Travel

Menghabiskan waktu libur dengan orangtua yang sudah lanjut usia biasanya susah-susah gampang. Nah, jika ingin memiliki waktu liburan yang menyenangkan dengan orangtua yang berusia lanjut, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

WowKeren - Liburan bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Pasalnya kita bisa bersenang-senang setelah menjalani rutinitas harian yang melelahkan. Liburan akan terasa semakin menyenangkan jika kita pergi bersama keluarga atau orangtua. Dan jika kita memiliki orangtua yang sudah sepuh, atau berencana berlibur dengan kakek atau nenek, kita mungkin akan merasakan pengalaman yang cukup berbeda.

Sebab tubuh mereka biasanya cukup lemah, bahkan dalam beberapa kasus mereka perlu dibantu berjalan. Namun menariknya, kita bisa membuat mereka merasa gembira dan merasakan jiwa muda kembali.


Tapi beberapa orang biasanya memiliki kekhawatiran jika ingin pergi berlibur dengan orangtua yang sudah lanjut usia. Mereka takut akan kerepotan atau bahkan mengkhawatirkan kesehatan orangtua yang diajak berlibur.

Tapi tenang, jika kalian berkeinginan berlibur dengan orangtua yang sudah lanjut usia, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Dengan mengikuti beberapa tips ini, dijamin kalian dan orangtua bisa berlibur dengan sangat seru dan menyenangkan.

(wk/eval)

1. Sebelum Berlibur, Minta Persetujuan Dokter dari Orangtua yang Sudah Lanjut Usia


Sebelum Berlibur, Minta Persetujuan Dokter dari Orangtua yang Sudah Lanjut Usia

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum berlibur dengan orangtua adalah meminta izin dari dokter mereka. Pastikan untuk mendapat izin dari dokter, apakah kondisi orangtua kita tepat atau tidak untuk diajak pergi berlibur. Kamu juga wajib mencari tahu apakah orangtua memerlukan vaksinasi tambahan atau resep khusus dari dokter sebelum berangkat liburan.

Selain itu jika orangtua kalian cukup sehat, sebaiknya lakukan persiapan fisik. Alangkah baiknya jika kalian mengajak orangtua untuk latihan fisik sederhana, seperti masuk ke kolam untuk berjalan di air. Kegiatan ini sangat berguna untuk memperkuat kaki, sehingga saat liburan nanti mereka bisa berjalan-jalan lama.

2. Perhatikan Perkiraan Cuaca Sebelum Liburan Bersama Lansia


Perhatikan Perkiraan Cuaca Sebelum Liburan Bersama Lansia

Jika kamu ingin pergi berlibur dengan orangtua yang sudah lanjut usia, maka kamu harus ekstra hati-hati. Wajib bagi kita untuk menjaga kondisi kesehatan mereka tetap fit selama berlibur. Karena itu, perhatikan juga perkiraan cuaca di destinasi tujuan.

Alangkah baiknya untuk pergi berlibur saat musim panas tiba. Jika matahari bersinar terlalu terik, cari tempat istirahat yang teduh. Jangan lupa juga untuk membawa jas hujan, payung, baju hangat atau baju ganti jika hujan tiba-tiba turun. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan orangtua selama berlibur.

3. Gunakan Kendaraan yang Nyaman Saat Liburan Bersama Lansia


Gunakan Kendaraan yang Nyaman Saat Liburan Bersama Lansia

Berikutnya yang harus kamu perhatikan saat ingin berlibur dengan lansia adalah faktor kendaraan yang digunakan. Sebaiknya pilih kendaraan yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan orangtua. Ada baiknya untuk menggunakan mobil keluarga yang memiliki kursi nyaman untuk lansia.

Tapi jika lokasi liburanmu cukup jauh, sebaiknya menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pesawat. Karena biasanya semakin cepat perjalanan, maka orangtua kita juga akan merasa senang. Sesampainya di kota tujuan, kamu bisa menyewa mobil untuk berkeliling. Dengan demikian, kamu dan orangtua bisa menghabiskan waktu berlibur dengan nyaman.

4. Berlibur dengan Orangtua yang Sudah Lanjut Usia? Bawa Barang Secukupnya Saja Ya!


Berlibur dengan Orangtua yang Sudah Lanjut Usia? Bawa Barang Secukupnya Saja Ya!

Membawa barang secukupnya saja adalah salah satu poin terpenting jika hendak berlibur, apalagi jika liburan bersama orangtua. Hal ini disebabkan jika kita membawa terlalu banyak barang hanya akan merepotkan dan menyulitkan saja.

Cukup bawa barang seperlunya saja. Selain pakaian, usahakan untuk membawa obat, asuransi dan beberapa peralatan khusus lalu letakkan dalam satu tas. Sebab barang-barang ini bisa sangat dibutuhkan orangtua kita sewaktu-waktu. Dengan membawa barang secukupnya saja, kamu bisa fokus berlibur dan orangtua juga bisa bersenang-senang.

5. Perhatikan Destinasi Tujuan Liburan dengan Orangtua yang Berusia Lanjut


Perhatikan Destinasi Tujuan Liburan dengan Orangtua yang Berusia Lanjut
pexels/Dominika Roseclay

Destinasi liburan adalah faktor yang tidak kalah penting lainnya. Sebelum pergi berlibur, sebaiknya tanyakan dulu kepada orangtua, mereka hendak pergi kemana. Karena jika kamu memaksa mereka pergi ke tempat tertentu yang tak mereka sukai, liburanmu pasti tidak akan menyenangkan.

Usahakan juga untuk tidak mengunjungi tempat wisata yang viral di media sosial. Hal ini disebabkan karena tempat itu pasti akan ramai pengunjung, dan orangtua pasti sangat tidak nyaman dan kelelahan jika pergi ke tempat seperti itu. Selain itu, jangan ajak orangtua pergi ke tempat yang terlalu menanjak atau memiliki banyak anak tangga mengingat kondisi lutut dan tulang punggung mereka yang tak sekuat dulu.

Tidak hanya itu, sebab kamu juga harus memastikan jika destinasi liburanmu dekat dengan fasilitas medis. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di mana kondisi kesehatan orangtua memburuk.

6. Orangtua Ingin Membawa Makanan dan Minuman Favorit Saat Berlibur? Turuti Saja!


Orangtua Ingin Membawa Makanan dan Minuman Favorit Saat Berlibur? Turuti Saja!

Orangtua biasanya sangat antusias saat akan pergi berlibur. Karena itu, mereka biasanya akan melakukan banyak persiapan, termasuk menyiapkan bekal sendiri. Namun beberapa anak biasanya melarang orangtua melakukan itu, karena selain merepotkan juga bisa menambah beban barang bawaan.

Namun sebaiknya turuti saja keinginan orangtua ini. Karena beberapa orangtua biasanya memang tidak cocok dengan menu makanan yang dijual di area wisata. Selain itu, mereka juga akan lebih bahagia jika bisa memakan makanan favorit yang dibuatnya sendiri. Jika orangtua bahagia, bukankah kita juga akan merasa bahagia?

7. Alokasikan Waktu Istirahat yang Cukup Pada Orangtua Saat Berlibur Bersama


Alokasikan Waktu Istirahat yang Cukup Pada Orangtua Saat Berlibur Bersama

Istirahat adalah kegiatan yang paling dibutuhkan saat liburan. Karena bukankah tujuan dari liburan itu adalah untuk beristirahat? Karena itu, alokasikan waktu yang cukup untuk beristirahat bagi orangtua selama liburan bersama. Sebab mereka biasanya mudah lelah, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat.

Dan ada baiknya jika kamu menyewa sebuah penginapan atau villa yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat istirahat. Dengan demikian, kita dan orangtua bisa menjalin keakraban dengan lebih baik. Dan meskipun liburan di luar kota, kita bisa merasakan sensasi seperti tinggal di rumah. Menarik banget kan?

8. Selalu Jaga Komunikasi dengan Orangtua Saat Liburan dan Jangan Pernah Abaikan Mereka


Selalu Jaga Komunikasi dengan Orangtua Saat Liburan dan Jangan Pernah Abaikan Mereka

Menjaga komunikasi adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan saat liburan, apalagi jika berlibur dengan orangtua. Agar liburanmu berjalan menyenangkan, sepanjang perjalanan sebaiknya ajak orangtua untuk bicara dan jangan sekali-kali mengabaikan mereka. Karena mereka pasti ingin diperhatikan, sehingga jangan biarkan mereka merasa kesepian bahkan saat liburan bersama anaknya.

Demikian delapan tips liburan bersama orangtua lanjut usia yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk memperhatikan tips liburan bersama anak-anak agar berlangsung menyenangkan. Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan artikel ini untuk mengetahui berbagai tips berlibur menggunakan kereta api kelas ekonomi.


You can share this post!

Related Posts