Begini Mantapnya Angkringan ala Yogya yang Mangkal di Jalanan Tokyo
SerbaSerbi

Gerobak angkringan tersebut sempat muncul di sekitar stasiun, perkantoran dan perbelanjaan di kawasan Ikebukoro, Tokyo. Padahal, selama ini trotoar Tokyo steril dari pedagang kaki lima.

WowKeren - Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja memang merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Selain karena lokasi wisata unik nan bersejarah, kota Jogja juga terkenal dengan spot kulinernya yang beragam.

Salah satu spot kuliner yang paling banyak ditemui di kota Jogja adalah angkringan. Bermodalkan gerobak sederhana, terpal plastik dan karpet, angkringan yang menyediakan berbagai macam makanan mudah ditemukan di berbagai sudut kota satu ini. Meski image angkringan sudah melekat dengan Kota Jogja, siapa sangka bahwa gerobak makanan satu ini juga bisa ditemui di Jepang?

Gerobak angkringan tersebut sempat muncul di sekitar stasiun, perkantoran dan perbelanjaan di kawasan Ikebukoro, Tokyo. Padahal, selama ini trotoar Tokyo steril dari pedagang kaki lima.

Rupanya, warung angkringan yang mangkal di Negeri Sakura tersebut merupakan sebuah proyek seni bertajuk "Nowhere Oasis". Proyek besutan seniman asal Jepang, Jun Kitagawa, ini merupakan bagian dari ajang Tokyo Festival 2019.

"Ini sebuah proyek seni dan judulnya Nowhere Oasis," terang Kitazawa yang fasih berbahasa Indonesia dilansir medcom.id pada Selasa (12/11). "Ide saya dari kehidupan sehari-hari di Yogyakarta yang punya angkringan."


Sang seniman rupanya pernah tinggal di Jogja dan menilai bahwa angkringan merupakan sebuah oasis. Pasalnya, para pengunjung angkringan biasanya tak hanya datang untuk mengisi perut, namun juga untuk melepas penat dengan bersosialiasi bersama orang lain.

Kondisi ini, tutur Kitazawa, berbeda dengan Tokyo yang warganya seakan terlalu fokus dan selalu terburu-buru. "Jadi dua konteks inilah yang menghubungkan Tokyo dan Yogyakarta dalam karya seni saya," ungkap Kitazawa.

Potret angkringan "Nowhere Oasis" ini juga diunggah Kitazawa ke akun Instagram pribadi nya. Tak hanya gerobak, angkringan tersebut juga dilengkapi dengan menu khas seperti sego kucing, mie goreng, tahu tempe, hingga wedang jahe.

Proyek seni ini lantas mendapatkan banyak pujian. Banyak warganet Indonesia yang menyanjung angkringan di Jepang ini mantap.

"Manttaapppuuu jiwaaaaaa oishiiiii, yabaaiii yabaiii," komentar akun @al***99. "Mantul (Matab Betul)," timpal akun @ku***ze. "Cuma di Jepang doang angkringan mangkal di depan toko Gucci," tambah akun @ki***os.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru