Usai Pelantikan, Jokowi Minta Para Menteri Langsung 'Tancap Gas'
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa ia sudah meminta kepada para jajaran kementerian untuk membantunya mewujudkan reformasi birokrasi dan menyederhanakan aturan yang rumit.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi baru saja melantik menteri-menteri yang akan membantunya bekerja di periode kedua pemerintahannya pada hari ini, Rabu (23/10). Selepas pelantikan, Jokowi menegaskan para menteri tersebut akan mulai tancap gas untuk bekerja.

"Pelantikan telah selesai dilakukan," ujar Jokowi usai foto bersama para menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). "Dan setelah ini ya langsung kita akan bekerja."

Usai proses pelantikan di Istana Negara pada Rabu pagi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mendatangi institusi terkait dan melakukan serah terima jabatan dengan pejabat yang lama. Jokowi menyatakan bahwa dirinya sudah menyatakan ke para menteri terkait reformasi birokrasi yang kerap diagungkan olehnya selama ini.

Jokowi ingin agar birokrasi di Indonesia bisa dibuat lebih sederhana sehingga hal itu nantinya juga akan memberikan perubahan pada iklim investasi di dalam negeri. Lebih jauh, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah juga akan berfokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia selama lima tahun kedepan.


Hal itu sebagai salah satu modal untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global. "Sehingga memunculkan sebuah daya saing, memunculkan sebuah competitiveness index yang meloncat lebih baik," tutur Jokowi.

Selain birokrasi dan peningkatan SDM, Jokowi juga mengajak para menterinya untuk bersama-sama mewujudkan penggunaan APBN yang fokus dan terarah. Dan paling terakhir, penggunaan APBN yang fokus dan terarah," tuturnya.

Terkait penamaan kabinetnya, Jokowi mengatakan bahwa dirinya tak memiliki alasan lain dibalik itu. "Ini arahnya lebih dikerucutkan untuk mengantarkan Indonesia maju," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa dirinya tidak akan membuat target seratus hari kerja seperti di periode sebelumnya. Sebab, ia akan melanjutkan program-program yang sudah berjalan sejak lima tahun masa pemerintahannya. "Enggak ada target seratus hari. Ini kita melanjutkan sebelumnya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru