Jokowi 'Serang' 2 Menteri Ini Gegara Gerai Makanan Asing, Kok Bisa?
Nasional

Presiden Jokowi geram lantaran gerai ayam goreng dan kopi asing masih menjamur di rest area jalan tol. Jokowi pun langsung menegur Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo terus mencoba untuk mengusung produk lokal di tengah gempuran produk-produk asing. Salah satu yang disorotinya adalah eksistensi perusahaan kopi dan ayam goreng asing yang mendominasi di Indonesia, salah satunya di rest area dan bandara.

Tak main-main, Jokowi pun langsung menyerang dua menteri terkait dengan keberadaan gerai-gerai tersebut. Ia mengaku sudah sering mengingatkan kedua punggawanya itu agar memprioritaskan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"UMKM ini sudah saya ulang-ulang ke Menteri PU (Menteri PUPR / Basuki Hadimuljono), Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi)," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12). "Untuk mengisi sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur yang baru, yang telah dibangun."

Menurut Jokowi, produk kopi dan ayam goreng lokal juga memiliki kualitas yang bagus. Nantinya gerai produk-produk lokal ini akan diutamakan di rest area di jalan tol Trans Sumatera.


"Lampung sampai ke Aceh itu berapa ada rest area?" kata mantan Wali Kota Solo tersebut. "Pasang dong brand-brand lokal kita baik yang belum jadi di tol di Jawa juga sama rest area tolong diisi oleh UMKM kita."

Alhasil pemerintah pun mengambil keputusan untuk membatasi jumlah gerai perusahan kopi dan ayam goreng asing di rest area atau bandara. Hasil rapat ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. "Diprioritaskan saja yang lokal, mungkin persentasenya (dibatasi)," ujar Teten.

Teten mengaku pihaknya akan terus memperjuangkan agar pelaku UMKM lokal bisa dimaksimalkan di rest area tol. Pasalnya banyak pelaku usaha yang terdampak setiap pembangunan jalan tol.

"Biasanya pembangunan tol akan mematikan UMKM di jalur konvensional," katanya. "Ketika ada jalur tol, maka restoran dan toko suvenir dan oleh-oleh itu mati. Presiden minta supaya UMKM lokal diberi akses jualan di rest area."

Salah satu yang diprioritaskan adalah UMKM sektor makanan dan minuman. Namun demikian, untuk pelaksanaannya akan menjadi kewenangan Kementerian PUPR dan BUMN selaku yang berwenang di jalan tol.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts