Bisa Cegah Kanker hingga Kontrol Diabetes, Ini 8 Manfaat Ajaib Buah Nanas untuk Kesehatan
Health

Karena berbagai kandungan baik di dalamnya, buah nanas memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat nanas untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Selama ini buah nanas kerap dikaitkan dengan beragam mitos dan seringkali dianggap kurang baik dikonsumsi, apalagi untuk kalangan wanita. Padahal, buah ini mengandung banyak sekali manfaat baik dan ajaib untuk kesehatan.

Hal ini disebabkan karena nanas mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa bekerja dengan optimal. Nanas bahkan disebut-sebut sebagai salah satu buah penghasil antioksidan karena mengandung banyak vitamin A dan C.


Kandungan lainnya dari buah nanas di antaranya adalah fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan thiamin, natrium dan gula buah (sukrosa). Selain itu, nanas juga sangat rendah kalori, sebab dalam satu buah nanas segar hanya ada sekitar 82 kalori.

Karena itulah, mengkonsumsi buah nanas secara rutin bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai penelitian ilmiah juga telah menemukan jika nanas bagus untuk penyembuhan dan bersifat anti inflamasi. Penasaran dengan manfaat apa saja yang diberikan oleh buah nanas untuk kesehatan? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mengkonsumsi Buah Nanas Bisa Mencegah Terbentuknya Sel-Sel Kanker


Mengkonsumsi Buah Nanas Bisa Mencegah Terbentuknya Sel-Sel Kanker

Manfaat ajaib buah nanas yang pertama adalah kemampuannya dalam mencegah terbentuknya sel-sel kanker. Hal ini disebabkan karena nanas mengandung antioksidan yang bisa mencegah datangnya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Nanas bahkan terbukti efektif dalam melawan kanker prostat berkat kandungan beta karoten yang ada di dalamnya. Selain itu, nanas juga ampuh untuk menangkal berbagai racun atau partikel berbahaya yang bisa memicu terjadinya abnormalitas pada sel sehingga kanker terbentuk.

2. Konsumsi Nanas Ampuh untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Konsumsi Nanas Ampuh untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya dari buah nanas adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena nanas kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik dan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Karena itulah, tubuh akan selalu siaga terhadap berbagai serangan yang terjadi, mulai dari serangan bakteri, jamur hingga virus. Sehingga, seseorang yang mengkonsumsi nanas segar atau yang dibuat jus tidak akan mudah terserang flu. Saat musim panas pun, tubuh akan selalu sehat karena daya tahan tubuh tidak mudah untuk dihancurkan.

3. Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Yang Rutin Konsumsi Buah Nanas Ya


Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Yang Rutin Konsumsi Buah Nanas Ya

Nanas rupanya juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena nanas memiliki dua kandungan baik untuk jantung, yakni potasium dan vitamin C. Zat potasium sendiri baik untuk menyeimbangkan kandungan air dalam tubuh. Kandungan air ini berguna untuk menurunkan risiko hipertensi.

Sedangkan vitamin C yang ada dalam buah nanas bisa mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat yang menyumbat. Sehingga nanas bisa mencegah penyumbatan arteri dan jantung dapat lebih sehat. Jadi, makan buah nanas atau minum jus nanas adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah serangan jantung.

4. Nanas Ternyata Juga Bisa Mengontrol Diabetes Loh


Nanas Ternyata Juga Bisa Mengontrol Diabetes Loh

Nanas memiliki banyak sekali kandungan baik untuk kesehatan. Di antaranya adalah serat dan gula alami yang sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini dibuktikan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Misalnya pada penderita diabetes tipe 1, buah nanas bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Sedangkan pada penderita tipe 2, nanas bisa menghasilkan peningkatan gula darah, insulin dan tingkat lipid. Dengan demikian, nanas adalah salah satu makanan yang tepat untuk mengontrol diabetes.

5. Konsumsi Jus Buah Nanas Jika Ingin Memperkuat Tulang dan Jaringannya


Konsumsi Jus Buah Nanas Jika Ingin Memperkuat Tulang dan Jaringannya

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah nanas adalah untuk mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral dan mangan dalam buah nanas bisa membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat di sekitarnya.

Bahkan sekitar 76 persen kebutuhan mangan harian kita dapat terpenuhi apabila mengkonsumsi satu cangkir jus nanas segar tanpa dicampur dengan gula. Agar lebih optimal, kalian bisa meracik jus nanas yang dicampur dengan yoghurt atau susu untuk meningkatkan kandungan kalsium yang baik untuk tulang.

6. Kandungan dalam Buah Nanas Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Mata


Kandungan dalam Buah Nanas Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Mata

Seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel pada mata cenderung mengalami kerusakan. Hal ini disebut dengan degenerasi makula. Sehingga, penglihatan akan mulai bermasalah. Nah, jika kamu ingin menjaga kesehatan mata, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah nanas. Bagaimana bisa?

Hal ini disebabkan karena nanas mengandung banyak sekali vitamin C dan beta karoten, nutrisi yang berubah jadi vitamin A. Sehingga mengkonsumsi buah nanas atau jus nanas ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Karena itu kita juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit mata, seperti katarak, rabun hingga tumor mata. Sehingga, penglihatan kita bisa lebih jelas dan sehat.

7. Buah Nanas Bisa Melancarkan Sistem Pencernaan Loh, Begini Prosesnya


Buah Nanas Bisa Melancarkan Sistem Pencernaan Loh, Begini Prosesnya

Nanas adalah salah satu buah yang kaya akan serat, sehingga ia juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan jadi lebih baik. Bromelain yang ada dalam buah nanas juga memiliki fungsi untuk memecah protein yang lebih mudah diserap usus halus sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

Karena itu, mengkonsumsi buah nanas segar secara teratur dapat melindungi diri dari berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare hingga sindrom iritasi usus besar. Sedangkan nanas kering tanpa pemanis yang kaya serat bisa mendorong pengalihan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan mudah larut.

8. Kandungan Baik dalam Buah Nanas Ampuh untuk Melawan Radikal Bebas


Kandungan Baik dalam Buah Nanas Ampuh untuk Melawan Radikal Bebas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nanas mengandung banyak sekali vitamin C. Karena itulah, manfaat berikutnya dari buah ini adalah untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan banyak gangguan di kulit atau organ bagian dalam.

Jika radikal bebas dapat dicegah, kemungkinan terjadi kerusakan organ atau mutasi pada sel bisa dihindari. Karena itulah, jika ingin terhindar dari radikal bebas sebaiknya konsumsi buah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

Demikian delapan manfaat buah nanas untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat baik buah pisang untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait