Nadine Chandrawinata Bercocok Tanam Ala Petani Di Rumah Demi Hidup Ramah Lingkungan
Selebriti

Nadine Chandrawinata mengaku jika saat ini ia sering bercocok tanam layaknya petani di halaman rumahnya demi menjalani komitmen hidup yang ramah lingkungan.

WowKeren - Nadine Chandrawinata selama ini tidak hanya dikenal sebagai seorang selebriti namun juga dikenal sebagai aktivis lingkungan. Nadine pun berusaha menerapkan hidup ramah lingkungan di dalam hidupnya.

Istri dari Dimas Anggara ini mengaku sekarang menerapkan konsep zero waste yang tidak hanya membatasi pemakaian plastik saja. Konsep ini juga merupakan sebuah gaya hidup yang diterapkan Nadine untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dari rumah tangga.

Putri Indonesia 2005 ini mengungkapkan konsep zero waste yang diterapkannya bersama sang suami adalah dengan menanam cabai dan jeruk untuk memenuhi kebutuhan dua bahan tersebut di rumahnya. Apalagi cabai dan jeruk telah menjadi bumbu wajib yang harus ada di setiap makanan yang mereka santap sehari-hari.

Pasalnya Dimas sangat menyukai makanan pedas. Sementara itu, Nadine mengaku jika dirinya sangat menggemari makanan yang kecut. "Itu trigger-nya karena Dimas suka makan pedas, aku suka makan yang kecut-kecut. Apapun aku suka kasih jeruk nipis," ujar Nadine saat dijumpai di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Nadine memutuskan untuk menanam cabai dan jeruk lantaran keduanya diketahui cepat busuk jika disimpan di luar ruangan. Karena cepat busuk, kebanyakan orang-orang akan membuangnya sehingga ini dinilai Nadine dapat menambah limbah rumah tangga.


"Walaupun si jeruk bisa dipakai untuk nyuci piring, tapi aku mikir ini sayang kalau dibuang," ungkap wanita usia 35 tahun ini. "Akhirnya kita tanam cabai sama jeruk nipis. Jadi bisa petik sendiri kalau mau pakai dan sesuai porsi."

Tidak hanya cabai dan jeruk, saudara dari Marcel Chandrawinata dan Mischa Chandrawinata ini juga menanam bayam layaknya petani. Nadine juga berusaha mempercantik rumahnya dengan menanam beberapa jenis bunga.

"Bayam masih baby-lah," kata Nadine. "Tapi kita juga tanam yang mempercantik seperti mawar, lotus, marigold dan kaktus."

Kedepannya, Nadine dan suami juga ingin menambah beberapa tanaman lagi. Ia berharap dapat menjadikan halaman rumahnya sebagai kebun sebagai langkah penghijauan dan upaya hidup ramah lingkungan.

"Kita coba untuk memanfaatkan kebun. Mungkin nanti akan tambah lagi, sih," harap wanita kelahiran Hannover ini. "Memang untuk awal agak sulit, curah hujan, mataharinya harus bagaimana, itu learning by doing sih."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru